Tuesday, September 23, 2014

Bola-Bola Nasi

Udah cukup lama kepingin bikin Arancini wanna be ini. Tapi kebanyakan malesnya daripada semangatnya. Kebetulan hari Minggu pagi kemarin ada nasi sisa. Daripada bikin nasi goreng lagi, bosen, mending coba bikin bola-bola nasi. Resepnya modifikasi dari Dapur Hangus. Enggak ada ayam cincang, diganti sama kornet. Enggak ada keju quick melt, keju cheddarnya aja dibanyakin.

Dok. Pribadi
Bahan:
  • 2 centong nasi dingin
  • 1 bungkus kornet
  • 1 buah bawang bombay, cincang kasar
  • 1 siung bawang putih, cincang halus
  • Garam secukupnya
  • Merica secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Oregano secukupnya
  • Air secukupnya
  • 60 gr keju cheddar, parut
  • 2 butir putih telur, kocok
  • Tepung roti secukupnya

Cara Membuat:
  • Tumis bawang bombay sampai harum dan layu, baru tambahkan bawang putih.
  • Masukkan nasi dan kornet.
  • Tambahkan garam, merica, dan gula, lalu aduk hingga rata.
  • Tambahkan air, aduk hingga air menyusut.
  • Masukkan keju dan oregano, campur hingga rata.
  • Setelah agak dingin, bentuk bola-bola.
  • Celupkan ke dalam telur lalu gulingkan di tepung roti.


Dok. Pribadi
Sebenarnya saya paling males kalau masak ada acara celup-celup dan guling-guling begini. Ribet. Tapi alhamdulillah, keribetan itu terbayar ketika melihat Jav makan sendiri dengan sangat lahap. Dia tau itu nasi. Jadi bukan ngumpetin nasi, hanya penyajiannya aja yang berbeda. Lain kali kalau bikin lagi mau coba pakai keju quick melt ah. Pasti lebih mantep.

22 comments :

  1. Aiiih gampang yaa... mauuuu.. makasih mbaa resepnya :-*

    ReplyDelete
  2. Makanannya praktis.. Cocok nih buat dijadikan bekal

    ReplyDelete
  3. aish,sering dneger bola2 nasi,tp arancini baru denger....pasti jav seneng,nasi ngumpet :)

    ReplyDelete
  4. Mau coba ah.. Kynan juga lagi malas makan nih, sepertinya bosan lah emaknya udah jarang bikin makanan yang menarik hehhe

    ReplyDelete
  5. Tempatku susah cari oregano :( Bisa diganti yang lain nggak mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. di resep asli pake oregano + parsley, saya jg ga ada parsley pake aja yg ada hihi... kayanya gapapa ga pake oregano, cmn ngaruh ke aroma aja kok...

      Delete
  6. Mestinya sangat cocok buat sarapan si kecil neh, selain simpel dibawa juga... trims triknya...

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  7. Lagi mikir, di Banjar ada yang jualan kornet gak ya. Hihihi

    Jav makannya lahap. Makin sehat ya, Jav-a. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga harus kornet mba, ganti aja sama ayam/sapi cincang :)
      makasih ya tante...

      Delete