Tuesday, January 14, 2014

Muffin Cokelat Keju

Anaknya tetangga di sebelah rumah lagi sakit, dan saya belum sempat nengok. Taunya ibunya cerita kalau kemarin anaknya ngamuk ingin dibeliin cheesecake ulang tahunnya Jav. Duh, kalau deket saya beliin deh. Karena agak jauh, akhirnya saya kasih tau aja waktu itu beli cheesecake-nya di mana.

Nah, tiba-tiba tadi pagi saya kepikiran buat bikin cheesecake, apalagi resepnya udah lama nangkring di handphone. Tapi ternyata persediaan di dapur sama daftar bahan di resep enggak cocok. Harus belanja dulu kalau mau bikin cheesecake. Liat-liat bahan yang ada, kayanya cocok nih kalau bikin muffin. Resepnya nyontek dari sini, saya buat setengah resep dulu sebagai percobaan.


Bahan:
  • 125 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm cokelat bubuk
  • 1/4 sdt garam
  • 50 gr gula pasir
  • 40 gr chocolate chips
  • 40 gr keju cheddar, potong kecil-kecil
  • 1/2 butir telur ayam
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 125 ml susu cair
  • 45 ml minyak sayur
Taburan:
  • 25 gr chocolate chips
  • 25 gr keju cheddar, potong kecil
Cara membuat:
  • Panaskan oven
  • Siapkan mangkuk kertas dan susun di atas loyang 
  • Siapkan mangkuk besar
  • Ayak tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan vanili
  • Tambahkan gula, chocolate chips dan keju, lalu aduk hingga tercampur rata
  • Dalam mangkuk lain, kocok telur, susu, dan minyak
  • Tuangkan perlahan ke dalam mangkuk berisi campuran terigu sambil diaduk hingga rata
  • Tuangkan adonan ke dalam mangkuk kertas hingga tiga perempat penuh
  • Taburi dengan chocolate chips dan keju
  • Panggang dalam oven panas selama 20 menit
  • Angkat dan dinginkan
Hasil: 9 buah

Hore! Berhasil! Ini muffin pertama saya yang sukses. Selama ini kalau bikin muffin, hasilnya suka keras heuheu...


Rasanya enggak terlalu manis, pas untuk Jav dan ayahnya yang enggak terlalu suka manis. Enggak tau deh kalau si teteh anak tetangga yang lagi sakit itu. Katanya sih dia suka banget sama keju. Semoga suka juga sama muffin ini.

16 comments :

  1. Enak enak enakkkkkk......mauuuuu :)

    ReplyDelete
  2. Wowww asyuikkkkkkkkk
    Anak saya doyan sama Muffin Coklat Keju juga hiheieheiee
    Salam dari Blogger Pontianak

    Follower #84

    ReplyDelete
  3. pasti lezat nih mbak, makasih coba ah dirumah tar :)

    ReplyDelete
  4. Saya mau saya mauuuuuu, apalagi pake keju :D

    kirimin dong mak :D

    ReplyDelete
  5. Boleh juga neh dicoba sama anak-anak :)
    Uenak banget kayaknya.

    ReplyDelete