Thursday, February 5, 2015

'I Spy' Bottle: All About Food

Jalan-jalan di saat musim liburan seperti kemarin, mau enggak mau harus siap menghadapi macet. Waktu pergi ke Pelabuhan Ratu awal tahun ini, saya membuat 'I Spy' Bottle untuk Jav supaya dia enggak bosen kalau macet di jalan.

Dok. Pribadi
Bahan-bahannya mudah dicari, cara membuatnya juga sangat mudah. Tapi manfaatnya lumayan banyak. Bisa digunakan untuk melatih anak melakukan observasi/mengenal benda (huruf, angka, warna, dan lain-lain) serta meningkatkan kemampuan konsentrasinya. Yang pasti sih, mainan ini cukup asyik untuk menghilangkan rasa bosan. Dan oke juga dijadikan alternatif permainan yang menenangkan sebelum tidur.

Bahan:
  • Botol plastik bekas air minum
  • Beras
  • Mainan kecil
Dok. Pribadi
Semuanya bisa diatur sesuai dengan persediaan. Kalau rajin, berasnya bisa diberi warna terlebih dulu. Bisa juga diganti dengan kacang hijau atau pasta atau apapun. Bebas.

Dok, Pribadi
Mainannya juga enggak perlu beli, bisa dicari dari yang ada di rumah. Berhubung mainan kecil-kecil yang berhasil saya temukan di rumah jumlahnya enggak memadai, saya pun membeli beberapa set penghapus kecil sebagai tambahannya. Murah meriah. Namun, karena penghapus bentuk alat pertukangannya terlalu besar, akhirnya yang dipakai hanya penghapus bentuk makanan.

Agar lebih menarik, saya tambahkan dua bungkus payet glitter.

Cara membuat:
  • Bersihkan botol hingga kering.
  • Masukkan beras dan mainan ke dalam botol.
  • Tutup botol dan lindungi dengan selotip.
  • Kocok.

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Alhamdulillah, Jav suka. Walaupun perjalanannya termasuk cukup lancar (waktu itu hanya agak macet ketika pulang saja di daerah Tagog Apu, itupun Javnya tidur), tapi Jav enggak mau lepas dari mainan barunya, hihihi….

Dengan sangat antusias, Jav menyebutkan makanan apa saja yang dia temukan. Kadang, saya yang memintanya untuk mencari makanan yang saya sebutkan. Jav sih paling suka kalau dia menemukan es krim :)

Lain kali, mau buat lagi yang isinya huruf ah…. Cara bermainnya bisa bervariasi dan lebih menantang ;)

Referensi:
http://www.sweethappylife.com/2011/activities/fun-activities/i-see-bottles-i-spy-bottles/

8 comments :

  1. wah asyik ya mak, makasih sharednya. Bisa belajar besok klo udah punya si kecil jadi ngerti gimana menghilangkan kebosenan :)

    ReplyDelete
  2. waaahhh... asikkk... bisa dipake buat besok kalau punya anak... makasih, mba, untuk ilmunya.. amat sangat berguna dan bermanfaat :)

    ReplyDelete
  3. nyimak aja dulu deh mba.. soalnya saya belum punya dede nikah aja belum....
    salam kenal mba...

    ReplyDelete