Thursday, November 19, 2015

Bandung Juga Punya Roti Unyil, Okeke...

Masih lanjutan cerita waktu pulang Jakarta-Bandung melalui jalur Puncak nih. Setelah main dan istirahat salat Dzuhur dan makan siang di Taman Wisata Matahari di Puncak, kami pun langsung meluncur lagi ke Bandung. Ketika tiba waktu shalat Ashar, kami sudah tiba di daerah Padalarang. Ibu saya kemudian mengajak kami untuk istirahat dan salat Ashar di sebuah toko kue. Namanya Roti Unyil dan Kue Okeke 2. Menurut beliau, di toko ini, rotinya lembut sekali. Membuat saya penasaran untuk mencoba.


Toko kue ini tidak sulit dicari, karena papan namanya jelas dan tempat parkirnya juga luas. Dari arah Jakarta, posisinya berada di sebelah kanan jalan.

Di bagian depan, terdapat sebuah bangku panjang untuk tempat kita meluruskan kaki sejenak sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Kalau mau duduk di depan meja, ada kok di dalam. Jadi, di dalam itu selain terdapat beberapa set meja dan bangku, di sebelah kanan ada  rak-rak berisi berbagai macam oleh-oleh khas Bandung. Sedangkan di sebelah kiri, yaitu rak kaca berisi berbagai macam roti imut yang biasa kita sebut roti unyil. Tempatnya luas, bersih, dan nyaman.

Ya, roti unyil yang sudah sangat terkenal memang berasal dari Bogor. Tapi ternyata Cianjur juga punya roti unyil loh. Dan toko yang di Padalarang ini merupakan cabangnya. Makanya terdapat angka '2' di belakang merknya.


Waktu itu saya memesan satu dus berisi dua puluh roti unyil. Pilihan rasa rotinya ada banyak, dan kita bebas memilih yang mana saja tergantung selera kita. Seperti biasa, saya sih pasti pilih yang gurih-gurih (yang menggunakan keju, sosis, dan sebagainya). Sedangkan untuk Jav saya memilih roti yang manis-manis (yang menggunakan susu, cokelat, dan sebagainya). 


Ketika dicoba. Hmmm, rotinya memang lembut loh, masih hangat pula. Berbeda dengan roti unyil dari Bogor yang teksturnya lebih padat. Berhubung tidak bisa habis dalam sehari, dimakan keesokan harinya juga masih sama lembut. Adapun dari segi rasa, enak sih, tapi masih standar. Secara garis besar, recomended lah. Dijadikan bekal untuk di jalan, asyik. Dijadikan oleh-oleh juga, oke. Karena selain roti unyil ada kerupuk rambak juga dan berbagai macam makanan ringan yang menggoda.

~~~

Roti Unyil dan Toko Kue Okeke
Jalan Raya Cipanas No. 8 Cipanas Cianjur
dan
Jalan Raya Padalarang No. 263 Ciburuy Bandung

34 comments :

  1. Di Padalarang, ya? Asyeeek... Tar nitip ke suami pulang kerja, ah. *Keliatan tukang makan* :D

    ReplyDelete
  2. Roti unyil ini favorit anak2.. sekali hap pas utk mulut mereka.. sayangnya yg okeke ga ada disini.. pgn icip

    ReplyDelete
  3. Dari dulu penasaran sama roti unyil ini. Belum punya kesempatan nyoba :D

    ReplyDelete
  4. aku justru tau pertama kali roti unyil itu dari Bandung mbak *udah lama bangettt taunya*...aku kl beli roti juga suka pilih yang gurih,paling suka yang ada abonnya hehe

    ReplyDelete
  5. aku baru tahu kalau roti unyil itu yang semungil itu. hihi. kirain apa, mba :D

    ReplyDelete
  6. wah pasti enak rasanya.. rotinya kayak unyil.. mungil mungil hehehe

    ReplyDelete
  7. aku pernah nyobain roti unyil yang cabang cianjur, yang rasa keju, bener2 enak, lumer banget di mulut apa lagi kalo sambil minum teh anget

    ReplyDelete
  8. enaknya makan roti unyil itu, tinggal hap kunyah tanpa harus digigit atau dipotong dikit2 terlebih dahulu :)

    ReplyDelete
  9. yang roti unyil yang mana? banyak banget pilihannya

    ReplyDelete
  10. saya pertama beli roti unyil di bogor, mbaa.. kalo di bandung belum pernah

    ReplyDelete
  11. waktu ngetrend roti unyil aku msh smp. Smp skrg msh yah. Aku suka roti unyil soalnya sekali makan

    ReplyDelete