Tuesday, December 31, 2013

Culinary Trip To Makassar [5]: Oleh-Oleh Dari Makassar

Namanya jalan-jalan, enggak afdal rasanya kalau enggak beli oleh-oleh untuk orang di rumah. Untung SunCo menyediakan jadwal khusus untuk membeli oleh-oleh. Setelah makan siang di Pallubasa Serigala, kami diberi waktu untuk belanja oleh-oleh di Toko Cahaya yang berada di Jl. Sulawesi. Tempatnya luas, terang, dan nyaman. Saking luasnya, tidak terasa waktu satu jam yang disepakati untuk belanja pun sudah habis. Sehingga ada beberapa tempat dan barang yang tidak sempat saya jamah, padahal saya sudah memborong satu dus oleh-oleh! 

Kaos - Kacang Disko - Sarung Tenun - Sirup Markisa - Kopi - Cokelat (Dok. Pribadi)
Setelah sampai di hotel, saya baru ingat kalau mamah sempat titip kerudung khas Makassar. Dan ternyata, kata Kang Iwok, di Toko Cahaya tadi ada pasmina, dan beliau beli untuk istrinya. Huaaa hiks hiks... Pengen banget bisa mampir ke toko oleh-oleh lagi. Apalagi saya juga kabita dengan berbagai hiasan kulkas lucu-lucu yang dipamerin sama Pru. 

Untungnya Kang Iwok juga mau cari oleh-oleh lagi. Jadi pagi-pagi sebelum check out, saya bersama Kang Iwok, Mba Ika, dan Mba Marissa berburu oleh-oleh lagi ke Somba Opu. Cukup dengan berjalan kaki, kami pun bisa sampai di pusatnya tempat oleh-oleh di Makassar. Sayang, ternyata tidak semua toko buka di hari Minggu. Tapi tidak masalah, karena dua barang yang saya cari (pasmina dan hiasan kulkas) ada di dua toko yang kami kunjungi. Salah satunya Toko Keradjinan.

Hiasan Kulkas dan Pasmina (Dok. Pribadi)
Selain oleh-oleh yang dipilih sendiri, saya juga memesan otak-otak yang dikoordinir oleh panitia. Sejak awal, saya memang sudah ngincer otak-otak sebagai oleh-oleh yang wajib dibeli dari Makassar. Alhamdulillah kesampaian :)

Otak-Otak (Dok. Pribadi)
Yang terakhir ini, oleh-oleh khas Makassar juga. Tapi enggak beli, soalnya dikasih sama Mba Mugniar. Cocok banget diminum pas saya batuk-batuk pulang dari Makassar.

Sarabba (Dok. Pribadi)

1 comment :

  1. kuliner pasti yang selalu dicari kalau pergi ke daerah2 lain, ya :D

    ReplyDelete