Sunday, March 24, 2013

Belanja di Toko Buku Online

Semenjak berubah status menjadi stay at home mother, mobilitas saya pun otomatis berkurang. Kalau ingin keluar rumah, biasanya harus menunggu weekend supaya bisa diantar suami. Termasuk untuk membeli buku. Itupun tidak bisa sebebas dulu, gara-gara perhatian saya selalu terpecah karena sambil mengejar-ngejar Jav. Memilih buku pun rasanya menjadi tidak tenang.

Sementara itu, toko buku online begitu banyak bertebaran. Maka toko buku online pun menjadi alternatif bagi saya untuk membeli buku. Selain dapat membeli buku tanpa perlu khawatir Jav hilang hehehe, berbelanja di toko buku online juga mempunyai berbagai keuntungan seperti tidak perlu berpakaian rapi, hemat waktu dan energi karena bebas macet, bisa dilakukan sambil tidur-tiduran di sofa, dan biasanya diberi diskon sebesar 10-25% :))

Berikut beberapa toko buku online yang pernah saya coba.

Bukabuku
(+) Tarif ongkos kirim flat.
(+) Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer, setoran tunai, atau COD (khusus untuk wilayah Jakarta).
(+) Status pesanan dan konfirmasi pembayaran dapat dilihat dengan lengkap dan jelas di Mybukabuku.
(+) Selain dapat dilihat di Mybukabuku, Bukabuku juga mengirimkan konfirmasi pemesanan, konfirmasi ketersediaan barang, dan konfirmasi pengiriman lewat email.
(+) Respon terhadap pertanyaan cepat.
(+) Menyediakan jasa pembungkusan kado.
(-) Prosesnya lama yaitu 4 hari kerja untuk buku lokal dan 15-20 hari kerja untuk buku import diluar sabtu dan minggu. Waktu itu saya memesan buku Antologi Rasa, Kening, dan Remember Me. Hari ke-16 setelah pelunasan, saya mendapat pemberitahuan bahwa buku Remember Me tidak tersedia, dan diminta nomor rekening untuk pengembalian dana. Saya memberikan nomor rekening sambil mengomel karena sudah menunggu lebih dari dua minggu, tapi bukunya malah tidak ada padahal status ketersediaan buku di website tersedia. Hari ke-17 saya mendapat pemberitahuan bahwa semua buku termasuk Remember Me siap dikirim dalam waktu maksimal 24 jam.
(+) Saat bukunya sampai, saya merasa senang karena ternyata Bukabuku memberikan bonus tiga buah pembatas buku hohoho.

Kesan: Toko buku online ini aneh ya, tinggal cek ketersediaan buku di gudang saja lama sekali. Dan buku yang awalnya katanya tidak ada, bisa tiba-tiba jadi ada *bingung*.

Kutukutubuku
(-) Ongkos kirim disesuaikan dengan tarif yang berlaku pada TIKI JNE.
(+) Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer Bank (BCA dan
Mandiri), Western Union, atau Moneygram.
(-) Tidak bisa melihat status pemesanan di website. Setelah melakukan pemesanan di website, komunikasi selajutnya dilakukan melalui email.
(+) Konfirmasi dan tanya jawab melalui email cukup responsif.
(-) Prosesnya lama yaitu 3-5 hari kerja di luar sabtu dan minggu (beberapa penerbit bisa 2 minggu sampai 1 bulan). Waktu itu saya pesan buku Rumah Cokelat, Sakinah Bersamamu, dan The Lion King. Hari ke-9 setelah pelunasan saya mendapat pemberitahuan bahwa buku belum bisa dikirim karena masih menunggu konfirmasi ketersediaan buku Sakinah Bersamamu dan The Lion King. Hari ke-10 saya mendapat pemberitahuan bahwa buku akan segera dikirim, kecuali buku Sakinah Bersamamu yang saat itu sedang kosong. Pengembalian dana akan dikirimkan maksimal 5x24 jam.
(-) Tidak teliti. Hari ke-12, buku sudah sampai, tetapi ternyata buku The Lion King yang dikirim berbeda dengan buku The Lion King yang saya pesan. Saya pun langsung menyampaikan keluhan melalui email. Hari ke-14, saya mendapat pemberitahuan bahwa buku dapat ditukar. Saya diminta untuk mengirimkan buku yang salah, namun tidak diberitahu alamat pengirimannya. Hari ke-15 saya diberi alamat pengiriman buku. Hari ke-17 saya mengirimkan kembali buku yang salah.
(+) Bertanggungjawab
Hari ke-18 buku yang benar akhirnya dikirim, begitu juga dengan pengembalian dana untuk buku yang kosong dan penggantian ongkos kirim.

Kesan: Saya baru tahu bahwa gudang yang disebut-sebut di setiap toko buku online itu ternyata gudang penerbit, pantas saja lama.

Gramediaonline
(+) Pembayaran dapat dilakukan melalui kartu kredit (Master Card dan Visa Card) atau transfer Bank (BCA, BNI, dan Mandiri).
(+) Status pesanan dan konfirmasi pembayaran dapat dilihat dengan lengkap dan jelas di My Account.
(+) Selain dapat dilihat di My Account, Gramediaonline juga mengirimkan konfirmasi pemesanan, pembayaran, dan konfirmasi pengiriman lewat email.
(+) Koleksinya lumayan lengkap. Waktu itu saya memesan buku Emilie Belum Mau Tidur dan Emilie Sedang Kesal yang sudah sangat susah dicari dimana-mana baik di toko buku online maupun toko buku offline.
(+) Prosesnya cepat. Buku pesanan saya langsung dikirim sehari setelah konfirmasi pembayaran.

Kesan: Singkat, jelas, padat, dan cepat. Puas! Mungkin karena mempunyai toko offline juga, maka gudangnya cukup lengkap sehingga tidak perlu menunggu konfirmasi ketersediaan buku dari gudang penerbit.

Lentera Hati
Waktu itu saya ngidam buku Baby Blues yang sudah susah dicari dimana-mana. Akhirnya saya langsung saja tanya ke penerbitnya, ternyata masih ada! Jadi selain pesan buku Baby Blues 1 dan 2 (Buah Hati), saya juga sekalian pesan Catatan Ayah Asi (Buah Hati) dan Untuk Indonesia yang Kuat (Literati).
(+) Respon cepat melalui email. Tanya jawab ketersediaan buku serta cara pembayaran bisa selesai dalam satu hari.
(-) Prosesnya lama.
Hari ke-5 setelah konfirmasi pembayaran, saya menanyakan status pesanan saya dan mendapat jawaban bahwa pengiriman tertunda karena sedang dilakukan stock opname selama 2 hari. Hari ke-10 saya bertanya lagi, tapi tidak mendapatkan respon. Hari ke-14, buku pesanan saya akhirnya sampai.

Erlanggashop
Sejak belanja buku di Lentera Hati, saya mulai keranjingan pesan buku langsung ke penerbitnya. Waktu itu saya pesan buku Tidurlah Anakku, Aku dan Ayahku, dan Hiu Murah Senyum.
(+) Respon cepat melalui email. Tanya jawab ketersediaan buku serta cara pembayaran bisa selesai dalam satu hari.
(+) Prosesnya cepat. Buku dikirim di hari yang sama atau sehari setelah pembayaran.

Stiletto Book
Akhir tahun yang lalu, Stiletto Book mengadakan #stilettoshockingsale, jadi saya pesan buku A Cup of Tea for Writer dan Girl Talk.
(-) Email saya yang dikirim dari Yahoo tidak direspon. 2 hari kemudian baru ketahuan bahwa email saya tersebut masuk spam. Tetapi saya sudah mengirim email lagi dari Gmail.
(+) Respon cepat melalui email. Tanya jawab ketersediaan buku serta cara pembayaran bisa selesai dalam satu hari.
(+) Prosesnya cepat. Buku dikirim di hari yang sama atau sehari setelah pembayaran.

Diva Press
Waktu itu Papah minta dicariin buku pengelolaan dan peraturan tentang perusahaan untuk saya baca tetapi belum saya baca juga sampai sekarang :(. Kebetulan Diva Press mempromosikan salah satu buku barunya yaitu Tata Cara Lengkap Mendirikan PT. Saya cek di toko buku online lain belum ada, padahal mau sekalian beli buku yang lain juga. Akhirnya saya pesan di penerbitnya saja dan agar tidak boros ongkos kirim saya pesan Surat Cinta untuk Kisha juga.
(-) Susah dihubungi. Hari pertama saya menghubungi melalui email tapi tidak ada respon. Hari kedua siang saya memesan buku di website, juga tidak direspon. Hari kedua sore saya menghubungi melalui SMS pada nomor yang tertera di website (cara pemesanan), juga tidak direspon. Hari kedua malam saya mengadu melalui Twitter, dan diberi nomor telepon lain (nomor telepon penerbit yang tertera di halaman depan website). Hari ketiga akhirnya SMS saya mendapatkan respon.
(+) Respon cepat melalui SMS. Tanya jawab ketersediaan buku serta cara pembayaran bisa selesai dalam satu hari.
(+) Prosesnya cepat. Buku dikirim sehari setelah pembayaran.

Semoga tulisan saya tentang pengalaman belanja di toko buku online ini bermanfaat. Jangan menggunakan tulisan ini sebagai patokan, cukup sebagai gambaran saja karena saya baru belanja di toko-toko buku online tersebut satu kali saja (yang cukup sering hanya di Gramediaonline dan Erlanggashop).

Saya pribadi sebenarnya lebih senang belanja di toko buku offline. Ada kepuasan tersendiri bisa berada di tengah-tengah ruangan yang berisi rak penuh buku. Apalagi kalau belanjanya di toko buku diskon, selain mendapatkan diskon, bukunya juga bisa diberi sampul plastik gratis :D

20 comments :

  1. Ada banyak juga yah untuk toko buku online,sampai bingung mau lihat yang mana ini duluan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga usah bingung, pilih yang sesuai kata hati aja hihihi..

      Delete
  2. wah,banyak juga....yang saya tau cuma 2 hehehe,okey mksh infonya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :)
      masih banyak toko buku online lain yg blum saya coba juga :D

      Delete
  3. saya kemnaren belinya di bukukita.com :) emang kebetulan sih buku yg dicari adanya di sana

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah knapa saya ga kepikiran buat nyobain bukukita yah :D

      Delete
  4. saya seringnya beli di bukukita lumayan bagus

    ReplyDelete
  5. kalau aku sukanya di bukabuku, mbak.. memang pernah tuh awal beli prosesnya lama soalnya dia kudu cari digudang dulu buat novel Huckleberry Finn.. tapi, setelah-setelahnya, tepat waktu kok :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya.. kalau bukunya yang baru terbit sih biasanya cepet :)

      Delete
  6. sekarang toko buku online yang berdasar dari blog juga udah banyak yang bagus2 kok. .hehehe

    ReplyDelete
  7. terima kasih atas share pengalaman beli buku online, sangat bermanfaat.
    Mohon maaf apa saya bisa minta tolong isi penelitian saya di link ini
    http://goo.gl/TtxTqf

    terima kasih banyak atas bantuannya

    ReplyDelete
  8. ada yang baru juga, onlinetokobuku.com. pesanan saya 2 hari sampe rumah :)

    ReplyDelete
  9. ada juga di belbuk.com saya sudah sktr 3x pesan....ke depok 1 hari nyampe..

    ReplyDelete
  10. wah makasih ya
    berguna banget nih
    nyari buku2 lama udah pada gak ada akhirnya beralih ke toko buku online
    :D

    ReplyDelete
  11. Lha, Toko Buku online kami kok ga ada? http://www.buku86.com
    pelanggan kami dari Bandung, ratusannn...

    Makasih Mba Nathalia Dp, Blog nya keren dehh

    ReplyDelete