Tuesday, February 11, 2014

Survei Playgroup

Enggak kerasa udah masuk awal tahun nih. Waktunya ngelanjutin lagi survei playgroup untuk Jav yang udah dimulai sejak pertengahan tahun yang lalu. Yup! Tadinya mau masukin Jav ke playgroup tahun ajaran kemarin, tapi telat :D Makanya tahun ini saya enggak mau kecolongan lagi hihihi... Denger cerita tetangga yang udah daftarin sekolah untuk anaknya, saya pun langsung ubek-ubek lagi brosur yang udah terkumpul dari hasil survei tahun kemarin. Siapa tau bermanfaat juga untuk ibu-ibu yang tinggal di Bandung bagian Ciwastra :D

PAUD Plus Sakinah II
Alamat:
Komp. Banyu Biru Blok D No. 12
Telepon 085723536930

Biaya (tahun 2013):
Uang pendaftaran Rp 50.000
SPP bulan Juli Rp 50.000
Uang seragam Rp 270.000
Uang alat tulis Rp 80.000
Uang pengembangan pendidikan Rp 150.000
Total biaya masuk Rp 600.000

Dok. Yulianti Wahyudin
Dok. Yulianti Wahyudin
Kesan: Murah meriah :) Ini lokasinya deket banget dari rumah. Kurikulumnya campuran antara dari Diknas dan Depag. Insha Allah, di sini materi pendidikan agamanya kuat banget. Walaupun baru berdiri satu tahun, tapi PAUD ini merupakan cabang dari PAUD Plus Sakinah di Bale Endah (kalau enggak salah), jadi kalau soal materi sepertinya saya tidak perlu khawatir. Sayang, kelas antara murid playgroup dan murid TK tidak dipisahkan :( Entah karena ruangannya tidak ada, entah karena muridnya tidak mencukupi kuota, entah kenapa. Semua kegiatan dilakukan di dalam ruangan. Selain itu, saya agak kurang sreg karena jadwalnya setiap hari. Apa anak enggak akan bosen yah? Alesan, padahal sayanya aja yang males hihihi...

PAUD A Ba Ta Tsa
Alamat:
Komp. Pasir Pogor Jl. Pasir Suci No. 7
Telepon 0227566992, HP 082120800887

Biaya (tahun 2013):
Sumbangan pendidikan Rp 150.000
Kreatifitas Rp 10.000
Seragam sekolah Rp 270.000
Buku paket Rp 100.000
Peralatan sekolah Rp 40.000
SPP setiap bulan Rp 30.000
Total Rp 600.000

Kesan: Langsung dicoret dari daftar calon playgroup untuk Jav. Udah semua kegiatan dilakukan di dalam ruangan, gelap pula. Jav sampai enggak mau lepas dari saya waktu kami mencoba masuk ke dalam :D

Rumah Maen
Alamat:
Jl. Pasir Suci Barat No. 15
Telepon 02270247094, HP 085321466473

Biaya (tahun 2013):
Administrasi pendaftaran Rp 50.000
Pakaian Rp 150.000
Buku dan alat tulis Rp 250.000
SPP per bulan Rp 75.000
Pengembangan pendidikan Rp 450.000
Total biaya pendaftaran Rp 975.000

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kesan: Waktu itu sempet ngintip kegiatannya. Gurunya cukup ramah dan interaktif. Walaupun semua kegiatan dilakukan di dalam ruangan, tapi kegiatannya berpindah-pindah ruangan, supaya anak enggak bosen.  

Al-Hikmah
Alamat:
Jl. Margamakmur No. 34
Telepon 0227511999, HP 081573300123

Biaya (tahun 2014):
Biaya pendafaran Rp 100.000
Pengembangan bangunan Rp 600.000
Seragam Rp 400.000
SPP bulan Juli Rp 200.000
Aktifitas outdoor-indoor Rp 600.000
Perlengkapan anak Rp 600.000
Parenting dan kesehatan Rp 200.000
Total Rp 2.750.000

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Kesan: Untuk ukuran Kota Bandung, biaya di sini masih relatif murah. Tapi untuk ukuran Ciwastra, fiuh lumayan mahal juga yah heuheu... Tapi memang ada harga ada rupa. Tempatnya luas dan nyaman, dilengkapi dengan halaman yang luas untuk tempat bermain anak. Jav langsung teriak ingin 'sekolah' di sini hihihi... Sayang, lokasinya agak jauh dari rumah :(

Tinggal lanjut ke tahap selanjutnya nih. Nyobain trial di beberapa tempat :)

35 comments :

  1. Jadi Jav, masuk dimana ni? kalau baca postingannya...sepertinya condong ke rumah maen,ya?

    ReplyDelete
  2. Iya nih.. belum hunting Playgroup juga buat Dzaky.. :(

    ReplyDelete
  3. Haiii Jav...apa kabar, PAUD di sini uang masuk tahun lalu mpe 900.000 ribu, jadilah tahun ini Faiz langsung masuk TK sajah..hihii

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg pengennya gt, lgsg masuk TK aja pas nanti umurnya 5taun, ky saya hihihi.. tp kasian ga punya temen..

      Delete
  4. wahh Jav udah mau paud yaa... ditunggu ulasan selanjutnya mbak, buat belajar cara memilih paud hehehe

    ReplyDelete
  5. Masya Allah, seperti inilah perjuangan ibu untuk anaknya. Semoga Jav mendapatkan tempat yang layak ya, mba. Aamiin...

    ReplyDelete
  6. MUngkin karena properti di Bandung sudah mahal ya mak, jadi kegiatan dipusatkan dalam kelas. Kalau di Jogja masih banyak playgroup dengan halaman luas & nggak mahal. Etapi gak tau sekarang ya. Terakhir punya anak playgroup 8 tahun lalu heheeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sepertinya begitu..
      3 dr 4 playgroup yg saya survei tempatnya di rumah pemiliknya, memanfaatkan yg ada heuheu..

      Delete
  7. wah ternyata mahal ya biaya untuk playgroup....

    ReplyDelete
  8. sikecil dah minta sekolah..belum sempat hunting skul paud nih..kayaknya mau ikutan hunting juga deh..

    moga ketemu paud yang cocok ya mba lia

    ReplyDelete
    Replies
    1. aamiin.. makasih :)
      coba deketan, bisa hunting bareng hihihi..

      Delete
  9. harga yg pengertian hehehehe



    silahkan mampir di http://www.tokokita.com/
    sapa tau ada yg dibutuhkan untuk belajar anak-anak anda
    makasih

    ReplyDelete
  10. Eeeh, udah mau sekolah ajah si kecil.
    Pilih yg kira2 nyaman, aman, dket rumah tur murah, Mba. Hahahaaha

    Tahap mencari fakta2 dr yg udah brpengalaman skolah di playgroup. :D

    ReplyDelete
  11. Wah kudu per tahun ajaran baru ya teh... Baru tau saya, soalnya di Balikpapan ada paud tempat anak saya Rizi bebas kapan aja masuk asalkan belon penuh gitu.

    ReplyDelete
  12. SPP perbulannya masih murah mbak Lia. Kalo Jogja udah mahal pakai banget!

    ReplyDelete
    Replies
    1. di bandung jg mahal bingits kok mba.. yg saya survei ini lumayan murah soalnya di sekitaran komplek rumah (pinggiran bandung) :D

      Delete
  13. Mudah2an ketemu yang cocok ... asyik Jav sudah mau sekolah :)

    ReplyDelete
  14. saya ada recomendasi ada paud tk daerah ciwastra murah.tempat belajar di dlm ruangan emang ga dipisah paud A dan B.kalo tk dipisah.halaman luas banget dan tdk bahaya krn dalam komplek.daerah pandan wangi paud mawar dan melati biayanya cuma 300 ribu sdh semua.kalo yg mawar 600 an.seragam 2 stel

    ReplyDelete