Saturday, September 20, 2014

Bukan Sekadar Toko Online

Yummy Mommy Shop
Udah pada tau Yummy Mommy Shop belum? Kalau belum, ayo coba main-main ke sana hihihi…. Yummy Mommy Shop merupakan toko online yang saya bangun sejak bulan Mei tahun 2011.

Berawal dari hobi belanja cloth diaper secara online untuk Jav, akhirnya saya pun membuka toko online sendiri yang menjual cloth diaper. Sebelumnya, saya bisa menghabiskan waktu berjam-jam stalking toko-toko online yang menjual cloth diaper. Motifnya lucu-lucu sih, bikin lapar mata dan dompet tersiksa…. Daripada uang belanja habis untuk memborong cloth diaper, mending saya yang jual aja. Selain mendapat cloth diaper dengan harga spesial, bisa menambah pemasukan tambahan juga, hohoho :D

Hmmm, tapi bisa disebut toko online enggak yah? Soalnya saya enggak punya website khusus untuk berjualan. Saya membuat akun Facebook baru untuk memamerkan katalog produk yang saya jual. Selanjutnya, tanya jawab dan kesepakatan jual beli dengan konsumen bisa dilakukan melalui Facebook, SMS, atau Whatsapp. Online juga kan ya? ;)

Sistemnya dropship. Sebagai ibu rumah tangga dengan seorang bayi tanpa  bantuan asisten, mobilitas saya kan terbatas. Sistem ini menguntungkan bagi saya karena selain tidak memerlukan modal awal untuk menyetok barang, saya juga tidak perlu menyisihkan waktu dan ongkos untuk bepergian membeli dan mengirim barang dagangan. Ketika ada pembeli, barang langsung dikirim dari supplier dengan nama pengirim atas nama toko online saya. Tentunya saya memilih supplier yang profesional dan terpercaya dong. Syukurlah, dengan begitu pemasukan terus bertambah tanpa perlu ribet.

Sekarang ini, saya sudah tidak menjual cloth diaper lagi. Beralih ke kaos yang bisa dipersonalisasi untuk anak-anak, serta busana muslim untuk ibu-ibu muda. Yang pasti, masih menggunakan sistem dropship.

Toko Online Impian
Toko online yang saya miliki itu sebenarnya hanya sebuah batu loncatan untuk toko online impian saya yang 'sesungguh'-nya. Saya berharap bisa mempunyai toko online yang bukan hanya sekadar menjual barang. 

Produk. Busana muslim. Lengkap mulai dari kerudung, gamis, celana, tas, sepatu, hingga aksesori lainnya seperti kalung, gelang, kaca mata, sampai jam tangan.

Target pasar. Ibu-ibu muda dengan tingkat ekonomi menengah.

Sistem. Menyetok barang. Berburu barang-barang berkualitas pasti seru dan memberi kepuasan tersendiri.

Kelebihan. Ini nih yang paling penting. Toko yang menjual busana muslim, banyak. Toko yang menjual kerudung, banyak. Toko yang menjual aksesori, lebih banyak lagi. Tapi toko yang menjual semuanya, hmmm, sepertinya masih bisa dihitung dengan jari. Jadi, saya akan menjual busana muslim lengkap dari ujung rambut hingga ujung kaki. Eits! Bukan hanya itu. Calon toko online saya ini juga mempunyai fitur mix and match untuk membantu para konsumen dalam memilih busana.

Ide ini muncul dari pengalaman pribadi. Biasanya saya sulit mendapatkan satu setel busana muslim dalam sekali waktu belanja.  Misalnya nih, saya sudah membeli kaos berwarna putih-ungu muda di sebuah toko. Namun, saya tidak bisa mendapatkan cardigan, celana, dan kerudung dengan warna yang senada di toko yang sama. Saya harus berkeliling dari satu toko ke toko yang lain, untuk mendapat satu setel pakaian yang sesuai dengan yang saya harapkan. Itupun belum tentu dapat. Melelahkan! Baik toko offline maupun toko online sama saja.

Makanya, saya ingin sekali mempunyai toko online yang tidak hanya menjual pakaian (lalu selanjutnya terserah anda), tetapi menyediakan juga alternatif pelengkapnya. Dengan begitu, pembeli tidak perlu repot mencari ke toko lain.

Sistemnya mirip seperti toko buku online. Saat pembeli memilih buku dengan genre tertentu, biasanya pembeli juga akan diberi rekomendasi buku-buku lain dengan genre yang sejenis. Begitu juga dengan calon toko online saya ini. Jadi, saat pembeli memasukkan salah satu pakaian di keranjang belanjanya, akan muncul rekomendasi beberapa pilihan pelengkapnya baik yang warna dan motifnya senada maupun kontras. Dengan fitur mix and match, pembeli sendiri yang akan memilih setelan pakaian yang sesuai dengan gaya dan kepribadiannya.

Misalnya, pembeli memilih rok warna hitam, maka alternatif pelengkapnya akan muncul seperti ini (Sumber)
Website Toko Online Impian
Ide sekeren apapun akan menjadi percuma apabila dieksekusi secara asal-asalan. Fitur-fitur toko online yang saya jelaskan di atas tidak mungkin terealisasi apabila  saya masih berjualan di Facebook. Makanya calon toko online saya harus mempunyai 'rumah' sendiri.

'Rumah' tersebut berupa website toko online yang:
  • Tampilannya elegan, hangat, dan profesional.
  • User friendly.
  • Mobile friendly.
  • Dilengkapi dengan prosedur yang jelas (tata cara menggunakan fitur pencarian, tata cara menggunakan fitur mix and match, tata cara pemesanan, tata cara pembayaran, tata cara pengiriman).
  • Fitur pencarian yang lengkap (berdasarkan merk, warna, jenis bahan, ukuran, dan lain-lain).
  • Setiap produk dilengkapi dengan keterangan (detail ukuran, jenis bahan, cara pencucian, dan lain-lain).
  • Apabila masih memilih-milih, pembeli tidak perlu log in.
  • Responsif. Semua notifikasi baik pemesanan maupun pertanyaan dari konsumen, langsung terkirim ke kontak saya.

Pengetahuan saya mengenai bagaimana membuat website toko online agar sesuai dengan yang sudah saya jabarkan tersebut, nol besar. Untungnya, saya masih bisa belajar dari bukunya Mbak Carolina Ratri yang berjudul "Sukses Membangun Toko Online". Di buku itu, seluk beluk membangun toko online dibahas secara tuntas. Misalnya seperti bagaimana cara membuat dan mempercantik tampilan toko online, bagaimana cara meningkatkan kunjungan ke toko online, juga bagaimana cara memanfaatkan media sosial sebagai alat promosi. Lengkap!

Buku wajib (Sumber)
Semoga setelah membaca buku ini, toko online impian saya bisa segera terwujud :)

~~~


16 comments :

  1. mobile friendly dan tak perlu login dulu kl msh lihat2. asyik maak...

    ReplyDelete
  2. Sekarang toko online semakin banyak jadi saingan juga smeakin banyak juga ya.. sukses juga buat toko online nya Mbak..

    ReplyDelete
  3. Aku juga mupeng punya Ol shop bang. Mudah2an segera terwujud ya mbak

    ReplyDelete
  4. q dulu setaun njalani ol shop handmade,sejak ngajar nggak nerima pesanan lagi,belum niat haha...semoga terwujud ya mbk aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... emang hrs bener2 niat yah, spy bisnisnya jln ;)

      Delete
  5. wuih... ternyata punya toko online juga... saya pengen punya toko online juga tapi blm kesampean aja :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo blanja di toko online saya *malah promosi* hihihi...

      Delete
  6. Idenya mix and match itu kerennnnn ^_^
    Makasih yaaa, udah ikutan Lia :-*

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih mba...
      tp masih kurang keren utk memikat hati para juri :p

      Delete
  7. Semoga terwujud ya :) Dulu aku punya "Toko Kecil Indi", tapi berhubung ada kesibukan lain stop dulu, deh, hihihi :)

    ReplyDelete