Friday, March 22, 2013

Singkong Thailand

Udah lamaaa banget saya ingin bikin singkong thailand. Tapi karena enggak pernah dimasukin ke list belanja, jadi setiap ke pasar selalu lupa beli singkong. Kebetulan kemarin mamang sayur bawa singkong, langsung beli deh setengah kilo aja. Singkongnya baru sempat diolah tadi siang, resepnya nyontek dari NCC.

Sumber: koleksi pribadi

Bahan:
  • 500 gr singkong, kupas, cuci, potong ukuran sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 200 ml air
  • ½ sdt garam
  • ½ sdt vanili (inisiatif saya)
Bahan saus santan (kalau dari NCC, aslinya masak santannya disatuin sama singkongnya, saya mah dipisah aja supaya kaya di Hanamasa :D):
  • 200 ml santan
  • ½ sdt garam 
  • 1 sdm tepung maizena
Cara membuat :
  • Rebus singkong hingga lunak (inisiatif saya juga)
  • Didihkan air di dalam panci, masukkan singkong, gula, garam, dan vanili
  • Rebus dengan api sedang hingga gula meresap
Saus Santan:
  • Rebus santan dan garam, aduk-aduk hingga mendidih
  • Larutkan tepung maizena dengan sedikit santan
  • Masukkan ke dalam santan dan didihkan kembali sambil diaduk-aduk sampai agak kental.
Penyajian:
  • Letakkan singkong dalam mangkuk
  • Siram dengan saus santan
Biasanya kalau bikin makanan lain langsung habis sendiri, tapi kali ini alhamdulillah bisa ngasih ke Mamah, Papah, dan Sela juga buat icip2. Berhubung saya enggak terlalu suka manis, jadi makan sedikit aja udah giung *langsung manggil mamang baso malang* :))

11 comments :

  1. Jadi kangen singkong begini buatan Mbah uti saya.. :(

    ReplyDelete
  2. kenapa dinamain singkong thailand ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setahu saya karena biasa jadi dessert yang dijual di restoran makanan thailand..
      klo versi indonesianya sih kolek :D

      Delete
  3. Coba ah, biasanya saya buatnya singkong rebus pake gula merah (singkong versi jawa, hehehe)..

    ReplyDelete
  4. Aiiihh ini gampang yak kynya. Tp g ada vanili gpp kali ya mak? Makasih bgt loooh resepnyaa :*

    ReplyDelete
  5. Ini juga salah satu wish list masak memasak berikutnya.. Udah laam dan belum sempet nyobain sampai sekarang...

    ReplyDelete