Saturday, March 30, 2013

Dicakar Setan

Siapa yang tidak tahu seblak basah? Semua orang pasti tahu jajanan khas Bandung ini, yaitu kerupuk mentah yang dikukus hingga lunak lalu dimasak bersama bumbu pedas. 

Kalau seblak ceker? Wah, saya juga penasaran karena belum pernah mencobanya. Awalnya saya tahu seblak ceker ini dari twitternya @cekersetan. Liat foto-foto dan testimoninya membuat saya benar-benar ngiler. Ya gimana enggak ngiler? Ceker biasa aja saya suka banget, apalagi ceker yang pedas. 

Akhirnya kemarin saya pesan juga si ceker setan ini. Saya memesan lewat SMS, dan responnya cukup cepat. Karena minimal pemesanan dua porsi, jadi saya pesan ceker setan satu porsi dan seblak ceker satu porsi. Waktu saya tanya apa bedanya antara seblak ceker dan ceker setan, katanya kalau ceker setan ditambah bumbu kecap.

Lalu tadi siang, sampailah ceker setan itu di rumah saya. Ini penampakannya, kemasannya cukup rapi. 

Ceker dibungkus plastik lalu dimasukkan ke dalam kotak sterofoam 
Sumber: koleksi pribadi

Satu porsi seharga Rp 10.000 berisi kurang lebih sepuluh potong ceker (sengaja dihitung soalnya suami lagi di saung siap-siap mau nyate, supaya pembagiannya adil gitu hihihi).

Seblak Ceker
Sumber: koleksi pribadi

Waktu dibuka? Mmmm wangi rempah-rempah dan daun jeruk. Rasanya? Potongan ceker pertama, dagingnya lembut sehingga mudah lepas dari kulitnya. Gurih dan enak, tapi kok enggak pedas. Potongan ceker kedua, bibir mulai terasa jontor karena pedas. Potongan ceker keempat, hidung mulai meler dan keringat mulai bercucuran. Efeknya sama seperti kalau saya makan tulang jambal. Huh! Hah! Sumpah deh ceker ini memang mantep banget pedasnya, serasa dicakar-cakar setan. Tapi sekaligus bikin nagih dan enggak bisa berhenti. Ditambah minumnya es teh manis, uuuhh nikmat :D

Ceker Setan
Sumber: koleksi pribadi

Kalau dibandingkan dari segi penampilan, seblak ceker terlihat lebih menarik karena warnanya yang lebih terang. Namun dari segi rasa, saya pribadi lebih suka ceker setan karena ada rasa manisnya.

Tidak terasa, saya sudah sampai pada potongan ceker yang kesepuluh. Suamiku, kamu kok enggak pulang-pulang? Tolong.. Istrimu enggak bisa berhenti makan cekernya.. Bisa-bisa jatahmu abis nih.. Hihihi..

Lalu saya pun meneruskan keseruan bersama si ceker hingga akhirnya hanya tersisa masing-masing tiga potong seblak ceker dan tiga potong ceker setan (semoga suami enggak akan ambil pusing, biasanya juga kalau dia makan mie baso ceker, saya yang ngabisin cekernya hihihi). Baiklah, cukup dulu ah, nanti beli aja lagi *jilatin jari satu-persatu*. Kita liat dulu sampai besok pagi, gimana efeknya ke pencernaan saya hihihi.

So, buat para pecinta makanan pedas yang tinggal di Bandung, enggak gaul deh kalau belum nyobain ceker setan ini *celingak-celinguk di depan rumah, siapa tahu dikirim ceker setan gratis dari @cekersetan karena udah promosiin dagangannya*.

7 comments :

  1. waahh... ada cekerrr...
    Dimasak apa ajah kayaknya enak ya ceker. Apalagi kalau pedes gitu... #terbit air liurku

    ReplyDelete
  2. Huaaaa...aku kan penggemar ceker juga mbak.... *menatap nanar selat sunda*

    ReplyDelete
  3. *cleguks...*
    bumil mana bisa baca makanan rekomended begini, pasti ngileeer...

    ReplyDelete
  4. Liat fotonya aja udah kepedesan ahahaha

    ReplyDelete