Monday, September 1, 2014

Menggambar Menggunakan Es

Selamat hari Senin! Selamat hari pertama di bulan September! Gimana weekend-nya? Kalau Jav sih, selain siangnya main ke rumah eninnya di Cimahi, paginya nyobain menggambar pakai es. Saya udah siapin esnya sejak sehari sebelumnya. Jadi tinggal dikeluarin dulu sebentar, langsung bisa dipakai deh :)

Masih cair (Dok. Pribadi)
Bahan:
  • Cetakan es
  • Air
  • Pewarna makanan
  • Tusuk gigi
  • Kertas
Udah beku, siap dipakai (Dok. Pribadi)
Cara Membuat:
  • Isi cetakan es dengan air.
  • Tambahkan 1 tetes pewarna makanan, aduk.
  • Simpan di dalam freezer hingga setengah beku.
  • Tambahkan tusuk gigi.
  • Simpan kembali di dalam freezer hingga membeku.
Warnanya manis :) (Dok. Pribadi)
Manfaat:
  • Mengenal aneka warna dan nama warna.
  • Melatih keterampilan motorik halus.
  • Melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan.
  • Meningkatkan daya imajinasi dan kreatifitas.
  • Mengenal perubahan sifat benda cair (membeku dan mencair).
Ungu... (Dok. Pribadi)
Berhubung persediaan pewarna makanan  di rumah cuma ada warna pink, biru, dan oranye, jadi variasi warna esnya juga terbatas. Tambahan warna hijaunya juga karena kebetulan ada essens pandan hihihi….

Jav udah antusias sejak saya mencampur warna-warnanya. Enggak sabar ingin esnya cepat beku. Yang pasti, saya wanti-wanti dia dulu, kalau es ini bukan untuk dimakan, tapi untuk menggambar.

Baris (Dok. Pribadi)
Pagi itu, matahari bersinar cerah. Saya ajak Jav menggambar di teras depan yang menghadap ke arah timur. Selain agar esnya cepat mencair, juga supaya Jav yang sedang pilek bisa sekalian berjemur.

Hasil gambar Jav, jelas abstrak. Salah satunya ketika dia menggambar dengan es warna hitam. Katanya gambar awan. "Kok awannya item?" tanya saya. "Gelap, mau ujan," jawabnya :D

Serius (Dok. Pribadi)
Kali ini Jav lumayan betah menggambar dengan es. Sekitar satu jam lebih. Saya ajak mandi juga enggak mau, karena masih asyik bereksperimen dengan campuran warna-warna.

Sayang, warnanya kurang tajam. Lain kali kalau bikin lagi, harus ditambah pewarnanya supaya hasilnya bisa lebih pekat.

Pelangi (Dok. Pribadi)
Referensi:
http://kidsactivitiesblog.com/54476/ice-painting

19 comments :

  1. sesuatu yg baru utk Jav ya... dan tentunya seru ya Jav... :)

    ReplyDelete
  2. kayak ice cream yg dari agar2 Mba haha
    kayaknya anak kudu diawasin kalau main ini..takut tergoda lalu dimakan :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa sih dimakan, soalnya pakai air mateng & pewarna makanan... cmn klo dimakan, trus ngegambarnya gagal dong yah :))

      Delete
  3. Baru dengar ide mengajarkan anak mennggambar dgn Es memang ide yg bagus ..namun baru dengar ini tuh ... tapi melihat foto Jav yg lumayan betah menggambar dengan es ... ide yg briliyan juga. Nice :P

    ReplyDelete
  4. Ide yang bagus dan baru inbi saya dengar ngajarin anak menggambar pake es :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. buat seneng2 aja, bukan supaya anak pinter menggambar :)

      Delete
  5. kreatif banget mbak, asal jangan lupa nanti di makan ya esnya :)

    ReplyDelete
  6. Eeeh, udah tau kalau awan gelap tanda mau ujan, ya. :)

    Jav serius banget gambarnya. . .

    ReplyDelete
  7. yeayyy..duh jd inget waktu ngajar anak PG hehe
    kapan2 suruh buatin bunda finger painting jav :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... pengen bikin, tp blum nemu pewarna yg ga nempel di kulit :D

      Delete
  8. Klo anak q ini dah diacak2 sesuai keinginan dia :)))

    ReplyDelete