Sunday, May 19, 2013

Penjelajah Kulkas

 Sepeda nongkrong di depan kulkas (sumber: dok. pribadi)
Ada yang bisa menebak kenapa kok ada sepeda parkir di depan kulkas?

Kalau ada yang menjawab karena saya yang sengaja menyimpan sepeda itu di sana supaya Jav enggak bisa buka kulkas, maka jawabannya salah. Tapi kalau ada yang menjawab karena Jav yang menyimpan sepeda itu di sana supaya dia bisa mengeksplorasi freezer, maka jawabannya benar sekali!

Jav sedang mengeksplorasi freezer (sumber: dok. pribadi)
Jav ini memang hobi banget buka-buka kulkas. Awalnya untuk ngadem, lama-lama mulai main-mainin bahan makanan di kulkas seperti ngeremukin telur atau ngemil bumbu pecel *ngelus dada*, dan sekarang sudah sampai pada tahap mengambil apa yang dia inginkan seperti minum susu atau makan puding.

Sejak Jav mulai belajar merangkak, saya sudah mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan dengan membuat pagar di tangga dan membeli berbagai peralatan keamanan balita seperti pengaman colokan listrik, pengaman pintu, pengaman ujung meja, juga pengaman kulkas.

Pengaman kulkas (sumber)
Semuanya berfungsi dengan baik dan optimal kecuali si pengaman kulkas. Jadi pengaman kulkas ini berupa plastik yang salah satu ujungnya ditempel di kulkas bagian samping dan ujung lainnya ditempel di kulkas bagian depan. Nah, ujung bagian depan bisa dibuka-tutup sesuai keperluan. Idealnya, anak balita tidak bisa membuka-tutup si pengaman. Sehingga kulkas pun aman dari gangguan anak balita.

Posisi pengaman saat sedang dibuka (sumber)
Awalnya Jav pasrah saja saat mendapati kulkasnya tidak dapat dibuka. Tapi lama-kelamaan (ditambah hasil mengamati cara orang tuanya membuka kulkas), Jav pun bisa membuka pengamannya! Dan lebih parahnya lagi, saat dia sedang malas membuka pengaman, dia pun menarik pintu kulkas begitu saja dengan sekuat tenaga. Hasilnya, ujung pengaman kulkas yang hanya direkatkan oleh sepotong selotip pun terlepas dari samping kulkas *hadeuh*.

Selotipnya lepas (sumber: dok. pribadi)
Kalau sudah begini, tidak ada lagi yang bisa saya lakukan. Setiap saya sedang sibuk memasak di dapur, Jav juga sibuk di depan kulkas yang kalau dibiarkan bisa menghabiskan isi kulkas. Bukannya saya sok membatasi, Jav boleh memakan apa pun yang dia mau, toh makanan yang saya simpan di kulkas Insha Allah sehat (kecuali stok minuman kemasan punya ayahnya Jav). Tapi semua ada porsinya dan ada waktunya, yang kalau tidak dikontrol bisa merusak jadwal makannya. Apalagi sekarang Jav sudah merambah freezer juga. Kalau stok es krim sedang kosong, es batu pun dilahapnya T_T

Apa ada teman-teman yang mempunyai pengalaman yang sama dengan saya? Bagaimana cara menyiasatinya?

Hmmm ingin rasanya bertanya pada para produsen kulkas: Kenapa kulkas-kulkas zaman sekarang enggak ada kuncinya???

29 comments :

  1. cara paling ampuh ya jual kulkasnya hehe (^_^)v

    ReplyDelete
  2. Wah itu si dd nya pake sepeda buat ngambil yang di atas..........
    Awwwwwaaaassss jatoh dek heheheheee
    Niche Blog :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. dia mah manjat menara toren air juga ga takut jatuh huhu..

      Delete
  3. Cara ngeksplorasi frezernya ngeri banget Bund! :O
    Sampai es batupun dilahap, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. soalnya dia lg tergila2 sama makanan & minuman dingin :)

      Delete
  4. Ada. Menyiasatinya.. kosongkan kulkas!

    Dan kulkas berubah fungsi jadi tempat main dan bersembunyi.. :|

    *hadeeeuuh.. -_-

    ReplyDelete
  5. ANak kecil skrng uda pinter2 banget ya. gak mau kalah sama orang tuanya. hmmm... elus2 perut #eh :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, hobi makannya nurun dari ortunya hihihi..

      ga sambil ketok2 meja kan? #eh :p

      Delete
  6. pintar, banyak akal, berkemauan keras.
    Perlu disalurkan energinya ke hal yang lebih tepat.

    ReplyDelete
  7. Jaaaav, apa kabar sepeda kuningmu? main yuuuuk di luar. Faiz bukan hanya mengeksplorasi kulkas dengan cara memakan es batu yang ada di freezer, tetapi apa saja dimasukkan ke frezer plus kulkas seperti wadah kosong, gelas susu bekasnya, tempe yang dipotong-potong pake sendoook *katanya mo naik bis di kulkas *hadeeeeh.

    Bun, beri Jav mainan yang disukai ketika Bunda sedang sibuk di dapur. Hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi sama.. jav juga suka masukin wadah kosong, kunci, dvd ke dalem kulkas :))

      Delete
  8. Wah..es batu juga di makan..ya Mak..hihi..dingin2 gt ya..lucunya putranya...:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dikunyah aja gitu esnya..
      saya ngebayanginnnya aja ngilu :D

      Delete
  9. Waduuh sama banget nih sama dzaky.. Kalo ga ada es krim es batupun jadi..

    Kalo aku sih, nyetok makanannya ga banyak2. atau aku selip2in biar ga keliatan. Yang keliatan dikit aja. Kalo udah habis kan bakal berhenti sendiri.. Hihihi

    ReplyDelete
  10. waah mbak, berarti sm dgn anakku :D, cuma skrg kulkasnya dipindahin kedapur, trus pintu dapurnya di kasih pagar, aman dah sekarang ^_^

    ReplyDelete
  11. dulu waktu arvid kecil kayak gitu juga :D suka buka-buka kulkas plus ngadem... ^-^')tapi pas kulkasnya di pindahin tempatnya agak berkurang ngadem nya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. bentar lg adiknya arvid mulai buka2 kulkas jg :p

      Delete
  12. Waduh... Ngeri amat, naekin sepeda. Awas jatuh, Jaaaaav... ^_^

    ReplyDelete
  13. waduh kayak raffa nih Jav...

    saya juga beli tapi cuma yang pengaman siiku meja ma yang buat tutup colokan listriik...

    antisipasi yang didinding eh malahan yang ada dimeja di colokannya dicabut2...

    ReplyDelete