Tuesday, June 10, 2014

Trip to Jogja #4: Bakpia Favorit


Siapa yang enggak tau bakpia? Pasti tau dong yah. Selain gudeg, bakpia juga merupakan makanan oleh-oleh khas Jogja. Kue yang rasanya legit ini terbuat dari kacang hijau yang dibungkus dengan tepung, lalu dipanggang. Padahal, bakpia berasal dari bahasa Cina yaitu 'bak' yang berarti daging dan 'pia' yang berarti kue. Jadi bakpia adalah kue yang berisi daging. Namun, karena banyaknya masyarakat Jogja yang beragama Islam, maka isi bakpia yang pada awalnya berupa daging babi, diganti dengan kacang hijau.

Katanya, belum ke Jogja kalau belum beli bakpia. Begitu juga dengan keluarga kami. Makanya, sebelum menghadiri acara pernikahan, kami pun menyempatkan diri untuk belanja bakpia dulu.

Ditemani kakak sepupu, toko bakpia yang lebih dulu kami kunjungi yaitu Bakpia Kencana. Lokasinya berada di Pusat Oleh-Oleh Ambarketawang di Jalan Wates. Selain menyediakan bakpia original yang berisi kacang hijau, juga terdapat pilihan rasa lain seperti keju, cokelat, susu, ubi ungu, dan kumbu hitam. Karena tidak mengandung bahan pengawet, maka bakpia ini hanya tahan hingga lima hari saja. Nah, kalau ingin yang lebih tahan lama, pembeli bisa memilih bakpia crispy. Bakpia isi cokelat dan keju ini bisa tahan hingga sepuluh hari. Semua pilihan isi dapat dibeli dengan harga Rp 30.000 per kotak (isi 20 buah). Kecuali bakpia keju dan bakpia crispy yang harganya Rp 32.000 per kotak.

Dok. Pribadi
Favorit saya yaitu bakpia isi keju dan bakpia isi ubi ungu. Sebenarnya, selain di sini, ada juga toko lain yang menjual bakpia isi ubi ungu. Jenis bakpianya kering. Saya sih lebih senang yang ini, karena isinya terasa sangat lembut.

Dok. Pribadi
Sambil berjalan kembali menuju arah pulang, kami juga mampir dulu di Bakpiapia. Lokasinya masih berada di Jalan Wates, tepatnya di Ruko Bayeman Permai. Selain di sini, toko ini mempunyai sembilan outlet lain.

Dok. Pribadi
Bukan hanya desain toko dan kemasannya yang terlihat unik dan modern. Kulitnya renyah, serta pilihan isinya pun memberikan sensasi yang berbeda. Selain yang single seperti kacang hijau, keju, cokelat, ada juga yang blasteran seperti blueberry cheese, cappucino, janggut naga (abon sapi), cokelat blasteran (cokelat campur kacang hijau), keju blasteran (keju campur kacang hijau), pisang keju, nanas, durian, dan lain-lain. Harganya Rp 30.000 per kotak (isi 12 buah). Bakpiapia terasa spesial karena memadukan cita rasa klasik dan modern. Makanya, wajar apabila bakpia ini pernah menjadi hidangan resmi dalam acara royal wedding di Keraton Jogja. Karena tidak menggunakan bahan pengawet, bakpia ini juga hanya tahan hingga lima hari.

Dok. Pribadi
Favorit saya yaitu blueberry cheese dan cappucino. Namun rupanya saya harus kecewa karena waktu itu blueberry cheese-nya sedang kosong hiks... Karena bingung, akhirnya saya memilih kotak yang berisi berbagai campuran rasa. Oiya, Bakpiapia ini menyediakan layanan pesan antar juga. Bisa enggak yah diantar ke Bandung? Hihihi...

23 comments :

  1. Bakpia memang oleh-oleh wajib kalo ke Jogja.

    ReplyDelete
  2. Wah belum nyoba yang ini. Bentuknya lucu2 ya. Biasanya aku beli Kurnia Sari. Kalau yg group Pathuk udah nggak pernah beli lagi, tambah kecil & keras hihihiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi kpn ya trakhir beli bakpia pathuk, udah ga inget :D

      Delete
  3. Ini bakpianya yang kering ya mbak? sepertinya enak hehhee

    ReplyDelete
  4. Waaah kayaknya enak bakpianya. Aku biasanya beli yg bakpia kurnia

    ReplyDelete
  5. Waah..., boleh juga neh tambahan referensinya, Kencana ya, sebab biasanya saya suka beli Kurnia bila untuk oleh-oleh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya jg sering dengernya kurnia, tp malah blum sempet nyoba...

      Delete
  6. Seperti teman2 yg lain, saya belum pernah nyobain Bakpia yg ini. Varian bgtt ya, Mba.

    ReplyDelete
  7. Di Bogor juga ada bakpia khas.... bakpia talas hehehe

    ReplyDelete
  8. Terakhir ke Yogya, beli 4 kotak bakpia dengan beragam merk. Yang enak bakpia kurnia, yang ini belum nyobain. Titip ya kalo ke Yogya lagi .. hihihi

    ReplyDelete
  9. sekarang rasa bakpia macam2 ya mbak

    ReplyDelete
  10. kelihatannya uenak banget tuh bakpia. :9

    ReplyDelete
  11. Samaaa! *toss dulu..
    Saya juga paling suka yang ubi ungu, dan enaknya lagi bisa nyobain langsung dsana hehe

    ReplyDelete
  12. Enak banget bund yang bakpia kencana....
    Nggak mungkin kecewa sama rasanya...

    ReplyDelete