Monday, August 25, 2014

Jav Belajar Menempel - Transportasi

Malam Rabu minggu kemarin, Jav demam. Tidurnya enggak nyenyak, soalnya batuk-batuk juga. Makanya hari Rabunya saya putusin Jav enggak usah sekolah dulu, supaya dia bisa bener-bener istirahat. Soalnya kalau sekolah, Jav suka enggak sadar diri meskipun lagi sakit. Hobinya lari-lari dan panas-panasan melulu. Ya namanya juga anak-anak….

Tapi saya juga enggak mau Jav bengong aja di rumah. Jadi, saya siapin deh proyek sederhana ini.

Bahan:
  • Potongan gambar alat transportasi (saya potong dari kertas kado sisa)
  • Kertas kalender bekas (untuk digunakan bagian belakangnya)
  • Pensil warna
  • Lem
Hasil potongan dari kertas kado sisa (Dok. Pribadi)
Cara Membuat:
Awalnya, saya menggambar sedikit clue di kertas. Saya bagi tiga bagian. Di bagian atas saya menggambar awan dan matahari, di bagian tengah saya menggambar rambu lalu lintas, sementara di bagian bawah saya menggambar ikan dan kerang. Setelah siap, saya ajak Jav untuk menempel gambar-gambar kendaraan sesuai tempatnya.

Jangan diketawain yah, saya memang enggak jago menggambar :p (Dok. Pribadi)
Manfaat:
  • Melatih kemampuan motorik halus serta koordinasi antara mata dan jari tangan. Wuih, sambil ngobrol, Jav serius banget mengoles lemnya. Walaupun belum terlalu rapi, tapi lumayan enggak terlalu berantakan juga, padahal baru dua bulan saya mengenalkan lem pada Jav.
  • Melatih kemampuan kognitif dan logika. Bahwa kapal laut beroperasi di laut dan pesawat beroperasi di udara. Sebenarnya, perihal beginian sih Jav udah khatam sejak lama.
  • Melatih imajinasi. Saya agak kaget waktu ada dua gambar mobil yang ditempel Jav dengan posisi yang enggak wajar. Saya tidak melarangnya. Biar Jav menempel sesuai imajinasinya dulu.
  • Melatih kemampuan komunikasi dan argumentasi. Walaupun saya membiarkan Jav menempel dua gambar mobil dengan posisi yang enggak wajar, tapi saya tanya sama Jav, "Kenapa nempel mobilnya kok numpuk-numpuk gitu? Kebalik lagi…." Ternyata jawabannya karena mobilnya lagi tabrakan heuheu….
  • Tambahannya, bisa untuk belajar mengenal warna dan menghitung juga.
Lidahnya, hihihi.... (Dok. Pribadi)
Serius (Dok. Pribadi)
Lumayan, Jav bisa duduk manis meskipun hanya setengah jam. Dengan begini, Jav bisa tetap bermain sambil belajar tanpa perlu beraktivitas terlalu berat.

Hasilnya (Dok. Pribadi)
Biasanya Jav main beginian sesuka hati dan sesuai mood bundanya, bahan-bahannya pun seadanya aja. Nah, niatnya sih mulai sekarang mau dijadikan rutinitas, minimal seminggu sekali. Bahan-bahannya disiapin secara khusus dan ada temanya, meskipun tetap memanfaatkan bahan yang ada di rumah. Mudah-mudahan bisa jalan terus :D

21 comments :

  1. uwaaa.jadi inget pas ngajar PG tahun lalu,hickz...makin pintar ya jav :)

    ReplyDelete
  2. Iya nih, kreatif mbak.... Jav pinter, benar semua tempatnya hehehe

    ReplyDelete
  3. Jav beruntung punya mama yang kreatif. semoga Jav sudah sembuh ya skearang. Mbak maaf aku baru bisa bw lagi

    ReplyDelete
  4. oh indahnya dunia anak-anak.
    seneng banget kalau anak bisa melakukan sesuatu hal yang bagi kita mah pekerjaan mudah, tapi bagi mereka mah..dengan susah payah baru bisa melakukannya....bangga yea.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul, dr tadinya ga mau kotor megang lem, sampai udah mahir ngelem :D

      Delete
  5. Wah ada kereta kereta juga ya. Hiheiheie Anak saya , Abbie, waktu masih kecilnya sangat suka sama apa saja yang berbau "KERETA API" mulai dari mainan dan segala macam. Sampai tontonan pun maunya yang ada kereta api jadilah anak saya suka sama THOMAS and HIS FRIENDS. Kereta semuanya itu. Thoms, Persi, Pengawas Gendut dll

    ReplyDelete
    Replies
    1. jav jg sempet seneng bgt sama si thomas, videonya sampe diputer puluhan kali :))

      Delete
  6. pintar dan kreatif, pasti ibunya lebih pintar dan kreatif jadi menurun ke anaknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. justru ibunya berusaha kreatif spy anakny lbh kreatif :D

      Delete
  7. itu gambar-gambarnya bagus-bagus tuh keretanya.....

    ReplyDelete
  8. Pinter buat polanya eeeh. . .
    Sehar selalu ya, Jav. . .

    ReplyDelete