Thursday, August 29, 2013

"Enjoy Every Step" in Indonesia

Indonesia kaya dengan beragam budaya, namun di sektor wisata, Malaysia lebih berhasil mem-branding “Truly ASIA”. Kira-kira apa ya branding yang cocok untuk Indonesia?

Ya. Malaysia dengan Truly Asia-nya memang merupakan salah satu brand pariwisata yang paling sukses di Asia. Hal ini dibuktikan dengan jumlah wisatawan asing yang mengunjungi Malaysia sebanyak 24 juta orang per tahun, paling tinggi di kawasan Asia Tenggara. Bukan hanya itu, brand tersebut juga memperoleh beberapa penghargaan, salah satunya yaitu ‘Best Long Term Marketing and Branding Campaign Gold Awards’ pada Asian Marketing Effectiveness Awards tahun 2008.

Brand pariwisata lainnya yang sangat sukses adalah Amazing Thailand Always Amazes You. Branding ini sudah digunakan sejak tahun 1997 dan berhasil membuat Thailand sebagai tujuan wisata favorit di Asia Tenggara dengan jumlah wisatawan asing sebanyak 16 juta orang per tahun.

Menurut saya, brand pariwisata yang digunakan Indonesia juga tidak kalah keren kok. Wonderful Indonesia dengan mengusung lima kriteria, yaitu Wonderful Nature, Wonderful Culture, Wonderful People, Wonderful Food, dan Wonderful Value for Money. Wuih mantep! Tetapi sayang brand tersebut rupanya tidak cukup membuat pariwisata Indonesia menjadi sesukses Malaysia dan Thailand.

Branding dan Logo Pariwisata Indonesia (sumber)
Lalu brand yang cocok untuk Indonesia apa dong? Aduh, sungguh sebuah tantangan yang seru namun sulit. Menuntut kreativitas tingkat tinggi. Bagaimana tidak, membuat branding pariwisata sebuah negara tentu tidak semudah membuat branding minuman botol. Apalagi untuk Indonesia yang kekayaan alam dan budayanya begitu melimpah. Brand tersebut harus mampu mewakili identitas pariwisata Indonesia. Prosesnya pun tidak singkat. Sebelumnya perlu dilakukan riset pasar, review kompetitor, serta diskusi dengan seluruh stakeholder terkait. Dan yang tidak kalah pentingnya, brand tersebut harus catchy agar selalu diingat oleh calon wisatawan dan membuat wisatawan asing tertarik untuk mengunjungi obyek wisata di Indonesia.

Saya ingin sekali membuat tagline yang berima, tetapi sayang saya tidak cukup pandai dalam hal itu. Jadi inilah tagline untuk brand pariwisata Indonesia dari saya:

"Enjoy Every Step" in Indonesia

Kenapa saya memilih tagline tersebut? Pertama, karena dibandingkan negara ASEAN lainnya, negara Indonesia merupakan negara yang mempunyai:
  • Wilayah paling luas yaitu 1,904,569 km2. Dengan wilayah yang sangat luas tersebut, menyebabkan Indonesia mempunyai kekayaan alam yang sangat beragam. Mulai dari pantai sampai gunung. Mulai dari flora hingga fauna.
  • Jumlah penduduk paling banyak yaitu 237,424,363 jiwa (berdasarkan sensus penduduk tahun 2011). Hal ini menghasilkan kekayaaan budaya yang sangat beragam. Mulai dari suku, bahasa, adat istiadat, pakaian daerah, kesenian, sampai makanan.
Kedua, dengan keunikan tersebut maka di Indonesia, ke manapun kaki 'melangkah', wisatawan dapat menikmati berbagai kekayaan alam Indonesia dan tentu saja bersenang-senang dengan berbagai aktivitas menarik. Misalnya: 
  • Ingin menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Pulau Weh di Sumatera atau Raja Ampat di Papua Barat. Indonesia mempunyai 88 pilihan destinasi. Tinggal pilih, mau diving atau sekedar snorkeling atau dua-duanya, bisa.
Bunaken - Raja Ampat - Alor (sumber)
  • Ingin menantang ombak dan surfing di pantai Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Pantai Batu Karas di Jawa Barat atau Pantai Lakey di Nusa Tenggara Barat. Indonesia mempunyai 26 pilihan destinasi.
Batu Karas - Cimaja - Mentawai (sumber)
  • Ingin berpetualang di Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Sungai Maiting di Sulawesi untuk rafting atau Krakatau untuk mendaki gunung berapi paling terkenal di dunia. Indonesia mempunyai 64 pilihan destinasi.
Green Canyon - Piramida Cartensz - Krakatau (sumber)
  • Ingin menikmati flora dan fauna Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Taman Nasional Komodo di Nusa Tenggara Timur atau Batang Palupuh di Sumatera Barat untuk melihat bunga raksasa Rafflesia Arnoldi. Indonesia mempunyai 85 pilihan destinasi.
Taman Nasional Komodo - Air Terjun Moramo - Batang Palupuh (sumber)
  • Ingin menikmati kekayaan budaya Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Bali dengan berbagai daya tarik yang menghipnotis atau Glodok di Jakarta sebagai salah satu Chinatown terbesar di dunia. Indonesia mempunyai 103 pilihan destinasi.
Borobudur - Ambarawa - Banda Aceh (sumber)
  • Ingin mengunjungi desa tradisional di Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Lembah Baliem di Papua atau Baduy di Banten. Indonesia mempunyai 36 pilihan destinasi.
Batutumongga - Belaraghi - Desa Jangga (sumber)
  • Ingin bersenang-senang di themepark Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Taman Safari di Jawa Barat atau Kumala Island Tourism Park di Kalimantan Timur. Indonesia mempunyai 12 pilihan destinasi.
Bali Bird Park - Kebun Raya Bogor - Taman Mini Indonesia Indah (sumber)
  • Ingin mencicipi berbagai kekayaan kuliner Indonesia, wisatawan tinggal 'melangkah' ke Belitung di Sumatera untuk menikmati Gangan - sup ikan yang aromatik atau Manado di Sulawesi Utara untuk menikmati Bubur Tinutuan. Indonesia mempunyai banyaaak pilihan destinasi, tak terhitung.

Gangan - Bubur Tinutuan - Sate (sumber)
Fiuh! Itu belum semuanya loh. Banyak sekali ya kekayaan alam dan budaya Indonesia yang dapat dijadikan obyek wisata. Mata saya dibuat basah karena terharu saat menulisnya. Sungguh.

Sekarang, saatnya membuktikan kepada dunia bahwa wisatawan memang benar-benar dapat menikmati berbagai obyek wisata tersebut dalam setiap langkahnya. Tagline tadi diharapkan bukan hanya iklan yang menjebak wisatawan. Bagaimana caranya? Dimulai dengan:
  • Pemeliharaan dan perawatan obyek wisata, terutama kebersihannya. Tahun 2012, dalam hal kebersihan, pariwisata Indonesia berada pada urutan di atas 100 di dunia.
  • Didukung dengan perbaikan infrastruktur untuk kemudahan akses. Dalam hal infrastruktur pun, Indonesia berada pada urutan di atas 100 di dunia.
  • Menjaga keramahan penduduk. Dalam hal ini, peringkat Indonesia sudah cukup baik, yaitu menempati urutan ke-19 di dunia.
  • Dan yang paling penting, dukungan dari setiap daerah untuk menciptakan daya tarik wisata yang terintegrasi. Saat ini, daerah di Indonesia masih menonjolkan daya tarik wisatanya masing-masing. Misalnya Bali dengan Bali is my Life, Jakarta dengan Enjoy Jakarta, atau Solo dengan The Spirit of Java. Masih banyak warga dunia yang menganggap bahwa Bali dan Indonesia merupakan wilayah yang berbeda. Diharapkan, dengan adanya integrasi, anggapan tersebut dapat diperbaiki.
Mari kita sama-sama tingkatkan daya saing pariwisata Indonesia dalam rangka mempersiapkan ASEAN Community tahun 2015.

Referensi:
  • http://www.indonesia.travel/en
  • http://itineraryku.blogspot.com/2012/01/asean-logo-dan-slogan-pariwisata-negara.html
  • http://tempo.co/read/news/2012/04/12/199396646/
  • http://trancepass.blogspot.com/2012/02/membangun-brand-destinasi-pariwisata.html

~~~

Tulisan ini diikutsertakan untuk lomba blog #10daysforASEAN hari ke-3.

6 comments :

  1. wowowowowooooo...mantabs dan keren, layak masuk papan atas neh Mbak.

    ReplyDelete
  2. Woww... Indonesia memang indah. Surganya dunia.

    ReplyDelete
  3. Waaah argumennya kuat mbak. Sukses yaa :)

    ReplyDelete
  4. punten Teh, kalimat 'enjoy your every step' dalam bahasa inggris itu kurang tepat. Karena kata 'every' itu ga perlu didahului sama kata ganti milik (your). Mungkin 'enjoy your steps' atau 'enjoy every step' itu yg lebih tepat.. :) btw, untuk tema artikel yg diangkatnya oke banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh gt ya? hehehe.. saya ganti deh :D
      makasih banyak yah :)

      Delete
  5. eh... aku asli tertegun liat air terjun moramo. penasaran. bagus banget. dimana ya? bertingkat-tingkat gitu ya air terjunnya. bagus banget

    ReplyDelete