Thursday, November 27, 2014

Nikmatnya Udon dan Tempura di Marugame Udon

The first authentic japanese udon restaurant kini hadir di Bandung loh…. Yeay!

Jadi, hari Selasa tanggal 18 November 2014 kemarin, Marugame Udon membuka outlet terbarunya di Bandung. Alhamdulillah, sehari sebelumnya, saya berkesempatan menghadiri acara pre-opening-nya di Trans Square Mall (TSM). Bisa nyicip duluan deh, hohoho….

Bagian luar (Dok. Pribadi)
Marugame Udon merupakan restoran franchise dari Marugame Seimen di Kobe, Jepang. Untuk yang tinggal di Jakarta, Surabaya, dan Bali, pasti udah enggak asing lagi sama restoran ini, karena Marugame Udon telah lebih dulu membuka sembilan outlet-nya di Jakarta, satu outlet di Surabaya, dan satu outlet di Bali.

Bagian dalam (Dok. Pribadi)
Acara pre-opening yang dipandu oleh Mas Edwin dibuka dengan sambutan yang disampaikan oleh Mr. Hajime Kondoh (General Manager) dan Pak Iwan (Operational Manager) dari PT. Sriboga Marugame Indonesia. Pak Iwan menjelaskan mengenai tiga konsep utama yang diusung Marugame Udon, dan menjadikannya sebagai keunggulan yang tidak dimiliki oleh restoran udon lain di Indonesia.

Mr. Hajime Kondoh - Pak Iwan - Mas Edwin (Dok. Pribadi)
Pertama, open kitchen. Konsumen dapat dengan leluasa menyaksikan kesibukan para koki dan petugas di dapur restoran. Dengan begitu, enggak perlu khawatir deh sama kehigienisan udon dan tempura yang disajikan di restoran ini, karena sudah melihat langsung dengan mata kepala sendiri betapa kinclongnya dapur Marugame Udon sekaligus mengetahui juga bagaimana proses memasak makanannya sejak awal hingga akhir.

Kedua, freshly cooked. Restoran ini sangat mengutamakan kualitas makanan untuk konsumennya. Udon dan tempura langsung dimasak dan digoreng ketika baru dipesan. Tapi bukan berarti harus menunggu lama loh, karena petugasnya melayani dengan sigap dan cekatan. Selain itu, makanan hanya disajikan di display tidak lebih dari 20 menit. Lebih dari itu, makanan sudah tidak segar lagi sehingga langsung ditarik lalu diganti dengan yang baru.

Udon station (Dok. Pribadi)

Ketiga, self service. Kepuasan konsumen benar-benar dimanjakan karena dapat memilih sendiri makanannya, bukan duduk di kursi dan memesan makanan pada petugas. Dimulai dengan membawa baki sendiri, lalu mengantri di udon station untuk memesan udon dan menu tambahannya--jika mau--seperti telur omega, baso ayam, dan lain-lain. Maju lagi, kemudian konsumen akan dibuat galau di tempura station, karena tampilan tempuranya benar-benar menggoda iman air liur. Maju lagi, sampai deh di kasir untuk membayar pesanan dan memesan minuman, bisa pilih Ocha Panas atau Ocha Dingin. Pelengkapnya seperti tenkatsu (remah tempura), cabai rawit, daun bawang, wijen, serta jahe tersedia di meja kondimen dan bebas diambil sepuasnya.

Tempura station (Dok. Pribadi)
Nah, ini nih menu cemilan saya sore itu (saya sebut cemilan, karena sebelumnya udah makan siang di rumah), hihihi....

Beef Curry Udon
Ebi Tempura, Broccoli Tempura, Skewered Tofu Roll
Ocha Hangat
(Dok. Pribadi)

Beef Curry Udon-nya cocok banget untuk udara TSM yang sejuk dingin. Udonnya gemuk-gemuk dan teksturnya sangat lembut. Taburan daging sukiyakinya juga enak dan gampang dikunyah untuk gigi saya yang ber-bracket. Kuahnya benar-benar kental dan rasa gurihnya pas, enggak membuat enek. Ditambah taburan tenkatsu, jadinya makin asyik. Apalagi kalau ditambah irisan cabai rawit domba--yang sekali digigit 'kres' wuih rasa pedasnya aduhai, jadi semakin segar dan nikmat. Hanya saja, karena karinya sangat kental, saya jadi enggak bisa menyeruput kuahnya :D

Tempuranya juga enak. Ukurannya jumbo. Dicocolnya pakai saus tempura--asam manis--yang udah tersedia di setiap meja. Sayang, saya hanya sanggup menghabiskan Ebi Tempura dan setengah Broccoli Tempura. Padahal rasa Broccoli Tempuranya unik banget loh. Segar, renyah, dan manis karena ada campuran ubinya juga. Seandainya belum makan siang, mungkin saya bisa menghabiskan semuanya :p

Sebagai penggemar udon, saya pribadi merasa cukup puas menikmati makanan khas Jepang di restoran baru ini. Bukan hanya indah di mata (tampilannya cantik dan menggoda), tapi juga sedap di lidah (rasanya enak), dan nikmat di perut (mengenyangkan). Lengkap deh puasnya.... Apalagi kehalalannya juga terjamin 100%. Saat ini sertifikat halal dari MUI-nya memang masih dalam proses, tapi rencananya akan selesai bulan Januari tahun 2015 nanti kok.

Duh, nulis ini saya jadi ngiler…. Enggak sabar ingin mengajak Jav dan ayahnya ke sini :)

Pouch lucu oleh-oleh dari Marugame Udon (Dok. Pribadi) 

Pssst! Pulang makan dari Marugame Udon bisa dapat pouch lucu ini loh. Tapi ada syaratnya. Gampang kok. Cukup mention @MarugameUdonId dengan hashtag #FreshUdonTempura dan #MarugameBandung ;)

~~~

Marugame Udon
Trans Square Mall, Lantai 2
Jl. Jend. Gatot Subroto No. 289 Bandung
Website: marugameudon.co.id
Facebook: Marugame Udon Indonesia
Twitter: @MarugameUdonID
Jam buka: setiap hari 10.00 - 22.00 WIB

Pilihan menu udon Rp 33.000 - Rp 50.000 (Sumber)
Pilihan menu nasi Rp 33.000 - Rp 50.000 (Sumber)
Pilihan menu tempura Rp 7.000 - Rp 14.000 (Sumber)

32 comments :

  1. Waduh.. waduh... jadi ngiler liat gambarnya mbak :D

    ReplyDelete
  2. rame bgt marugame udon ini di kokas..mau nyobain malas antrinya deh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. katanya lg ngehip bgt ya si marugame udon ini di jkt...

      Delete
  3. ditambah foto menu2 jd semakin kereeen...

    ReplyDelete
  4. Waaa enak-enak semua. Mupeeeng....

    ReplyDelete
  5. aku masih ngiler dg marugame
    apalagi brocolli tempura sama mie dinginnya

    ReplyDelete
  6. saya baru hari Rabu kemaren makan udon di salah satu resto. Dan, itu pertama kalinya makan udon. Tapi, agak kecewa gitu karena kurang mantap rasanya. Padahal saya peyuka makanan jepang. Mungkin saya harus nyoba resto udon yang lain. Kalau ke Bandung bisa nyobain yang ini kali, ya :)

    ReplyDelete
  7. marugame udon emang enaaak... aku pernah pesan yg porsi family dan banyak bangeeet udonnya. hihihihi

    ReplyDelete
  8. Waaah, saya kepengen milih tendon seafood rice neh....

    ReplyDelete
  9. *seketika lapar* harganya gak gitu mahal lagi! arghhhhh

    ReplyDelete
  10. Wah gawat nih, dari fotonya aja udah kliatan enak2..

    ReplyDelete