Monday, November 11, 2013

OPPO N1, Ponsel Idamanku

OPPO?
Dua bulan yang lalu, ayah saya baru saja membeli ponsel baru. Selain karena ponsel lamanya sudah mulai tidak bisa diandalkan, tahun ini juga ayah saya berangkat menunaikan ibadah haji. Makanya, untuk memudahkan komunikasi, ayah saya membutuhkan ponsel baru yang bisa diandalkan.

Saya sangat heran ketika mengetahui bahwa merk ponsel yang dibeli ayah saya yaitu OPPO. Jujur saja, baru kali itu saya mendengar merk OPPO *ketauan saya suka ketiduran kalau suami saya nonton OVJ :D*. Waktu saya tanyakan alasannya kenapa membeli OPPO, alasan pertama yaitu karena ayah saya menyukai desainnya, dan alasan kedua karena suami saya yang waktu itu menemani ayah saya juga menyarankan OPPO sebagai ponsel user friendly untuk ayah saya dengan harga yang cukup bersaing.

Ternyata setelah mencobanya (membantu meng-install beberapa aplikasi untuk ayah saya), saya juga mulai naksir sama OPPO. Desainnya elegan dan ergonomis, kapasitas memorinya mantap, dan kualitas gambar dari kameranya pun oke.

OPPO Find Piano milik ayah saya (Dok. Pribadi)
Cuman enggak seru dong yah kalau ponsel saya yang sama dengan ayah saya. Saya sih ngincer OPPO N1. Penasaran spesifikasinya seperti apa? Tenang, pasti saya jelasin. Tapi sebelumnya kita kenalan dulu yuk sama OPPO.

Sejarah OPPO
Meskipun saya baru mendengar nama OPPO beberapa bulan ke belakang ini, sebenarnya OPPO Electronic Corp, Ltd sudah berdiri sejak tahun 2004. Pada awalnya perusahaan yang beralamat di Dongguan, Guangdong, China ini memproduksi peralatan elektronik seperti MP3 Player, Portable Media Player, LCD TV, eBook, DVD, dan Disc Player. Baru pada tahun 2008, OPPO mulai menggarap produksi ponsel (smartphone).

Selama itu, OPPO telah melayani pelanggan di Amerika, Eropa, dan Asia. Baru pada bulan April tahun 2013, OPPO melayani pelanggan di Indonesia secara resmi. Dalam perjalanannya, OPPO tidak pernah berhenti untuk memanjakan pelanggannya dengan selalu memberikan teknologi terbaru dengan kualitas terbaik paling user friendly.

Launching OPPO N1
Pada tanggal 24 September 2013, OPPO baru saja meluncurkan produk unggulan terbarunya. OPPO N1! Satu bulan setelah peluncuran globalnya di China, OPPO pun resmi meluncurkan ponsel OPPO N1 di Indonesia pada tanggal16 Oktober 2013. Pelanggan di Indonesia rupanya sangat spesial, karena menjadi negara kedua yang dipilih OPPO sebagai tempat peluncuran produk baru ini.

Spesifikasi OPPO N1
Di Indonesia, OPPO N1 ini dibanderol dengan harga Rp 6.999.000. Wow, harga yang cukup tinggi yah. Tapi saya rasa harga ini sebanding dengan kemampuan yang dimilikinya. Supaya jelas, berikut saya lampirkan spesifikasinya.

Basic parameters
Color: White
Dimensions: 170.7 x 82.6 x 9 mm
Weight: 213 g
Operating system Color, based on Android 4.2
Processor: 1.7 GHz Qualcomm Snapdragon 600 Quad Core
GPU: Adreno 320
RAM: 2 GB
Storage: 16 / 32 GB
Sensors: Distance sensor, Light sensor, G-sensor, 4D Gyroscope
Battery capacity: 3610 mAh

Display
Size: 5.9-inch
Resolution: 1080p Full HD (1920 x 1080 pixels), 377 PPI
Type: IPS
Colors: 16 million colors
Touchscreen: Multi-touch, capacitive screen, Gorilla Glass 3

O-Touch
Slide up or down, left or right, tap, double tap and long press for different functionality

Camera
Sensor: 13-megapixel sensor with dedicated ISP
Flash: Dual-mode LED
Aperture: f/2.0
Scene modes: Normal, Panorama, High Speed, Rewind, Beautify, and Slow Shutter

Connectivity
Frequencies: GSM: 850/900/1800/1900MHz, WCDMA: 850/900/1700/1900/2100MHz
Other: USB OTG, Bluetooth 4.0, 5G Wi-Fi 802.11 ac, Wi-Fi Direct, Wi-Fi Display, GPS, NFC

In the box
OPPO N1
O-Click Bluetooth Remote Control
In-ear type earphones
Micro USB cable
Charger
SIM ejector tool

Ponsel Idaman
Saya langsung jatuh cinta pada pandangan pertama ketika mengetahui spesifikasi OPPO N1. Kenapa? Inovasinya itu loh, cocok sekali untuk memenuhi kebutuhan saya.

Tampilan Luar yang Memikat
Namanya juga perempuan, penampilan biasanya menjadi pertimbangan nomor satu. Begitu juga dalam memilih ponsel. OPPO N1 hadir dengan warna putih terang. Dengan dilapisi cat silky tecsture, tidak hanya membuat ponsel ini terlihat cantik tapi juga dijamin tidak akan meninggalkan bekas sidik jari.

Beautiful Design (Sumber)
Selain itu, meskipun ukurannya cukup besar, OPPO N1 tetap nyaman digenggam. Pertama, karena ponsel ini didesain dengan bodi berlapis yang telah melalui 14 kali molding yang berbeda, sehingga tetap ringan untuk ditenteng. Kedua, bagian belakangnya yang sedikit melengkung membuat OPPO N1 nyaman untuk digengam meskipun hanya dengan satu tangan.

Mendukung Hobi Mobile Blogging
Memiliki anak batita membuat saya sulit untuk bisa duduk manis di depan laptop atau pc, padahal saya hobi sekali ngeblog. Maka mobile blogging pun menjadi solusinya. Menggunakan Color OS dan CyanogenMod berbasis Android, kapasitas OPPO N1 tentu tidak perlu diragukan lagi. Spesifikasinya sangat memadai untuk bisa selalu online selama 24 jam dan menjalankan berbagai aplikasi untuk mendukung saya melakukan mobile blogging.

Color OS dan CyanogenMod (Sumber)
Objek foto sebagai sumber ide untuk ngeblog bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Sayangnya, ponsel yang saya miliki sekarang ini hanya mampu menangkap gambar dengan baik di siang hari. OPPO N1, dengan lensa yang tersusun dari 6 elemen (N-Lens) dan aperture yang sangat lebar di kameranya, yakni f/2.0, sangat menguntungkan ketika harus memotret di kegelapan.

After Flash (Sumber)
User Friendly
Saya ini senang sekali mencoba berbagai resep masakan baru, tapi sayang kemampuan memasak saya pas-pasan. Makanya ponsel juga menjadi teman setia saya di dapur, untuk mengintip resep dari para food blogger. Repot? Pasti lah. Tapi enggak akan repot lagi kalau sudah punya OPPO N1. Ponsel tersebut mempunyai fitur unik yang bernama O-Touch. Dengan fitur ini, pengguna dapat mengoperasikan ponsel langsung melalui bagian belakang ponsel tanpa perlu menyentuh layar ponsel.

O-Touch (Sumber)
Kuat dan Aman
Dengan fitur 206 degree free angle yang dimiliki kamera OPPO N1, membuat kamera tersebut mampu berputar ke depan, ke samping, atau ke atas. Keren! Tapi apakah tidak akan cepat rusak, apalagi saya mempunyai batita yang sangat tergila-gila dan senang mengeksplor barang elektronik? Tenang. Kamera OPPO N1 dilengkapi dengan penahan yang dibuat dengan 67 komponen yang berbeda sehingga kamera dapat berputar dengan smooth dan kuat. Selain itu, penahan kamera ini sudah diuji hingga 100 ribu kali dengan posisi yang berbeda dan mampu digunakan hingga 7 tahun.

Desain Kamera (Sumber)
Ada lagi nih yang unik dari OPPO N1, yaitu aksesoris berbasis bluetooth yang dinamakan O-Click. O-Click ini selain dapat dijadikan sebagai remote control untuk mengoperasikan kamera hingga jarak 50 meter dari ponsel, juga dapat dijadikan sebagai alarm saat jarak ponsel dan O-Click lebih dari 15 meter. Cocok banget buat saya dengan batita yang hobi menyembunyikan barang-barang termasuk ponsel.

O-Click (Sumber)
Gimana? Pantas kan kalau OPPO N1 ini menjadi ponsel idaman saya. Jadi tanggal 14 November besok, enggak bingung lagi kan mau ngasih hadiah ulang tahun apa untuk saya *kedip-kedipin mata*.


Referensi:
  • http://en.oppo.com/products/n1
  • http://www.oppomobile.co.id
Aku & OPPO N1

13 comments :

  1. OPPO memang canggih ya. buatan china tapi setara dengan produk negara lain yang sudah terkenal,
    selamat berlomba..semoga menjadi yang terbaik..salam :-)

    ReplyDelete
  2. Ulasannya komplit dengan spec yang jelas sehingga bermanfaat bagi peminat.

    Dengan bangga saya mengundang sahabat untuk mengikuti Kontes Unggulan Proyek Monumental Tahun 2014
    Silahkan cek syarat dan ketentuannya di http://abdulcholik.com/2013/11/01/kontes-unggulanproyek-monumental-tahun-2014/

    Salam hangat dari Surabaya

    ReplyDelete
  3. emang fitur Oppo N1 ciamik yaaa, saya juga naksir

    ReplyDelete