Wednesday, April 14, 2010

Perjuanganku Membuat Syal


Berhubung 2 teman kerja saya sedang keranjingan merajut (knitting) dan merenda (crochet). Maka saya pun tertarik untuk ikut merajut dan merenda (gimana engga tertarik, tiap pulang makan siang hobinya ke Tobucil atau ke Crayon, bikin saya ngiler liat benang yang lucu-lucu itu). Sebenernya dulu pernah belajar merenda di Crayon, tapi karena bosen belum menghayati (belum klik) makanya engga diterusin. Tapi berhubung 2 teman kerja saya ini selalu ngebahas benang, jarum, pola, bahkan sampai bawa-bawa rajutannya ke kantor, ya saya jadi ingin mencoba merajut dan merenda lagi deh.

Percobaan pertama:
Hasil merenda saya yang pertama yaitu menggunakan benang katun dan jarum hakken besi (lanjutan waktu belajar di Crayon). Semenjak ingin mulai merajut dan merenda lagi, saya terusin belajar jenis-jenis tusuk dasar merenda di rumah (dari buku yang sengaja saya beli). Tapi bosen engga ada semangat banget nerusinnya, hanya bisa menghasilkan 1 baris untuk 1 jenis tusukan (padahal waktu belajar di Crayon, disuruhnya sampai 1 meter supaya belajar rapi #:-S).

Percobaan kedua:
Karena saya orangnya bosenan udah engga sabar ingin menghasilkan ‘sesuatu’, masih dengan benang katun dan jarum hakken besi, akhirnya saya memutuskan untuk langsung praktek membuat syal. Polanya dimulai dari tengah, dan saya yang kurang teliti ini ternyata salah menghitung tusukan sehingga tidak sesuai dengan pola. Males lah saya ngelanjutinnya.

Percobaan ketiga:
Saya pikir untuk pemula seperti saya mending membuat syal yang mulainya dari bawah. Biar semangat, saya pakai jarum hakken besi tapi dengan benang yang berserabut (kan jenis dan warna benangnya manis). Tapi ternyata, saya jadi cape sendiri karena susah banget merenda dengan benang berserabut itu (apalagi buat saya yang pemula banget). Ya akhirnya engga dilanjutin lagi deh.

Percobaan keempat:
Saya tidak patah semangat. Mungkin saya harus belajar melatih kelenturan tangan saya dulu dengan belajar merajut (menurut saya sih caranya lebih mudah dan sederhana daripada merenda). Saya beli deh jarum breien. Lagi-lagi saya engga mau belajar supaya rajutannya rapi, tapi saya ingin langsung membuat syal. Dan lagi-lagi saya tidak puas dengan hasilnya (4 baris udah bisa dibilang hasil kah? :P) karena dengan menggunakan benang berserabut itu, penampakannya engga rapi. Saya jadi engga semangat melanjutkan, karena engga jelas apa engga rapi karena jenis benangnya seperti itu atau karena memang saya yang merajutnya engga rapi. Kata teman saya itu karena saya terlalu semangat menarik-narik benangnya. Baiklah nanti aja dilanjutkannya.

Percobaan kelima:
Terakhir, saya kembali lagi merenda syal dengan pola yang sama dengan percobaan ketiga, tapi menggunakan benang katun dan jarum hakken kayu. Berdasar cerita beberapa teman pemula (mereka yang udah menghasilkan syal dan topi masih disebut pemula, lah saya disebut apa? :(), jarum hakken kayu lebih nyaman digunakan oleh pemula daripada jarum hakken besi. Tapi entah kenapa, yang terjadi saya masih tidak semangat meneruskan.

Heuh..
Bagaimana ini..
Suami saya bilang, mending saya nari aja daripada merajut, engga cocok.. ;))

Tapi saya tidak akan menyerah, saya akan coba terus..!! :D
Kita lihat nanti, apakah saya tidak akan bosan berhasil membuat syal perdana saya.. B-)

8 comments :

  1. wew ak jg lagi pengen nih belajar merajut, pengen banget bisa bikin syal sendiri...

    ReplyDelete
  2. saya sampai sekarang belum berhasil nih bikin syalnya hehe..
    semangat ^^

    ReplyDelete
  3. mampir2 mak ke galeri ku, siapa tau pingin ngerajut lg, biar bisa ngerajut sambil joget , hehehehe..http://isengisengzakiya.blogspot.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. barusan udah dari tkp, unyu2 hehe..
      tapi saya belum ada keinginan buat ngerajut lagi, kalau dkasih yang udah jadi sih mau hihihi..

      Delete
  4. Awal keberhasilan itu dari perjuangan yang tanpa mengenal lelah, meskipun sering gagal terus mencoba dan selalu mencoba untuk lebih baik dan terus baik untuk terus maju :)

    ReplyDelete
  5. hihihihihihi belajarnya dari yang kecil2 aja dulu mak, misalnya pola square. ntar kalo dah terkumpul banyak, bisa dijadiin tas, syal, bahkan selimut^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe..
      iya nih mu nyoba lagi bikin yang kecil tp udah bener2 lupa huhu..
      harus blajar dr awal lagi :D

      Delete