Thursday, May 7, 2015

Mempersiapkan Anak Tampil di Depan Umum

Ada yang spesial di hari Sabtu tanggal 25 April kemarin. Dalam rangka memeriahkan Hari Kartini dan Konferensi Asia Afrika, di komplek rumah saya diadakan acara bertajuk Semarak Pesta Warga. Ada bazar dan beberapa macam perlombaan yang diselenggarakan di lapangan serbaguna komplek.

Sekolah Jav ikut ambil bagian dalam acara tersebut dengan menyewa dua stand bazar. Ceritanya menumpang kegiatan Market Day. Gara-gara sering membuat sendiri bekal untuk Jav, saya kebagian membuat makanan yang akan dijual hari itu.

Jav dan Bu Guru

Idealnya ya anak-anak yang bertugas untuk belajar berjualan. Sejak awal pun mereka sudah semangat duduk di balik meja. Tapi karena terlalu lama menunggu acara dimulai (panitia membuat aturan bahwa sebelum acara dimulai, tidak boleh ada transaksi), Jav keburu bosan serta memilih main dan bercanda bersama teman-temannya. Maknya deh yang menggantikan :p

Rupanya Jav melihat kumpulan piala dan hadiah yang dipajang di atas meja di depan panggung. Di antara berbagai bingkisan dari sponsor, Jav berkata pada saya bahwa dia menginginkan bingkisan dari M*D. "Itu sih hadiah untuk yang menang lomba nyanyi dan fashion show," kata saya. "Jav mau ikut lomba fashion show!" ucapnya semangat. "Iya, nanti sore yah," saya menutup pembicaraan.

Saya kira, itu hanya keinginan sesaat. Tapi rupanya Jav serius. Karena sampai siang, kalau tidak main mobil-mobilan di atas panggung (iya di atas panggung, heuheu…) Jav nangkring di depan meja hadiah, hihihi…. Akhirnya saya bertanya lagi untuk memastikan, "Jav bener mau ikut lomba fashion show?" Jav pun menjawab dengan tetap penuh semangat, "Mau! Biar dapet hadiah."

Pukul tiga sore, saya mulai merapikan lapak jualan dan berdiskusi dengan suami dan ibu saya. Ribet amat ya, mau ikut lomba fashion show saja harus diskusi dulu, hehehe…. Soalnya beberapa hari sebelumnya, ibu saya sudah menyanggupi permintaan panitia untuk menjadi juri dalam lomba fashion show anak-anak. Siapa yang menyangka coba, Jav tiba-tiba kepingin ikut lomba fashion show. Kalau ibu saya tetap jadi juri, sementara cucunya ikut lomba, kan aneh. Tapi kalau ibu saya mengundurkan diri, mendadak pula, tidak enak juga.

Suami: "Mamah tetep jadi juri aja. Jav biar jadi anak bawang, nggak usah dinilai."
Saya: "Tapi Jav kan kepingin hadiahnya."
Mamah: "Ya udah, Mamah ngundurin diri aja."

Namun setelah menghubungi panitia, rupanya ibu saya tetap dipercaya untuk menjadi juri. Walaupun yakin bahwa ibu saya akan memberi penilaian secara adil, saya tetap mewanti-wanti beliau agar menilai penampilan Jav secara netral. Jangan sampai terjadi nepotisme ;)

Masalah juri sudah beres, tapi persiapan untuk Jav justru belum sama sekali, padahal lombanya dimulai pukul empat sore. Berikut persiapan singkat yang kami lakukan agar Jav bisa tampil optimal di atas panggung.

  • Memberi motivasi. Kali ini, bisa dikatakan bahwa saya dan suami tidak memberi motivasi apapun pada Jav. Keputusan Jav untuk mengikuti lomba fashion show seratus persen muncul dari keinginannya sendiri. Motivasinya kan karena berharap bisa mendapat hadiah :))
  • Memberi fasilitas. Karena tidak ada rencana mengikutkan Jav pada lomba fashion show, saya pun belum menyiapkan kostumnya. Tapi tidak mungkin kan saya membiarkan Jav tampil apa adanya. Sempat terpikir untuk memakaikan baju pangsi, baju tentara,  atau setelan ala Arab. Namun akhirnya, ayahnya Jav menyiapkan pakaian kasual saja, celana selutut dan kaus, serta jas, topi, dan sepatu supaya lebih kece.
  • Memberi pengarahan. Jav belum pernah melihat fashion show, bagaimana bisa dia ikut lombanya coba? Lagi-lagi ayahnya Jav memberi solusi praktis, yaitu memperlihatkan video fashion show anak di Youtube pada Jav. Biar dia melihat sendiri bagaimana para model cilik itu berjalan dengan sangat maskulin di atas catwalk.
  • Memberi apresiasi. Sebelum dan sesudah tampil, saya tegaskan pada Jav bahwa keberanian Jav untuk tampil di atas panggung benar-benar membuat saya bangga.
  • Menyiapkan mental. Saya tidak ingin kejadian ketika lomba 17 Agustus di sekolahnya terulang lagi. Jav kalah dan menangis karena ingin mendapat hadiah. Oleh karena itu, saya tidak bosan-bosan mengingatkan Jav bahwa dalam sebuah lomba akan ada yang menang dan akan ada yang kalah.

Melihat tingkah laku Jav yang sangat aktif, saya tidak khawatir Jav akan tampil malu-malu di atas panggung. Yang saya takutkan justru Jav akan mengacau dan mengobrak-abrik panggung :D Ternyata kekhawatiran saya tidak terbukti! Jav bisa berbaris, berjalan bersama, dan berjalan sendiri sesuai dengan arahan panitia. Bonus joget di depan juri pula. Membuat hati saya diliputi perasaan haru karena bahagia.

Jagoan Bunda

Beberapa menit sebelum Magrib, panitia mengumumkan pemenangnya. Jav menjadi juara kedua kategori balita. Yeay! Alhamdulillah Jav berhasil mendapatkan piala dan hadiah yang sudah diincarnya sejak pagi, hihihi…. Walaupun bagi saya sih, Jav mau dan berani ikut lomba serta tampil dengan percaya diri saja sudah merupakan hadiah yang tak ternilai.


Bahagia dapat hadiah... 

39 comments :

  1. Aiih Jav makin keren dan jempolan sekarang ...motivasi diinya sudah bagus, tinggal terus dikembangkan ... hebat ... *sun jauuuh* :))

    ReplyDelete
  2. Cieee....jav kece badai dah..gayanya mbog mbog kereennn, udh kayak model beneran,pdhal bru kali ini kn mak ?.
    Setuju mak, pengarahan atw mmberikan pemahaman kepd si kecil sblm lomba memang perlu bgd, utk mengantisipasi agar si kecil tak berkeciil hati jika tdk menang lomba..
    Good job jav..:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ini baru kali pertama, saya jg ga nyangka :D

      Delete
  3. Uwaaa akhirnya.doanya terkabul ya mbk...kece bttt jav.ganteng^^

    ReplyDelete
  4. Iya Jav cakep banget, pantesan menang :)
    Kalo anak udah berani gitu mah tinggal diarahin aja ya, Mak ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih mak, jangan sampai potensi yg udah ada jd melempem krn ga diarahin :D

      Delete
  5. Hahahaaa kereeen. Lomba kalau atas kemauan sendiri asik ya, Jav. *toss sama Jav

    ReplyDelete
  6. waaa senengnyaaa.. jarang2 anak kecil punya kemauan yg bertahan lama gitu ya mbakk..
    noted buat bekal kalo uda punya anak hehe

    ReplyDelete
  7. jav cakep banget...pantes sekali dapat juara :)

    ReplyDelete
  8. penting banget ini mak untuk anak...

    ReplyDelete
  9. Duh, cakep banget Jav di panggung ituh. Syukurlah wish granted, dapat hadiahnya :D

    ReplyDelete
  10. Waaaah....udah berani jadi model nih, Jav. :D
    Selamat ya udah jdi juara!

    ReplyDelete
  11. kece banget mba Jav nya :)
    Alhamdulillah jadi juara :)) Selamat ya buat Jav nya

    ReplyDelete
  12. Wow Bangganya orang tua kalau punya anak bisa tampil Pede didepan umum.Selamat ya Mba?

    ReplyDelete
  13. Yeeeeey.. Dek Jav menang lombaaa! :D

    Aku pas masih kecil paling males ikutan lomba, Mbak. Sampek sekarang jugak sik. Mueheheh :P

    ReplyDelete
  14. horeee selamat dede jav, ya ampun ganteng dan lucu banget dede jav, pkonya cakep deh hehe

    ReplyDelete
  15. Horeee Jav menang ya, selamat ya

    ReplyDelete
  16. waaa..jav kereeen dan pedee...selamat yaaa....

    ReplyDelete
  17. Wuaaaah seneng banget pastinya berhasil dapetin apa yg diincar. Keren Javv, udah mau berusaha. ^^

    ReplyDelete
  18. wah, kecil2 udah berani ya, mantap banget

    ReplyDelete