Wednesday, October 12, 2011

Dear Jav (2)

-->
Jav, kali ini Bunda mau cerita tentang Ayah. Jav harus bersyukur karena punya Ayah yang sangat sayang dan perhatian sama Jav. Jangan tanya gimana capenya Ayah kerja demi cari uang buat kita. Tapi bukan itu yang mau Bunda ceritain disini.  

Waktu kamu lahir, Ayah-lah yang meng-adzan-i kamu. Sayang Bunda ga bisa liat karena waktu itu Bunda belum sadar karena pengaruh obat bius setelah operasi caesar.

Setelah pulang ke rumah, kondisi Bunda yang belum pulih benar tidak membuat kamu terlantar. Ayah dengan telatennya membantu Bunda mengganti popok kamu, menyiapkan perlengkapan mandi kamu, dan lain-lain. Bahkan Ayah engga gengsi buat mencuci popok kamu.

Karena Bunda belum bisa pergi jauh2, Ayah-lah yang pergi ke Pasar Baru buat beli breastpump dan kebutuhan Jav lainnya. Ayah juga sibuk mencari info agar produksi ASI Bunda buat Jav lancar. Cuman perempuan yang bisa menyusui? Salah. Buktinya Ayah bisa menyusui Jav. Memang engga langsung, tapi Ayah rajin ngangetin ASI Pompa dan minumin ke Jav kalau Bunda lagi pergi sebentar. Alhamdulillah berkat dukungan Ayah, Jav berhasil lulus ASI Eksklusif (meskipun waktu seminggu pertama, Jav minumnya sempet campur susu formula).

Bukan hanya ganti popok dan menyusui, Ayah juga jago nyuapin Jav makan. Pertama kali Jav makan, Ayah loh yang nyuapin. Alhamdulillah lagi Ayah mendukung Bunda buat ngasih Jav makanan homemade. Tapi waktu Bunda sakit tifus, Bunda rasanya engga sanggup kalau masih harus nyiapin makanan homemade buat Jav. Bunda udah nyerah untuk ngasih makanan instan aja buat Jav. Tapi Ayah sih engga setuju, Ayah ingin Jav tetap makan makanan homemade. Jadilah Ayah yang setiap hari mengolah makanan buat Jav, mulai dari blanja, ngukus, dan ngeblender sayur dan buah buat Jav.

Masih cerita waktu Bunda sakit tifus. Karena Bunda harus makan obat yang engga aman buat Jav, terpaksa Jav harus berhenti minum ASI. Setiap hari, pagi, siang, malem, selama 2 minggu, Jav suka nangis. Biasanya kalau ngantuk tinggal ‘ngeng’, tiba-tiba jadi ga bisa. Duh kamu kalau nangis kenceng dan lama banget. Ayah loh yang paling jago nenangin kamu.

Kenapa Bunda nulis ini? Karena di masa bayi ini (masa awal kehidupan Jav) merupakan masa penting yang menentukan perkembangan fisik dan mental Jav nantinya. Dan Ayah berperan banyak dalam masa ini. Sebenernya masih ada cerita lain tentang Ayah yang ga bisa Bunda tulis semua disini. Banyak.  Termasuk gimana seriusnya Ayah berburu nyamuk tiap malam supaya kamu ga digigit nyamuk hehe.

Nanti kalau Jav sudah engga jadi bayi imut-imut Ayah & Bunda lagi, pasti ada suatu saat dimana kamu dan Ayah berbeda pendapat, salah paham, atau mungkin saling menyakiti satu sama lain. Bunda harap pada saat itu kamu ingat cerita Bunda ini, bahwa apa pun yang terjadi Ayah selalu sayang Jav dan selalu berharap yang terbaik untuk Jav.

Bunda sayang kalian berdua...

No comments :

Post a Comment