Thursday, May 2, 2013

I Am A Book Buying Addict

Enggak sengaja nemu badge ini waktu lagi blogwalking beberapa minggu yang lalu. Saya banget hihihi.


Admitting you have a problem
Yak! Dengan sangat terpaksa saya mengakui bahwa saya mulai mengalami penyakit kecanduan belanja buku. Setiap selesai membaca review orang yang menarik tentang buku tertentu, saya langsung pengen beli buku itu. Kalau lagi jalan-jalan di mall, pasti harus mampir ke toko buku. Apalagi kalau suami yang nawarin, "Sekalian ke toko buku, mumpung ke sini...". Duh, siapa juga yang sanggup menolak tawaran manis seperti itu. Membuat saya selalu mengalami perang batin jika sedang bepergian ke luar rumah. Tapi saat di rumah pun bukan berarti saya aman dari godaan untuk belanja buku. Toko buku online begitu banyak bertebaran di dunia maya. Tinggal pilih-pilih buku, transfer, keesokan harinya buku-buku itu sudah sampai di rumah saya. Belum lagi kalau ada diskon atau lelang buku bekas, sangat sulit menahan diri untuk tidak membeli buku.

Do you have a problem as well?
Sebenarnya timbunan buku saya tidak seberapa bila dibandingkan dengan timbunan buku para bookworm lain. Hanya saja, karena kecepatan saya membaca akhir-akhir ini sedang sangat lambat, saya mulai tidak nyaman melihat tumpukan buku itu. Di satu sisi, saya begitu semangat untuk membeli buku baru. Tetapi di sisi lain, saya merasa mempunyai beban hutang membaca ketika melihat timbunan buku itu. Ditambah lagi rak buku saya sudah mulai sesak.

Kalau kebiasaan ini terus berlanjut, saya harus segera membeli rak buku baru.

The Pledge
Saya berjanji tidak akan membeli buku lagi sampai selesai membaca lima buku dari tumpukan buku yang belum dibaca. Dan setelah saya selesai membaca lima buku tersebut, saya tidak boleh membeli buku lebih dari lima buah.

Jadi inget janji Becky sama suaminya di buku Mini Shopaholic. 'I'll wear every single item in my wardrobe three times before I even think of going shopping again.' Hihihi.

Exceptions
Hadiah kuis/lomba, dikasih gratis, ulang tahun dan ingin menghadiahi diri sendiri.

Mempunyai masalah yang sama? Yuk gabung dan ambil badge-nya di sini :)

4 comments :

  1. Saya ga bisa janji ga bakal beli buku sebelum baca buku yang lama. :)))) Setiap minggu saya harus ke toko buku. kalau sudah ada di toko buku, pasti ada aja buku yang saya beli. hadeuh ....

    ReplyDelete
  2. Haduh kalau saya sih lebih sering koleksi buku, ketimbang bacanya :)

    ReplyDelete
  3. Aku juga mbak , makanya ikutan pasang badgenya. Hehehe

    ReplyDelete