Monday, March 10, 2014

Macaroni Schotel Spesial

Lagi-lagi Macaroni Schotel hihihi... Tapi yang ini beda. Kenapa? Karena di atasnya dikasih topping Saus Bechamel. Pokoknya spesial deh :)

Dok. Pribadi
Bahan Schotel:
  • 100 gr macaroni spiral
  • 1 siung bawang bombay, potong kecil
  • 100 gr daging ayam cincang
  • 100 gr wortel, potong kecil
  • 2 butir telur ayam
  • 150 ml susu cair
  • 2 sdm tepung terigu
  • 100 gr keju cheddar, parut
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Oregano secukupnya
  • Mentega secukupnya
Bahan Saus Bechamel:
  • 1 sdm tepung terigu
  • 100 ml susu cair
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Lada secukupnya
  • Oregano secukupnya
  • 50 gr keju cheddar, parut
  • Mentega secukupnya
Cara Membuat:
  • Rebus macaroni.
  • Sambil menunggu macaroni matang, tumis bawang bombay hingga layu.
  • Masukkan daging ayam dan wortel, tumis hingga matang.
  • Kocok telur.
  • Tambahkan susu cair, macaroni, tumisan ayam dan wortel, terigu, keju, serta bumbu. Aduk hingga tercampur rata.
  • Tuangkan ke dalam pinggan tahan panas yang sudah diolesi mentega.
  • Kukus selama 20 menit.
  • Sambil menunggu schotel matang, lelehkan mentega.
  • Tuangkan susu cair dan masukkan terigu.
  • Tambahkan bumbu dan keju, lalu aduk hingga rata.
  • Tuangkan saus  ke atas schotel yang sudah matang.
  • Panggang selama 15 menit.
Dok. Pribadi
Rasanya, cheesy banget... Yummie!

Tapi gara-gara si schotel ini, sempet terjadi kehebohan. Ceritanya, saya lagi nyoba pinggan tahan panas yang baru. Biasanya dengan ukuran bahan di atas, porsinya pas untuk empat buah ramekin kecil. Tapi dengan pinggan baru ini, ternyata hasilnya penuh banget. Jadi, waktu schotelnya dipanggang dan sausnya mulai mendidih, mentok dong kena pemanggang di bagian atas (maklum, soalnya ovennya mini hehe). Keputusan saya untuk segera mengeluarkan schotel dari oven ternyata salah, karena malah membuat sausnya nyangkut di pemanggang dan akhirnya kebakar!

Saya panik banget dong liat api menyala di dalam oven. Takut tiba-tiba meledak hiks... Terpaksa deh bangunin suami yang lagi tidur siang. Tapi waktu suami saya sampai di dapur, apinya udah mati. Alhamdulillah... Fiuh! Tinggal bau gosongnya yang menuhin udara di rumah heuheu...

Serem :( Jangan sampai deh, kejadian kaya gitu lagi...

18 comments :

  1. uwaaaaaaaaa..mauuuuuuuuuuuuu huhuhuhuhu,enakkkk >_<

    ReplyDelete
  2. Huwaaa.... uenak banget... ngiler nih mak... hehehe
    Dikukus bisa gak mak?

    ReplyDelete
  3. siang2 gini baca postingan makanan, suer langsung laperrr

    ReplyDelete
  4. Selamat siang Teh Nathalia sepertinya enak sekali yah Teh'
    Macaroni nya, saya belum pernah nyoba. makasih atas berbaginya :)

    ReplyDelete
  5. enaknya dinikmati bersama keluarga hehe

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. nih tangkep! *lempar pinggan kotor, soalnya schotelnya udah abis* :D

      Delete
  7. pengen nyoba akh resepnya mak, kayanya yummyy....

    ReplyDelete
  8. nampak lezat ya mbak :) di coba ah makasih ya.

    ReplyDelete