Sunday, November 9, 2014

Dengar Dongeng @ Elmuloka

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat info dari Teh Yuli--teman di komplek--kalau selama bulan November ini, setiap hari Rabu, di Elmuloka ada acara dengar dongeng untuk anak-anak. Gratis dan terbuka untuk umum.

Wuih… saya kepingin banget dong mengajak Jav ke acara ini. Selain bermanfaat untuk Jav, saya juga ingin melihat bagaimana sih cara mendongeng yang asyik itu. Soalnya selama ini saya hanya read aloud, mendongengnya sambil membaca buku--sayanya sering ketiduran pula :p

Tapi saya agak ragu, soalnya Jav biasanya enggak bisa duduk manis kalau di tempat umum. Saya takut nantinya malah mengganggu acara. Akhirnya setelah mewanti-wanti Jav, "Kalau mau denger dongeng, harus duduk, enggak boleh lari-lari," saya pun berusaha pede membawa Jav ke acara ini.

Dok. Yulianti Wahyudin
Dalam satu hari, ada dua sesi yang bisa dipilih. Pukul 11.30 WIB atau 14.00 WIB. Mempertimbangkan jam tidur siang Jav, saya memutuskan untuk datang di sesi pertama. Pulang dari sekolah Jav, ganti baju dan beres-beres sebentar, langsung pergi lagi. Sampai di Elmuloka, ngobrol sebentar sama Teh Yuli yang sudah tiba lebih dulu, lalu acara mendongengnya langsung dimulai deh. On time :)

Dok. Pribadi
Acara dengar dongeng ini merupakan kerjasama antara Elmuloka dengan tim dongeng dari Bengkimut. Untuk bulan ini temanya yaitu 'dunia binatang'. Alhamdulillah, Jav mau duduk manis mendengarkan cerita tentang gajah. Mungkin karena dongengnya disampaikan dengan cara yang menarik. Ekspresif, menggunakan alat peraga, dan interaktif. Seru deh memperhatikan ekspresi anak-anak ketika sedang mendengarkan dongeng :D

Dok, Pribadi
Waktu selama dua puluh menit pun mengalir tanpa terasa. Setelah dongengnya selesai, anak-anak diberi kesempatan untuk memegang alat peraga--boneka gajah. Mudah-mudahan minggu depan bisa ikut lagi ;)

~~~

Dok. Yulianti Wahyudin
Perpustakaan Elmuloka
GagasCeria Innovation Education
Jl. Malabar 61 Bandung

35 comments :

  1. Selamat pagi jelang siang Teh Nathalia.. ehhh Dede nya imut imut saya ikutan
    Dengar Dongeng elmulokana nya Teh..? *salam ceria i Love Bandung jav Teh :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kumaha upami Abdi daftar janten murid Ibu Guru Teh Nathalia tiasa di tampi Bu Guru? :)

      Delete
    2. murid dimana pak? da saya mah bukan guru hihihi...

      Delete
  2. Alhamdulilah mendapat Pertamax Dongeng Elmu loka.
    Elmu Loka teh sami teu TeH, Sareng Siloka ..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. elmuloka artinya tempatnya ilmu...
      kalau siloka apa yah?

      Delete
  3. Wahhh pasti anak-anak suka banget ya mak....
    waktu anak sy kecil sy sering mendongeng mak... medianya pkai apasj yg ada bs sarung, bantal, kaos kaki atau yg lainnya... anak sy sp hafal ceritanya... hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya suka bingung/keputus-putus ceritanya mak kalau ga pake buku...
      harus banyak latihan nih :D

      Delete
  4. Lucu ya lihat ekspresi anak2. Serius sekali mereka hhihihiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengennya sih setiap ekspresi difotoin, tp ga enak sm penyelenggara hehehe...

      Delete
  5. Wah, saya sudah lama tidak mendengar dongeng mbak.... rasanya pengen jadi anak-ank lagi, biar dapet dongeng dari bu guru, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkt kecil, saya malah dengernya dari kaset bukan dr bu guru :D

      Delete
  6. wah pada anteng-anteng dengerin dongengnya.. padahal masih pada kecil-kecil gitu... :D

    ReplyDelete
  7. wah enak sekali kayaknya, saya ada rencana sesama mahasiswa membuka kelas mendongeng untuk anak-anak sangar dan lain-lain, itung2 isi waktu libur

    ReplyDelete
  8. kapan ya ada acara kaya gini di Semarang? pengen ngajakin Nadia euy...

    ReplyDelete
  9. Kalo di perpus wilayah di sini ada semacam workshop mendongeng gratis :)
    Jav bisa juga ya mnyimak dongeng, keren Jav :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. workshpo mendongeng? wuih asyik...
      iya alhamdulillah, pdhl saya deg2an banget jav ga mau menyimak dongengnya :D

      Delete
  10. Setiap hari Rabu, gratis lagi, mantaps banget itu, Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang mantep... sayang perjalanan dr rmh ksana butuh waktu 1 jam, bolak-balik jd 2 jam, pdhl dongengnya cmn 20 menit :D

      Delete
  11. Anak2 tampak antusias ya, Mba. Pada terpukau gitu. . . :)

    ReplyDelete
  12. Mbak, aku pengen banget suatu saat nanti jadi pendongeng untuk anak-anak :))

    ReplyDelete
  13. jujur mbak.. kalo saya emang kurang luwes kalo ngedongeng :)

    ReplyDelete
  14. uwah asik banget ya,pada serius banget tuh ekspresinya hehehe

    ReplyDelete
  15. wah klo di Bogor ada kayanya mau ngajak Alfi juga untuk join, dia pasti senang

    ReplyDelete
  16. waahh sepertinya jav mau mendengarkan dan suka dengan dongengnya..hehe

    ReplyDelete
  17. pendongengnya hebat ya bisa menguasai anak2 usia segitu :D

    ReplyDelete