Sunday, December 7, 2014

Menjajal #AdrenalineRush di Sepanjang Pulau Jawa dan Bali

Jangan terkecoh ya dengan penampilan saya yang (kata teman-teman saya) feminin ini :p Orang yang belum mengenal saya atau orang yang baru mengenal saya secara sepintas, pasti enggak akan menyangka bahwa saya ini sebenarnya termasuk orang yang sangat menyukai tantangan. Apalagi kalau tantangan itu berupa kesempatan untuk mencoba kegiatan ekstrim yang memacu adrenalin. Wuih… baru membayangkannya saja perasaan saya menjadi lebih bersemangat.

Sayang, harapan dan kenyataan enggak sejalan. Pengalaman saya mengikuti kegiatan ekstrim baru sebatas menjajal wahana Halilintar dan Tornado di Dunia Fantasi, hihihi…. Pengalaman lainnya yang agak serius pun belum seberapa, masih bisa dihitung dengan jari :D

Seandainya saya diberi kesempatan untuk melakukan kegiatan ekstrim, maka saya akan memulainya dengan menjajal berbagai kegiatan ekstrim yang berada di sepanjang Pulau Jawa dan Bali. Jadi, saya akan berangkat dari Bandung menuju Bali melalui jalan darat, menyusuri tempat-tempat (dan mencoba kegiatan-kegiatan seru) di sepanjang Pulau Jawa. Lebih tepatnya di Jawa bagian Selatan.

Dibanding jalur Utara, jalur Selatan Pulau Jawa memang lebih asyik. Selain pemandangannya yang lebih indah, medan perjalanannya pun lebih menantang. Dan yang paling penting, tempat-tempat yang dilaluinya pun lebih seru. Berikut beberapa kegiatan ekstrim yang akan saya coba dalam perjalanan tersebut.

Paragliding di Gunung Haruman, Garut
Run and fly...! Yup! Cukup dengan berlari di sepanjang landasan dan memanfaatkan kondisi angin di Gunung Haruman yang relatif kencang, maka saya pun akan merasakan sensasi terbang yang luar biasa. Terbang tandem, tentunya :D Di atas sana, sambil duduk manis, saya dapat menikmati udara yang sejuk dan pemandangan yang sangat indah, yaitu persawahan dan perkampungan di kaki Gunung Haruman. Hmmm, pengalaman yang enggak mungkin bisa saya lupakan....

Paragliding (Sumber)
Body Rafting dan Water Tubing di Citumang, Ciamis
Well, saya sudah pernah merasakan serunya permainan olahraga air di Batu Karas. Sekarang saatnya mencoba segarnya air Sungai Citumang yang jernih. Sungai Citumang berada di daerah antara Pangandaran dan Green Canyon. Warna airnya biru, dikelilingi oleh pepohonan yang hijau. Arus yang cukup deras akan membawa tubuh saya menyusuri sungai. Dimulai dengan mengarungi sungai yang berada di dalam goa, lalu dilanjutkan dengan melewati jeram di sepanjang sungai. Untuk menguji adrenalin, saya juga akan mencoba melompat dari atas air terjun ;)

Permainan olahraga air di Batu Karas (Dok. Pribadi)
Water tubing di Sungai Citumang
Caving di Goa Jomblang, Gunungkidul
Pengalaman dua kali terhempas kesana-kemari dan terlonjak-lonjak dalam sebuah jeep ketika off road di Merapi merupakan kegiatan ekstrim yang seru dan enggak pernah membosankan. Namun, kali ini saya ingin mencoba kegiatan yang lain, yaitu menyusuri Goa Jomblang. Pasti rasanya mendebarkan menuruni goa vertikal yang sangat tinggi. Katanya, pemandangan di dalamnya indah sekali. Ada perbukitan karst, pohon jati, hutan purba yang sangat lebat, stalaktit, stalagmit, serta sungai bawah tanah. Kalau waktunya pas, saya juga bisa melihat hal paling keren di goa ini, yaitu pemandangan sinar matahari yang masuk dari atas Goa Grubug.


Off road di Merapi (Dok. Pribadi)
Sinar matahari di Goa Grubug (Sumber)
Berenang Bersama Hiu di Pulau Menjangan Besar, Karimunjawa
Banyak kegiatan alam yang bisa dilakukan di sana, mulai dari diving dan snorkeling sampai camping dan menyusuri hutan bakau. Pulau Menjangan Besar merupakan tempat penangkaran hiu di Taman Nasional Karimunjawa. Saya sih ingin menguji adrenalin dengan berenang bersama hiu-hiu tersebut. Walaupun sudah jinak, pasti rasanya mendebarkan sekali berenang bersama belasan hiu sirip hitam dan hiu sirip putih....

Kolam penuh ikan hiu di Taman Nasional Karimun Jawa (Sumber)
Berpetualang di Taman Nasional Baluran, Situbondo
Apabila ingin menikmati indahnya pemandangan sabana di Afrika, enggak perlu jauh-jauh ke Afrika. Di Pulau Jawa juga ada loh. Iklimnya ekstrim seperti di Afrika. Suasananya juga sangat unik dan indah, yaitu hamparan padang rumput yang luas serta langit biru yang bersih. Berpetualang di sini akan semakin seru apabila berhasil menyaksikan gerombolan binatang seperti banteng, kancil, monyet, burung merak, hingga burung elang.

Taman Nasional Baluran (Sumber)
Bungee Jumping di Seminyak, Bali
Sebagai penutup, rangkaian kegiatan ekstrim saya akan diakhiri dengan bungee jumping di Pantai Seminyak. Selain dapat memacu adrenalin dengan meloncat bebas dari menara setinggi 45 meter--yang pasti akan memberikan efek nyesss tak terkira pada jantung, mata pun akan dimanjakan dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Saya sih inginnya terjun di sore hari, saat matahari mulai terbenam sehingga langitnya berwarna kemerahan.

Bungee jumping saat sunset di Pantai Seminyak (Sumber)
Gimana? Seru kan kegiatan ekstrim pilihan saya? Jujur, baru menuliskannya saja membuat darah saya berdesir. Mudah-mudahan bisa segera kesampaian ya, bukan hanya sekedar imajinasi ;)

Tapi, ada satu hal penting yang harus dipersiapkan untuk mendukung khayalan saya ini. Kendaraannya! Namanya juga perjalanan panjang melalui darat, harus pakai mobil yang sesuai dong. Sepertinya si Toyota Etios Valco kesayangan harus istirahat dulu di rumah selama saya melakukan perjalanan ini. Sebagai gantinya, pasti lebih mantap kalau saya memakai saudaranya, Toyota Rush.

Kenapa Toyota Rush? Berdasarkan pengalaman adik saya yang bekerja di perkebunan kelapa sawit, mobil yang termasuk jenis Sport Utility Vehicle (SUV) ini sudah terbukti tangguh menaklukan berbagai medan, baik di jalan yang lurus dan mulus dalam perjalanan Bandung-Lebak, ataupun di jalan rusak yang licin dan berbatu di kebun kelapa sawit.

Toyota Rush milik adik saya yang bikin mupeng.... (Dok. Pribadi)
Berikut beberapa kelebihan yang dimiliki Toyota Rush sehingga membuatnya menjadi kendaraan yang paling cocok untuk mendampingi perjalanan saya menjajal adrenalin di sepanjang Pulau Jawa dan Bali.
  • Fitur keamanan yang lengkap. Perjalanan menyusuri Pulau Jawa melalui jalur Selatan yang ekstrim akan terasa lebih aman karena Toyota Rush dilengkapi dengan berbagai fitur safety seperti Dual SRS Airbags yang akan melindungi penumpang di bagian depan dari benturan apabila terjadi kecelakaaan. Fitur ABS (Anti-lock Bracking System) yang akan sangat membantu apabila harus melakukan pengereman mendadak di jalan yang licin. Serta Seat Belt Warning yaitu indikator pengingat pemakaian sabuk pengaman sehingga penumpang enggak akan kelupaan untuk selalu menggunakan sabuk pengaman setiap bepergian.
Safety (Sumber)
  • Interior yang nyaman. Dashboard yang elegan, Leather Steering Wheel with Steering Switch yang nyaman, Shift Lever Knob yang ergonomis, serta New Interior Design yang lapang dan sporty sehingga cukup untuk menampung banyak penumpang, barang bawaan, dan cemilan--pastinya, membuat perjalanan panjang melalui darat menjadi terasa menyenangkan. Apalagi Toyota Rush juga dilengkapi dengan 2 DN CD with MP3/AM FM dengan 4 speakers dan 2 tweeters yang siap menyajikan hiburan musik yang maksimal.
Interior (Sumber)
  • Mesin yang tangguh. Enggak perlu khawatir ketika harus melewati jalan rusak yang penuh lubang, tanjakan curam, dan belokan tajam menuju lokasi lepas landas paragliding di Gunung Haruman, karena Toyota Rush memiliki mesin 3SZ-VE berkapasitas 1500 cc dengan teknologi DOHC 16 Valve dan VVT-i. Tenaga yang dihasilkan bisa mencapai 109 Ps dan 6.000 rpm sehingga memiliki akselerasi yang baik. Ditambah dengan EPS (Electric Power Steering), setir pun akan selalu berada pada posisi sigap.
Eksterior (Sumber)
  • Desain yang sporty dan dinamis. Tampilan eksterior Toyota Rush semakin gagah karena kini sudah dilengkapi dengan berbagai aksesori keren seperti Mud Guard yang akan melindungi ban, sehingga tidak akan menjadi masalah apabila berkendara ke medan yang berlumpur. New Side Visor Design sehingga dapat mencegah air masuk ke dalam mobil. Rear Roof Spoiler yang tidak hanya memberi kesan sporty, tetapi juga membuat mobil menjadi lebih stabil serta mengurangi gejala melayang apabila sedang melaju dalam kecepatan tinggi. Dan Side Body Moulding yang akan melindungi pintu dari goresan. Cocok banget nih dibawa berpetualang ke Taman Nasional Baluran. 
Accesories (Sumber)
So, siapa yang mau ikut menjajal #AdrenalineRush di sepanjang Pulau Jawa dan Bali menggunakan Toyota Rush bersama saya? Hohoho ;)

63 comments :

  1. Waah...kayaknya petualangannya bikin mupeng mak. Apalagi jika naik Toyota Rush yaa. Sukses ya lombanya....

    ReplyDelete
  2. wah ternyataaaa :D gak nyangka tipe adrenaline-rush juga euy

    ReplyDelete
  3. mau dong ikutan berpetualang dg Toyota Rush

    ReplyDelete
  4. keren-keren mak perjalanannya, terlihat seru :D

    ReplyDelete
  5. Subhanallah keren banget mak aih jadi pengen juga punya rush nih :)

    ReplyDelete
  6. Lengkaaaap bangeeet ya mak. Good luck ya untuk kontesnya

    ReplyDelete
  7. mobil saya nih hahaha....ayo diamini hehehe
    moga impiannya terkabul dan bisa menjelajah bali dan jawa dengan rush ^^

    ReplyDelete
  8. Orang yang phobia ketinggian seperti saya bila disuruh Paragliding seperti di atas bisa mati ketakutan di langit, hehehe

    ReplyDelete
  9. Aduuuhhh........jantungku yg pertama berdesir waktu lihat itu terjun payung. Ah......ngeri sekali rasanya. Saya sih paling heboh kalau sudah bisa panjat debok pisang atau atap genteng. Senang naiknya turunnya gak bisa. :D

    Selamat bertualang ya mbak LIA. Luar biasa ekstrim sih buat saya. Semoga kesampaian tuh mimpi. Dan promosi mobilnya... em.... pengen punya juga. Ya..... walau cuma mimpi dulu. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi... lucu banget sih, bisa naik tp ga bisa turun :p
      gapapa mbak, saya jg ini cmn mimpi ;)

      Delete
  10. Petualangannya bikin mupeng mbak Lia. Aku juga mau tuh ^^

    ReplyDelete
  11. Seru bangeett yaaaaa....
    Saya juga mauu berpetualang, tapi... ahh keinginan tak sejalan dngn kenyataan. :'(

    ReplyDelete
  12. petualangan yang mendebarkan mbak ... semoga bisa menjadi kenyataan :D

    ReplyDelete
  13. aku ikut...., boro-boro mobil sepeda motor saja masih buntut. Aku ingin ke Karimun jawa. terasa lebih enak.

    ReplyDelete
  14. Sama mak, meski penampilan sy tante2 banget tp sy pernah nyetir Palembang - Jambi non stop heheheee.... Test drive di Denpasar juga udah pernah. Asik itu waktu melewati tol yg baru itu. Semoga kesampaian ya mak. Pokoknya asik banget deh :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuih mantep banget... saya mah ga bisa nyetir mak :D

      Delete
  15. huoooooo emang seneng adventure ya makkkk.... aku yg paling suka paralayang..kereeeennn gilaaaaaa *swear

    ReplyDelete
  16. Aku gak gitu suka aktivitas outdoor, tapi mau juga coba paragliding suatu hari, hihihi :)

    ReplyDelete
  17. Itu water tubing yang di foto kedua, di mana lokasinya ya mbak? Kok keren begitu.

    ReplyDelete
  18. waah keren mbak, toyota rush emang cocok dibawa kemana aja ;)
    jgn lpa liat imajinasiku jga ya http://www.priangga.web.id/2014/12/10-atraktifitas-ekstrim-menggunakan-toyota-rush.html

    ReplyDelete
  19. cadasss!!! :D
    kalo saya jujur saja dari dulu paling anti dengan petualangan alam, wkwkwkwk :D
    membayangkan mabok perjalanan darat, susah cari tempat mandi dll.. hihi..
    hebat mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tiap kota mampir + nginep + wiskul dulu mak, hehe...

      Delete
  20. Wah, seru semua petualangan impiannya... Aku juga mau... Paragliding, bungee jumping... Ah... Dan aku mau mobilnya... :D

    ReplyDelete
  21. waah hobi adventure ya mak...semua butuh adrenalin...sukses untuk kontesnya :)

    ReplyDelete
  22. asik nih .. pengen coba semuanya .. baru coba di merapi sama karimunjawa doang nih .. heheh .. salam kenal ya mbak.. :)

    ReplyDelete
  23. Alamaaa...hebat banget sih nih Nathalia Diah Pitaloka ini hobby-nya. Penyuka tantangannya sih sama sama anak Bunda yang kedua tuh perempuan, tapi melihat semua aktivitas yang ada di halaman ini, belum bisa dibandingkan dengan Nathalia. Seru3x banget petualangannya untuk memicu adrenalin yang pooouwl.

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya masih pemula kok... aktivitas di sini kan br cita2, bun hehe :D

      Delete
  24. Toyota Rush memang gagah. Mantap bila diajak menjelajah :)

    ReplyDelete
  25. andaikan bisa kesana. pada keren semua..hmmm
    nanti aja kali ya ..hehe

    ReplyDelete
  26. "Paragliding di Gunung Haruman, Garut" <~ eh ini harganya berapaan ya? Mumpung lagi di bandung, pengen ke garut sekalian deh :)

    ReplyDelete
  27. eyaaaa..kenapa dakuh jadi mupeng Rush yooo, keren bingit

    ReplyDelete