Monday, April 15, 2013

Taman Lalu Lintas, Taman Bermain Tempo Doeloe

Dear Keke dan Nai, salam kenal ya :)

Tante mau cerita nih tentang jalan-jalan serunya Jav ke Taman Lalu Lintas. Keke dan Nai sudah pernah belum main ke Taman Lalu Lintas?

Gerbang Taman Lalu Lintas (sumber)
Sesuai dengan namanya, di taman ini anak-anak bisa bermain sambil belajar tentang lalu lintas. Ada jalan, jembatan, terowongan, rel kereta dan palang pintunya, juga rambu-rambu lalu lintas. Selain itu, taman ini juga berfungsi sebagai taman kota. Makanya udaranya cukup sejuk karena terdapat banyak pohon rindang di dalamnya.

Papan rambu-rambu lalu lintas (sumber)
Pohon-pohon di Taman Lalu Lintas (sumber)
Harga tiket untuk dapat masuk ke taman ini sangat terjangkau yaitu Rp 5.000 per orang. Kalau Jav sih gratis hihihi.

Tempat pertama yang dituju yaitu ayunan. Loh? Soalnya Tante mau sholat dulu. Jadi sambil menunggu Tante sholat, Jav main ayunan dulu sama ayahnya di dekat mushala. Setelah Tante selesai sholat, gantian Tante yang nemenin Jav main ayunan. Selain ayunan, ada perosotan dan jungkat-jungkit juga loh.

Jav main ayunan (dok. pribadi)
Masa jauh-jauh ke Taman Lalu Lintas cuma main ayunan, itu sih di taman dekat rumah juga bisa hihihi. Makanya setelah selesai sholat, Tante langsung ajak Jav naik komidi putar. Harga tiketnya Rp 4.000 per orang. Karena bukan hari libur, pengunjungnya tidak terlalu banyak. Jadi yang naik cuman Jav dan ayahnya saja berdua, serasa milik pribadi hihihi.

Jav ditemenin ayahnya naik komidi putar (dok. pribadi)
Setelah Jav puas naik komidi putar, permainan dilanjutkan dengan naik kereta api. Kereta apinya antik loh, merupakan sumbangan dari PT. KAI tahun 1958. Rute kereta ini mengelilingi area Taman Lalu Lintas yang luasnya sekitar 3,5 ha.

Nunggu Pak Masinis siap (dok. pribadi)
Di taman ini, selain tersebar ayunan dan perosotan, banyak juga patung-patung binatang yang terbuat dari semen. Berhubung Jav suka banget sama binatang, disempetin deh naik dan foto-foto dulu.

Jav naik sapi (dok. pribadi)
Jav naik anak zebra (dok. pribadi)
Jav naik gajah (dok. pribadi)
Lumayan cape juga nih main dan foto-foto, makanya Jav istirahat dulu sebentar buat minum dan makan cemilan yang sudah Tante bawain. Tapi kalau enggak bawa makanan, tenang saja karena di taman ini ada semacam food court. Di sepanjang jalan juga banyak kios yang menjual makanan, seperti sosis panggang, es krim, dan lain-lain.

Setelah kenyang, Jav lanjut lagi main sepeda. Harga sewanya yaitu Rp 4.000 untuk 15 menit. Memang sepedanya sudah enggak kinclong lagi, tapi Jav seneng banget bisa main sepeda di tempat yang luas. Soalnya kalau di rumah, Tante enggak ngebolehin Jav bawa sepedanya ke luar rumah karena Tante males bersihin sepedanya, kan lagi musim hujan. Padahal berani kotor itu baik kan ya hihihi.

Jav meluncur naik sepeda (dok. pribadi)
Enggak terasa waktu sudah sore dan tamannya juga sudah mau tutup. Sayang juga karena masih banyak permainan yang belum sempat dicoba, seperti kolam renang, kolam pancing, mandi bola, gajah terbang, flying fox, pondok baca, dan lain-lain. Lain kali kalau main ke sini lagi, harus datang lebih pagi.

Gimana, Keke dan Nai tertarik enggak main ke sini? Memang taman permainan ini sudah kuno banget, enggak sekeren Kidzania atau taman permainan modern lainnya. Bayangin aja, umurnya sudah lebih dari 50 tahun! Tapi tetap seru kok, buktinya Jav seneng banget main di taman ini :)

Taman Lalu Lintas - Ade Irma Suryani Nasution
Lokasi: Jl. Belitung No. 1 Bandung
Waktu operasional:
Senin - Kamis, Sabtu: 08.00 – 16.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp 5.000
Minggu dan Hari Libur: 08.00 - 16.00 WIB
Harga tiket masuk: Rp 6.000

~~~~~

Tulisan ini diikutsertakan pada 1st Giveaway : Jalan-jalan Seru untuk Keke dan Nai.

8 comments :

  1. Pengen ih dari dulu ngajak Syifa ke Taman Lalu Lintas, tapi nggak jadi teruuus.. Hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe.. saya juga banyak tempat nih yang udah masuk list tapi blum sempet aja :D

      Delete
  2. Bisa bermain kesana dulu ni sebelum ujian sim,,, hehehe. sambil ajak keluarga,

    ReplyDelete
  3. Dulu pas SMP sama SMA, Taman lalu lintas adalah salah satu taman bermain saya ketika bete. Jadi kangen ke sana deh :)

    ReplyDelete
  4. dari dulu tempat bermain ini, ya dan selalu aja rame. Terima kasih udah berpartisipasi :)

    ReplyDelete