Monday, October 20, 2014

Menikmati Suasana Jogja di Bakmi Jogja Bengawan

Sepulang dari acara launching Insan Music Store  kemarin, saya masih kepingin ngemil yang seger-seger. Sepertinya enak nih kalau makan bakso. Pilihan pun jatuh pada Cuanki Serayu. Tapi saya harus kecewa karena ketika tiba di lokasi, pengunjungnya sedang ramai sekali. Bahkan ada beberapa rombongan yang masih berdiri karena belum mendapat tempat duduk. Akhirnya suami memutuskan untuk pindah lokasi ke Bakmi Jogja Bengawan yang masih berada di sekitar situ.

Bakmi Jogja Bengawan (Dok. Pribadi)
Bakmi Jogja Bengawan ini tempat makan langganan saya dan teman-teman ketika masih kerja dulu. Terakhir ke sana sama suami waktu lokasinya masih di Jl. Bengawan (makanya namanya Bakmi Jogja Bengawan).

Dapur (Dok. Pribadi)
Walaupun pindah lokasi, tapi enggak ada yang berubah kok (kecuali porsi yang berkurang dan harga yang bertambah :p). Suasananya masih sama. Dapur berada di bagian depan, sedangkan tempat makannya di bagian belakang (ada yang indoor dan ada yang outdoor).

Suasana tempat makan indoor (Dok. Pribadi)
Begitu juga dengan rasa makanannya. Saya memesan Bakmi Nyemek (bakmi yang ada kuahnya sedikit), sedangkan suami memesan Nasi Goreng Mawut (nasi dan mi yang digoreng bersama). Dua-duanya enak. Tapi favorit saya dari dulu sih Nasi Goreng Mawut.

Bakmi Nyemek Rp 22.000 (Dok. Pribadi)
Nasi gorengnya bisa pilih yang tidak pedas, sedang, dan pedas. Kalau bakmi sih polos. Kalau ingin pedas, tinggal potong-potong cabai rawit yang sudah tersedia di setiap meja. Wuih segar. Apalagi ditambah acar. Suami biasanya bisa ngabisin satu stoples acar hihihi….

Nasi Goreng Mawut Rp 22.000 (Dok. Pribadi)

Minumnya, yang paling cocok dan paling nikmat ya Teh Poci Gula Batu. Porsinya cukup banyak. Walaupun hanya diberi dua cangkir, tapi tehnya cukup untuk tiga orang berkali-kali nambah (untuk Jav minta satu tambahan satu cangkir lagi, Rp 2.500). Diminum panas-panas, hmmm nikmat….

Teh Poci Gula Batu Rp 13.500 (Dok. Pribadi)
Satu lagi yang menjadi favorit kami di sini yaitu pisang goreng. Dulu sering bungkus pisang goreng ini untuk dibawa ke rumah. Pisangnya manis, dicocol gula palem, semakin enak. 

Pisang Goreng @ Rp 5.000 (Dok. Pribadi)
Makan di sini terasa banget suasana Jogjanya. Bukan hanya dari makanannya, tapi juga dari musik Jawa yang mengalun dari pengeras suara, kostum Jawa lengkap dengan blangkon yang dikenakan para pegawainya, serta papan yang menunjukkan kasir, toilet, mushala, dan lain-lain yang menggunakan huruf Jawa. Bahkan bahasa yang digunakannya pun Bahasa Jawa! Suami kan memesan minuman (saya lupa dia pesan apa), dijawab sama pelayannya "Mboten wonten." Suami (dan saya) enggak ngerti dan bertanya lagi "Mboten wonten?", lalu dijawab sama pelanyannya "Inggih." Suami kemudian mengkonfirmasi, "Enggak ada?", si pelayan mengangguk sambil menjawab "Inggih." Saya dan suami pun ber-oohh ria, sambil mengangguk-angguk hihihi....

Tulisan di depan toilet dan mushala (Dok. Pribadi)
~~~

Bakmi Jogja Bengawan
Alamat: Jl Riau No. 183 (Taman Pramuka)
Telepon: 022-7271356
Buka: Selasa-Minggu, pukul 11.00-22.00 WIB

55 comments :

  1. Wah, asyik tempatnya. Jogja banget. Penasaran kapan2 kalo ke Bandung pengen coba. Btw, itu tulisan jawa tolietnya latinnya SENTHONG

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata ada juga cabangnya juga Bakmi jogja itu yah Teh Nathalia,
      Kirain teh asli di Jogjanya,, nyatanya itu di Kota Bandung yang
      Menjual Bakmi Jogja, Kalau di Bandung deket ya dari Subang

      Delete
    2. ika: iya mbak, masaknya juga pakai areng... hooo, makasih mbak, nambah lg nih perbendaharaan bahasa jawa :)

      saud: nah saya kurang tau, ini cabang dr jogja atau bukan...

      Delete
  2. Belum pernah nyobain saya Teh, Bakmi Jogja Bengawan itu
    Padahal waktu saya ke Jogja, pernah lihat tuh plang Bakmi itu
    Kaya nya enak dengan cita rasa yang bisa mengingat nostalgia
    Masa lalu ya Mbak..? boleh saya nitip Bakmi jogja bengawanya Teh..?

    ReplyDelete
  3. wah, asyik ya, bakmi jawa itu makanan kesukaanku....

    ReplyDelete
  4. Mi nyemek-nyemeknya bikin ngiler. Hmm... beneran.

    ReplyDelete
  5. iihhhh jogja bangeddddd.............

    ReplyDelete
  6. aku mau bakmi gorengnya mbak :) apa kabar mbak? maaf baru bisa bw lagi

    ReplyDelete
  7. Masukin list kuliner pas liburan nanti ahhh

    ReplyDelete
  8. Wah, jadi penasaran. Ntar mampir ah ..

    ReplyDelete
  9. Aku yg di jogja mlahan gak prnh mampir ke sini yah

    ReplyDelete
  10. setiap kali pulang kampung ke jogja, ibue selalu maksa mampir untuk jajan Bakmi Bengawan selain tempatnya yang romantis, disanalah pertama kali kami berikrar untuk hidup semati.
    pokoknya mah Bakmi Jogja Bengawan makjleb banget lah buat kami mah.

    cur-cor kan deh tuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh di jogja ada bakmi bengawan juga yah? namanya sama hihihi...

      Delete
  11. berarti kalau lagi kangen Jogja tapi belum kesampean, ke Bandung dulu aja ya lebih deket :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... iya mak, bisa ngobrol bahasa jawa sepuasnya sama pelayannya :D

      Delete
  12. Kayaknya selain makanan yg eanak punya, suasananya kental sama budaya jawa njeh mbak :)
    Wah kapan2 juga bisa mampir, pas bertandang kesana..

    ReplyDelete
  13. wahhh enaknya bikin kenyang perut mbak hehe

    ReplyDelete
  14. Ini kuliner khas Jogja?
    Duh, kalo pas saya magang di Jogja harus nyobain nih :D
    *Nunggu kalo pacar lagi sambang. Harganya kurang bersahabat buat anak kos :D

    ReplyDelete
  15. Eh, ada juga ya bakmi jogja di Bandung, kalau main nanti mau mampir ah :)
    Walau sebenarnya nggak begitu heboh juga dengan Bakmi jogja, secara pedasnya kurang ok :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo mau yg pedes, di bandung banyak mie yg pedesnya gila2an :))

      Delete
  16. Begitulah makanan sekarang, porsinya makin dikit, harganya naik :)

    ReplyDelete
  17. kirain di Jogja..ternyata di Bandung toh?hehehe

    ReplyDelete
  18. Di Surabaya ada juga tempat makan seperti ini. Tapi namanya bukan Bakmi Bengawan. hmm.. tapi hampir sama sih menu dan harganya. Porsi berkurang, harga nya bertambah haha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg ini namanya bengawan krn dl lokasinya d jln bengawan :D

      Delete
  19. Kalau bakmi gini nggak enak ya dibawa pulang? Enaknya makan ditempat panas-panas. :))

    ReplyDelete
  20. aku paing suka makan bakmi jogja,enak bangettt...waktu pulang ngajar dulu sering makan bakmi jogja yg goreng ^^

    ReplyDelete
  21. kan ceritanya sama suami berarti 2 donk... kantadi katanya hanya di beri dua cangkir tapi cukup untuk bertiga jadi yang satu lagi siapa

    ReplyDelete
  22. hy.............. nama saya rani saya di beri tahu mengunjungi blog ini dari blog fasaraf3

    ReplyDelete
  23. hy..................... nama saya ayas saya kakaknya rani....

    ReplyDelete