Friday, April 26, 2013

Shioban

Shioban berjalan mengendap-endap menuju tempat penyimpanan kereta kuda. Kakinya berjinjit agar sendal kulit yang dipakainya tidak menimbulkan suara. Dia tidak ingin rencananya malam ini gagal. Keselamatan jiwa ayahnya berada di tangannya.

Beruntung, jin yang bertugas menjaga kereta tertidur. Shioban segera menaiki salah satu kereta.

"Hei penyusup! Apa yang kamu lakukan?!" teriak jin penjaga yang tiba-tiba terbangun.

"Aku mau pinjam salah satu kereta ini!" jawab Shioban.

"Kereta kuda hanya untuk para ratu dan penyihir."

"Memangnya apa yang akan kamu lakukan jika aku menginginkannya?" kata Shioban sambil mendelik ke arah jin penjaga. 

"Aku akan membunuhmu!" ancam jin penjaga.

"Aku tidak peduli!" balas Shioban. Dia harus segera menyelamatkan ayahnya dari sekapan Night Fury. Tangannya segera meraih tali kendali kuda, membuat kereta itu membawa Shioban terbang. 

"Sa Ta Na Ma!" tiba-tiba Necalli muncul dan merapalkan sebuah mantra ke arah Shioban, membuat kereta menjadi tak terkendali dan jatuh ke lembah.

"Mantra apa yang kamu berikan padanya? Bukankah kamu belum lulus menjadi penyihir?" tanya jin penjaga.

"Mantra tidur. Sudahlah, seharusnya kamu berterima kasih padaku!" jawab Necalli.

"Berapa lama rakyat jelata itu akan tertidur?" tanya jin penjaga lagi.

"Aku tidak tahu! Ayo, kita harus segera menemukan dia dan keretanya." jawab Necalli.

~~~

Perlahan Shioban membuka matanya. Kepalanya sangat pusing. Dia mencoba mengingat kejadian terakhir yang menimpanya. 

Jin penjaga, kereta kuda, ayah. Ayah! Aku harus segera menyelamatkan Ayah! Shioban segera bangkit dari tidurnya ketika mengingat ayahnya.

Pandangannya tertuju pada kereta kuda yang dia pinjam secara paksa.

"Kemana kuda-kudanya?" Shioban bertanya-tanya sambil menghampiri kereta itu. Namun gagal karena sebuah pembatas tak terlihat menghalanginya. Dia bingung, pandangannya lalu menyisir seluruh ruangan.

"Night Fury?!" pekik Shioban. Naga ganas itu kini hanya berupa tulang-belulang. 

"Bagaimana bisa? Aku tidak ingat bagaimana aku membunuhnya." Shioban mundur dan bersandar di tembok. Otaknya berusaha keras mengingat kembali kejadian apa yang telah terjadi, tapi tidak berhasil.

"Mama! Muminya hidup lagi!" teriak seorang gadis kecil.

Tidak lama kemudian, semua pengunjung museum mengerubungi Shioban yang semakin kebingungan di balik ruang kaca.

~~~~~

Ditulis dalam rangka menjawab tantangan Monday Flashfiction: Prompt #10 Shioban dan Kereta Kuda.

15 comments :

  1. Shioban di dalam kotak kaca ya? Mumi gitu? *Sedang membayangkan besaran kotak kaca, hingga Shioban bisa berdiri dan akan menghampiri kereta kuda, tapi terhalang kaca*

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dkira orang2 mumi, padahal sih tidur panjaaaang :D
      maksudnya kotak kaca yang kaya tempat ular di bonbin gitu loh mak.. mmm saya ganti aja 'kotak'-nya jadi 'ruang' yah?
      makasih ya :)

      Delete
  2. Wihiii, keren. Kotak kacanya semacam etalase seperti kalo kita ke museum2 gitu kali ya Mak :D, seru2

    ReplyDelete
  3. Ceritanya ini seribu tahun kemudian ya... :D

    ReplyDelete
  4. Kereta itu jatuh ke lembah, tidak ketemu dan berpindah ke museum beribu-ribu tahun lamanya, atau sihir melemparkannya ke museum yang kebetulan ada kereta dan tulang belulang naga (ato dinosaurus)? Tidur panjang dan berubah mumi, saya membayangkanya terbalut kain panjang seperti gambaran mumi mesir umumnya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ceritanya shioban & keretanya jatuh ke lembah, tapi ketemu sama jin penjaga & necalli.. stelah itu kehidupan terus berjalan, kecuali shioban yang kena mantra tidur slama 1000 tahun..
      1000 tahun kmudian, 'mumi' shioban, kereta, night fury (kerangkanya), dll udah jd barang beninggalan sejarah yg dsimpen di museum..
      gitu.. heuheu maaf ya bikin bingung, salah saya :D

      Delete
  5. maksud saya, terlempar ke masa depan dan terdampar di museum yang kebetulan ada tulang naga ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mumi adalah mayat yang awet tidak membusuk. mumi mesir diawetkan dengan sengaja. tapi ada muni yg terbentuk oleh alam, misalnya tertimbun salju (aku pernah lihat di tivi).
      yang menggangguku justru kehadiran Necalli, tdk terbaca (olehku) dia itu siapa. mending kejadian tidur dan terlempar itu adalah kutukan bagi rakyat jelata yg nekat naik kereta.
      sisa ruang cerita (setelah memotong bagian Necalli) bisa digunakan untuk menjelaskan apa yang terjadi pada ayah Shioban.


      huft... panjang :D

      Delete
    2. maksud saya necalli itu calon penyihir yang sembarangan ngasih mantra tidur 1000 tahun ke shioban..
      tp emang aneh sih ya tiba2 muncul necalli, lebih nyambung sama prompt klo tidur 1000 tahun itu sbagai kutukan karena rakyat jelata naik kereta kuda..
      nasib ayahnya juga ga jelas yah..
      nanti saya edit secepatnya..
      makasih mba :)

      Delete