Wednesday, October 31, 2012

Cantik Dengan Perawatan Kulit Tubuh Malam Hari

Suatu hari saat saya dan suami sedang membereskan isi lemari, suami iseng melihat-lihat lagi album foto ketika saya masih di SMA dulu. 

"Kamu kaya model iklan shampo.." kata suami.
Saya melihat foto mana yang sedang dia lihat dengan hati berbunga-bunga. Di foto itu terlihat saya dengan wajah yang bersih, rambut panjang hitam berkilau, kulit tubuh cerah dan senyum yang alami.
"Oohh.. Itu foto waktu habis creambath di salon.." jawab saya.
"Waktu itu kamu rajin perawatan ya?" tanya suami.
"Ya lumayan.." jawab saya pendek.
Saya senang sekali karena secara tidak langsung suami mengatakan bahwa saya cantik. *loh?* Iya, engga ada kan model iklan shampo yang engga cantik? *hihihi*

Dari album foto tersebut pandangan saya beralih pada cermin yang menempel di lemari. Cantik? Hmmm yang terlihat justru bayangan perempuan dengan kulit tubuh yang kusam. Spontan, saya pun menyentuhnya *menyentuh kulit ya, bukan menyentuh cermin*. Terasa kering dan kasar. 

Oh my God! Ternyata suami saya bukan memuji saya, tapi menyindir saya! *malu aku malu* 


Kaget? Tentu saja! Tapi bagaimana lagi, saya kan sibuk.

Memangnya saya (sok) sibuk apa sih? Semenjak melahirkan, saya memutuskan untuk menjadi stay at home mother. Sejak saat itu saya tidak pernah memperhatikan penampilan fisik saya. Alasan yang pertama, saya merasa tidak mempunyai banyak waktu untuk melakukan perawatan kulit tubuh *alasan standar *. Kesibukan sebagai seorang istri sekaligus ibu, membuat saya hanya fokus menyediakan makanan sehat dan rumah yang nyaman untuk suami dan anak tercinta. Jangankan melakukan perawatan kulit tubuh ke salon, mandi saja selalu terburu-buru karena tanpa asisten rumah tangga saya tidak dapat berlama-lama meninggalkan si kecil. Alasan yang kedua, karena kini lebih banyak diam di rumah, saya merasa bahwa kulit tubuh saya aman dari sinar matahari dan polusi sehingga menganggap perawatan kulit tubuh menjadi tidak penting lagi. Lagipula kalaupun dipaksakan, rasanya percuma karena rutinitas harian saya akan membuat produk perawatan kulit tubuh yang saya gunakan terkikis air cucian piring atau air pel *hehehe*.

Namun sindiran dari suami membuat saya merenung dan tersadar bahwa saya telah mengabaikan hal penting yang harus dimiliki oleh seorang wanita yaitu kulit tubuh yang cantik dan sehat. Sebelum benar-benar terlambat, saya pun bertekad untuk mengembalikan kecantikan kulit saya.

Tapi dimana? Saya kan tidak sempat pergi ke salon.
Perawatan kulit tubuh tentu bisa dilakukan di rumah, tidak harus pergi ke salon. Selain lebih murah, perawatan kulit tubuh di rumah dapat menggunakan bahan alami yang meminimalkan efek samping pada kulit.

Lalu kapan? Di pagi dan siang hari, tidak mungkin saya melakukan perawatan kulit tubuh diantara semua rutinitas saya sebagai seorang istri dan ibu.
Perawatan kulit tubuh dapat dilakukan di malam hari saat anak sudah tidur dan rutinitas harian saya sudah selesai. Apalagi perawatan kulit tubuh malam hari sangat penting karena kulit mengalami regenerasi optimal dan membutuhkan kelembaban yang tinggi saat malam hari. Ternyata jadwal regenerasi kulit cocok dengan jadwal waktu senggang saya ya *hehehe*. Menurut dr. Eddy Karta, Sp.KK., pada malam hari, sel-sel kulit memperbaiki diri dengan membangun sel baru serta kolagen yang rusak. Proses ini terjadi melalui pembelahan sel-sel lapisan kulit, dan memproduksi lapisan sel kulit yang baru. Saat itu kandungan air pada kulit paling banyak menghilang, hingga 25 persen dibandingkan pada pagi atau siang hari.

Caranya?
Pakai dong Citra Night Whitening. Citra Night Whitening merupakan produk baru dari Unilever, yaitu body lotion yang khusus digunakan untuk malam hari. Citra Night Whitening ini dapat membantu meregenerasi, melembabkan dan mencerahkan kulit di waktu yang paling tepat bagi kulit untuk menyerap bahan aktif, yaitu di malam hari. Citra Night Whitening merupakan gabungan dari dua bahan alami yaitu ekstrak mulberry dan minyak biji anggur. Saya suka nih yang alami, apalagi saat mengetahui khasiat dari dua bahan alami tersebut untuk kesehatan kulit.

Mulberry
Selain rasanya yang enak dimakan, mulberry merupakan bahan alami untuk menyehatkan dan mencerahkan kulit. Akarnya tidak hanya dapat menstimulasi produksi kolagen, tapi juga mempunyai efek mencerahkan kulit. Ekstrak akar mulberry juga mempunyai efek anti radang pada kulit, menyembuhkan, dan mengurangi iritasi. Mulberry mengandung nutrisi yang dibutuhkan untuk kulit yang kusam, diantaranya: asam organik, vitamin, karotenoid, flavonoid, dan pektin yang melembabkan kulit dan melindungi dari sinar UV. Ekstrak mulberry juga aman dan bermanfaat untuk perawatan mata yaitu membantu mencerahkan lingkaran gelap pada mata.

Minyak biji anggur
Daging buah anggur enak untuk dimakan, tapi ternyata bijinya yang sering dibuang pun memiliki khasiat untuk kesehatan kulit. Biji anggur mangandung astringent yang tinggi sehingga mampu mengencangkan kulit. Minyaknya merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin E, Vitamin A, Vitamin C, antioksidan dan merupakan 75% Asam Linoleic Essential (yang dikenal sebagai Omega 6). Bila digunakan secara teratur, minyak biji anggur dapat mencerahkan dan membuat kulit bercahaya.


Setelah penggunaan Citra Night Whitening selama beberapa minggu, beginilah hasilnya. 

"Akhir-akhir ini, kalau malem wanginya beda.." kata suami.
Saat itu malam hari, anak kami sudah tidur dan saya baru selesai meng-update blog.
"Kenapa? Engga suka?" tanya saya yang sedang nenonton televisi sambil tenggelam dalam pelukan suami.
"Suka.. Kulit kamu jadi lebih lembut juga.." kata suami sambil mengelus tangan saya.
"Ini pake body lotion baru, Citra Night Whitening.. Syukur deh kalau kamu suka.. Sebenernya bisa lebih oke lagi kalau perawatan langsung di Rumah Cantik Citra.. Bisa dapet perawatan tubuh lengkap, pijat, lulur, dan lain-lain.." saya mulai membujuk.
"Aku pasti dukung.. Atur aja jadwalnya.." kata suami.

Yeay! Baru beberapa minggu digunakan saja, Citra Night Whitening sudah menunjukkan hasil yang positif. Eits, jangan salah sangka, maksudnya komentar positif dari suami, bukan test pack *hehe*.

Tapi, selain perawatan kulit tubuh dari luar, tentu harus diimbangi juga dengan perawatan kulit tubuh dari dalam, diantaranya:
  1. Minum air putih. Dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari akan membantu tubuh kita terhindar dari dehidrasi sehingga dapat menjaga kelembapan dan keelastisan kulit. 
  2. Makan buah-buahan. Buah-buahan kaya akan banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Buah-buahan yang banyak mengandung vitamin, khususnya vitamin E dapat menyehatkan kulit.
  3. Olahraga. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan kesehatan kulit dengan melancarkan peredaran darah ke bawah permukaan kulit. Proses ini membantu tubuh menyuplai berbagai nutrisi penting ke kulit. Racun pun dapat keluar melalui keringat. Hasilnya, kulit akan lebih sehat dan bercahaya karena meningkatnya sirkulasi darah dan kandungan oksigen dalam tubuh.
Ternyata tidak sulit. Semuanya bisa dilakukan di pagi dan siang hari diantara rutinitas harian saya, serta bisa dilakukan bersama dengan anak saya *tersenyum puas*.

Selanjutnya?
Perawatan kulit tubuh dari dalam sudah. Perawatan kulit tubuh malam hari dengan Citra Night Whitening sudah. Apa lagi? Ya tidur dong. Biasakan mulai tidur paling lambat pukul 22.00 dan tidur minimal 8 jam agar proses regenerasi kulit optimal, karena kondisi puncak proses pembelahan sel terjadi pada pukul 22.00.

Mengalami susah tidur? Tenang saja, kandungan ekstrak mulberry dan minyak biji anggur dalam Citra Night Whitening menghasilkan keharuman yang menyegarkan dan menenangkan. Efek relaksasinya dapat membuat tidur menjadi nyenyak.

Tapi sepertinya malam ini saya akan tidur agak terlambat. Bagaimana tidak, suami saya tidak bosan mengelus kulit tubuh saya. Saya dan suami jadi..... *hmm hmm sensor, 17 tahun keatas nih hihihi*


~~~~~

Referensi:
  • http://berita-terkini.infogue.com/kandungan_manfaat_minyak_biji_anggur_grapeseed_oil_
  • http://chayangku.com/cara-merawat-kulit-kering/
  • http://delicious-skin.com/gourmet-skincare-ingredients/fresh-natural-mulberry.html#5
  • http://doktersehat.com/pentingnya-perawatan-kulit-pada-malam-hari/
  • http://female.kompas.com/read/2012/09/26/09354390/Losion.Pemutih.untuk.Malam.Hari
  • http://female.kompas.com/read/2012/10/02/14545484/Ingin.Kulit.Cerah.Tidurlah.Pukul.22.00
  • http://idmoz.org/2011/12/cara-merawat-kulit.html
  • http://language-komputer.blogspot.com/2011/06/khasiat-biji-anggur.html
  • http://wolipop.detik.com/read/2012/08/13/145412/1989907/849/dengan-rutin-olahraga-anda-bisa-tampil-lebih-cantik
  • http://yahoo.com/w/legobpengine/news/kulit-cantik-dengan-citra-night-whitening-120000696.html?orig_host_hdr=id.berita.yahoo.com&.intl=ID&.lang=id-ID

~~~~~  

Tulisan ini diikutkan pada Kontes Blog Citra dengan tema “Pentingnya Perawatan Kulit Tubuh pada Malam Hari”.

4 comments :

  1. Lama ga main ke sini..
    Mbak Lia masih semangat ngeblog ya ^_^

    Mbak Lia, eh Bunda Lia memang waow.
    Bisa menjadi seorang ibu dan istri yg menurutku cukup bijak :)
    Atau gara-gara postingan ini diikutkan kontes? :D
    Saia jd ada rasa envi (sst maaf lhoh Pak Lia) xD

    Keep Bloging Kak, semoga menginspirasi mbak-mbak yg lain :)

    ReplyDelete
  2. bijak? waduh namanya juga usaha hehe..
    aamiin aja deh :)
    makasih ya dah mampir..
    smangat juga yah :D

    ReplyDelete