Thursday, October 23, 2014

Ice Excavation: Menyelamatkan Hewan Laut

Senang sekali deh. Di antara semua permainan yang pernah saya sediakan untuk Jav selama ini, permainan ini nih yang paling seru dan menarik bagi Jav. Kelihatan sekali Jav sangat menikmatinya (selain mobil-mobilan tentunya). Bahan-bahannya, seperti biasa disesuaikan dengan yang ada di rumah.

(Dok. Pribadi)
Bahan:
  • Mainan plastik berbentuk hewan laut
  • Air
  • Wadah berbentuk balok untuk membekukan es
  • Wadah yang lebih lebar untuk mencairkan es
  • Garam
  • Air hangat
  • Ember kecil, botol semprot, garpu, sendok sayur, corong, obeng, tang, dan gergaji mainan

Cara Bermain:
  • Bekukan air dan mainan di dalam wadah. Inginnya sih menggunakan wadah yang besar supaya lebih seru, tapi freezer-nya enggak cukup :p
  • Setelah beku, keluarkan dari wadah. Saya membekukannya selama dua hari, karena membuatnya bertahap lapis per lapis supaya mainannya enggak berkumpul di satu tempat.
  • Permainan siap dimulai.

Bahan-bahannya (Dok. Pribadi)
Pertama, saya ajak Jav untuk merasakan suhu dan tekstur es. Anak mana sih yang enggak suka main-main sama es? Daripada menghabiskan stok es balok di freezer, mending main ini sekalian ;) Jav pun memperhatikan es tersebut dan hewan-hewan laut yang terjebak di dalamnya. "Kasihan ikannya kedinginan," kata Jav. "Kita keluarin, yuk!" ajak saya. "Yuk!" jawab Jav dengan penuh semangat. Pada pelaksanaannya sih dia sendiri yang sibuk dengan esnya, saya mah sibuk sama kamera :p

Saya beri tau Jav bahwa garam bisa membuat es mencair lebih cepat. Jav pun mulai menaburkan garam di seluruh permukaan es. Tekstur es pun langsung berubah. Saya ajak Jav untuk merasakan lagi tekstur es tersebut. Selain teksturnya yang berubah menjadi kasar, penampakannya pun terlihat lebih cantik, artistik :)

Shake shake shake! (Dok. Pribadi)
Kemudian saya ajak Jav untuk menyemprotkan air hangat agar esnya mencair lebih cepat lagi. Jav pun dengan telaten memasukkan air hangat ke dalam botol semprot menggunakan sendok sayur dan corong. Supaya mirip air laut, saya tambahkan pewarna biru dalam air hangatnya. Dan memang benar, setelah beberapa lama Jav menyemprotkan air hangat ke arah penguin, es yang mengelilinginya pun langsung mencair. Hore! Begitu terus, Jav mengeluarkan hewan-hewan laut satu per satu dari jebakan es.

Biarkan air hangat yang bekerja (Dok. Pribadi)
Di sela-sela keseriusan Jav menyemprot dengan air hangat, saya mengusulkan pada Jav untuk mencoba juga menggunakan cara lain. Jav pun mencoba menghancurkan es dengan jari-jarinya, susah. Mencongkel dengan garpu dan obeng, gagal. Menarik dengan tang, enggak berhasil. Memotong dengan gergaji, percuma. Ya iyalah, semuanya mainan dari plastik, hihihi.... Akhirnya dia menemukan bahwa cara paling mudah dan cepat untuk menghancurkan es yaitu dengan air hangat.

Coba-coba…. (Dok. Pribadi)
Beberapa kali jari-jari Jav terasa pegal karena terlalu bersemangat menyemprot air. "Ya udah, siram aja esnya dengan air hangat pakai sendok," ucap saya, merasa kasihan. Jav pun menuruti perkataan saya. Tetapi, karena sasaran menyiram  tidak setepat menyemprot, setelah pegalnya hilang, Jav pun kembali mencairkan es dengan cara menyemprotnya menggunakan air hangat.

Lumayan lama juga nih main-main beginian, sekitar satu setengah jam. Sampai-sampai jari-jari Jav keriput semua :D Padahal Jav menggunakan semprotan, sedangkan dari artikel yang saya baca malah memakai pipet dan suntikan. Wuih pasti lebih lama lagi serunya kalau mencairkan es dengan air hangat melalui pipet dan suntikan :D

Hasil 'kerja keras' :) (Dok. Pribadi)
Manfaat:
  • Mengenal sifat zat cair: membeku dan mencair
  • Melatih kemampuan sensoris: mengenal suhu (dingin dan hangat), mengenal tekstur (licin dan kasar)
  • Mengenal nama dan jenis hewan laut
  • Melatih keterampilan motorik halus: menaburkan garam, memindahkan air dari ember ke dalam botol, menggunakan botol semprot
  • Melatih kemampuan memecahkan masalah: memilih alat yang paling efektif untuk melepaskan mainan dari es
  • Melatih kesabaran

Lain kali mau mengajak Jav main yang seperti ini lagi ah. Mainannya dicoba diganti dengan dinosaurus…. Serasa film Ice Age deh ;)

Referensi:
http://happyhooligans.ca/melting-ice-with-salt-and-water/

28 comments :

  1. Waw.. banget deh sama bundanya Jav.. setiap permainan selalu dimasukin unsur positif buat ngelatih kreatifitas anak :)
    Calud dan top bingit deh mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. smua permainan anak, slalu ada unsur positifnya... asal diarahin aja ;)

      Delete
  2. Waaaa ini kreatif bangt ya Mba, dan gampang sekali. Mau aaah aku nyobaiiin sama aira. Thanks for sharing ya mba :*

    ReplyDelete
  3. ihhhhh suka deh,,,, jd pgn ikut2an hehehe

    ReplyDelete
  4. maak keren... kreatif banget sih dirimu? :) Jav pasti suka dan senang banget nih...

    ReplyDelete
  5. Perlu dicoba nih . Bisa buat mengisi kegiatan akhir pekan dengan ponakan dan bungsuku nih.

    ReplyDelete
  6. keren banget mbak percobaannya. aku cobain deh mbak nanti

    ReplyDelete
  7. Seruuuu, baiknya untuk anak umur berapa ini Mak? Jav udah gede yaa :)

    ReplyDelete
  8. serruuu,, idenya keratif banget mbak,, bisa di praktekin di rumah di,,, hayoo selamatkan biota laut....

    ReplyDelete
  9. waaaa idenya keren banget mbak...seru asik mainan sama adek Jav hehe wah mengedukasi sangat mbak...saya jadi keinget wah kalo ad ayg kejebak es para pendaki di gunung salju wah mesti udah beku kayak mainan laut itu yah hehe emng dah subhanallah banyak hikmah dan peljaran di balik kejadian y mba...seru mainnya kapan" ajak saya ya dek Jav hehe

    ReplyDelete
  10. Jav peka banget tuh, Mbak. Kasihan ikannya pada kedinginan, katanya. Hihihi

    ReplyDelete
  11. Waaah permainan edukatif nih. Bunda yang cerdas ceria! <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya buat ngisi waktu luang aja hehe. sebisa mungkin diisi sm yg bermanfaat :D

      Delete
  12. uwaaa ini mamanya keren banget sih,kreatif....oke catettt,pingin banget main ini

    ReplyDelete
  13. Waah keren dan kreaif deh bundanya Jav... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi jadi malu... ga kreatif, cmn rajin browsing aja :D

      Delete