Tuesday, April 29, 2014

Masakan Spesial untuk Suami

Beberapa waktu yang lalu, saya dapet kiriman ikan mujair banyak banget dari balong ayah saya. Saking banyaknya, suami saya sampai bosen, karena ikannya digoreng lagi digoreng lagi. Padahal saya doyan banget ikan goreng.

Akhirnya suami minta dimasakin ikan campur soun yang suka dibikinin ibunya, makanan favoritnya suami. Karena enggak tau resepnya, saya mencoba menghubungi ibu mertua. Sayangnya enggak berhasil. Di-SMS failed, ditelepon ke ponsel enggak nyambung, ditelepon ke rumah enggak ada yang angkat. Browsing di internet juga enggak membuahkan hasil, karena saya enggak tau masakan seperti itu apa namanya.

Berbekal nekat, saya pun mencoba membuatnya dengan resep kira-kira.

Dok. Pribadi
Bahan:
  • Ikan mujair yang sudah dipotong-potong dan diberi garam, dan digoreng.
  • Soun yang sudah direndam air hangat
  • Daun salam
  • Serai, iris tipis
  • Bawang daun, iris tipis
  • Garam
  • Merica

Bumbu yang dihaluskan:
  • Bawang merah
  • Bawang putih
  • Lengkuas
  • Jahe
  • Tomat
  • Cabai merah

Cara membuat:
  • Tumis bumbu halus, daun salam, dan serai
  • Tambahkan ikan goreng, aduk hingga tercampur rata
  • Masukkan soun dan daun bawang
  • Tambahkan garam dan merica secukupnya
  • Masakan siap disajikan bersama nasi putih hangat

Dok. Pribadi
Rasanya? Enak! Enggak kalah sama masakan ibu mertua. Menurut saya sih, enggak tau kalau menurut suami hihihi...

Tidak lama setelah itu, saya berkesempatan melihat ibu mertua membuat masakan ini. Ternyata resepnya lebih sederhana. Cabai merahnya lebih banyak, tapi tanpa lengkuas, daun salam, serai, dan daun bawang. Selain itu, setelah bumbunya ditumis dan ditambah ikan goreng, ditambahkan air dulu dan dimasak hingga airnya menyusut. Setelah itu baru ditambah soun. Saya pribadi sih lebih senang memasaknya dengan cara kering versi saya. Lebih tahan lama :)

16 comments :

  1. Asikk dpet resep baru..coba ah kpn2 ;)

    ReplyDelete
  2. wah baru tau akalo ikan dicampur soun gini...yummy bgt jadi ngiler nih

    ReplyDelete
  3. subhanallah Teh Nathalia saking Setianya pada suami
    Sampai menyiapin makanan specialnya, dan di share juga
    Perlu di tiru, Istri saya agar bisa memanjakan saya hhhe
    Makasih yah Teh..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah beginilah, berusaha meskipun kemampuannya masih pas2an hihihi

      Delete
  4. seneg rasanya bisa menghidangkan makan olahan sendiri untuk suami :D
    wah kalo gitu terimakasih untuk resepnya.

    ReplyDelete
  5. Kreatif ya. Saya malah baru tahu ada mujair bertabut soun, Mba. :D

    Suami udah gak bosyen lagiiih dongs.

    ReplyDelete
  6. Wah.... enak nih kayaknya. Jangan suaminya, aku aja ngileeer. :)

    ReplyDelete