Saturday, December 12, 2015

Tentang Jav dan Morinaga Chil-Go!


Enggak terasa, beberapa minggu lagi Jav genap berusia 5 tahun. Sedih deh, sudah enggak bisa disebut balita lagi. Masa-masa golden age-nya pun akan segera berakhir. Eits, tapi tunggu dulu. Ternyata perkembangan otak anak, terutama fungsi kognitifnya, masih bisa berkembang sampai usia anak 12 tahun loh. Wuih senangnya.... Masih ada banyak waktu nih untuk memberikan nutrisi penting bagi tumbuh kembang Jav :D


 Gizi Seimbang 
Sebenarnya sih, selama ini Jav enggak pernah ada masalah dengan tumbuh kembangnya. Untuk memastikan kebutuhan nutrisinya terpenuhi, saya menggunakan Pedoman Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang sudah diterapkan di Indonesia sejak tahun 1990-an, dalam menyediakan makanan sehari-hari untuk Jav--dan keluarga juga tentunya. Bagaimana sih PUGS itu? Berikut empat prinsip dalam PUGS.

Mengonsumsi makanan beragam. 
Karena enggak ada satupun jenis makanan yang mengandung semua jenis zat gizi yang dibutuhkan tubuh-kecuali Air Susu Ibu (ASI) untuk bayi baru lahir sampai berusia 6 bulan. Makanya karbohidrat, sayuran, protein, serta buah-buahan yang dikonsumsi, harus bervariasi dan berwarna-warni. Syukurlah, Jav enggak pernah pilih-pilih makanan. Apapun yang saya sediakan, pasti dihabiskan. Mulai dari nasi sampai pasta, dia suka. Mulai dari daging belut sampai salmon, dia senang. Mulai dari sayur tauge sampai brokoli, dia doyan. Begitu juga dengan buah, mulai dari jeruk sampai naga, selalu lahap.

Jangan lupa air putihnya. Kandungan mineral dalam air putih yang diminum sebanyak minimal 8 gelas per hari, dapat membuat tubuh sehat dan bekerja secara maksimal. Kalau di rumah saya sih ditambah madu dan sari kurma juga sebagai suplemen alami. Di luar itu, ya camilan sehat. Apabila buah dikonsumsi selama 20-30 menit sebelum makan (untuk mengoptimalkan manfaatnya), camilan ini sifatnya hura-hura. Bebas dikonsumsi kapan saja, asalkan waktunya enggak mendekati waktu makan buah dan waktu makan berat.

Membiasakan perilaku hidup bersih. 
Seperti mencuci tangan dan mencuci kaki setiap pulang dari luar rumah, serta mencuci tangan sebelum makan. Kadang Jav masih harus diingatkan.

Melakukan aktivitas fisik.
Hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan pengeluaran energi dan pemasukan zat gizi ke dalam tubuh. Soal ini sih, Jav enggak khawatir kekurangan. Aktivitas fisiknya lumayan banyak. Mulai dari lari pagi, main sepeda sore, senam, main bola, dan main sepeda di sekolah, bahkan di rumah pun merangkak-rangkak, loncat-loncat, dan lari-lari :D

Mempertahankan dan memantau Berat Badan (BB) dalam batas normal. 
Apabila enggak ideal, bisa segera dicari penyebabnya dan diketahui cara menanganinya. Walaupun terhitung kurus, tetapi BB Jav masih berada pada batas normal sih.


 Morinaga Chil-Go! 
Salah satu camilan sehat yang saya sediakan di rumah untuk Jav yaitu Morinaga Chil-Go!. Yup! Morinaga Chil-Go! merupakan susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1-12 tahun. Memang sih, sampai umurnya 2 tahun 2 bulan, Jav masih minum ASI. Namun menurut American Academy of Pediatrics, susu (bukan susu formula) boleh diberikan setelah anak berusia 1 tahun.

Morinaga Chil-Go! merupakan produk inovasi baru dari Kalbe Nutritionals dan Morinaga. Kalbe Nutritionals (PT Sanghiang Perkasa) merupakan bagian dari PT Kalbe Farma, Tbk. Kegiatannya fokus pada pengembangan produk nutrisi, dalam rangka mempertajam komitmennya di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Kalbe Nutritionals memastikan bahwa dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan manusia, produk Kalbe Nutritionals dapat hadir menemani konsumennya agar bisa menikmati hidup melalui produk-produk nutrisi yang berkualitas.

Rangkaian produknya di antaranya seperti Prenagen dan Lovamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Milna, Morinaga dan Zee untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal buah hati. Entrasol, Nutrive Benecol dan Fitbar untuk meningkatkan kualitas hidup kaum dewasa dan kaum senior, serta Diabetasol untuk kenyamanan hidup kaum Diabetisi.


Dalam rangka memperluas layanan, serta menghadirkan kemudahan dan kepraktisan bagi pelanggannya, Kalbe Nutritionals menyediakan layanan konsumen Kalbe Customer Care 0800-140-2000 (bebas pulsa), layanan pesan antar Kalbe Home Delivery 500880, layanan pesan online Kalbe e-Store (www.kalbestore.com), serta melalui kanal-kanal jejaring sosial. Mantap ya.

 Morinaga Chil-Go! untuk Jav 
Terus, kenapa sih saya memilih Morinaga Chil-Go! untuk Jav? Berikut alasannya.

Lengkap
Nutrisi yang terkandung di dalam Morinaga Chil-Go lengkap dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang Jav. Walaupun sudah berusaha melaksanakan PUGS, namun namanya manusia, dalam praktiknya sih enggak selalu sempurna. Kadang khilaf, kadang malas belanja, kadang malas memasak :p Akhirnya masak seadanya atau membeli yang sudah jadi, yang kandungan nutrisinya belum tentu lengkap. Nah, makanya untuk melengkapi asupan nutrisinya, saya memberikan camilan sehat seperti Morinaga Chil-Go!.

Sebagai salah satu camilan sumber protein, Morinaga Chil-Go! mengandung nutrisi yang mendukung perkembangan otak anak terutama fungsi kogitifnya, seperti:
  • Kolin dan Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.
  • Vitamin B Kompleks, Zat Besi, dan Yodium yang merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam sistem saraf dan konsentrasi anak.
Dan dilengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh seperti:
  • Prebiotik Inulin 1000 mg yang merupakan prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Zink yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Kalsium yang tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin A, C, dan E yang melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.


Praktis
Morinaga Chil-Go! mudah dibawa ke mana saja, serta mudah juga untuk diminum. Tinggal tusukkan sedotannya, maka sebotol Morinaga Chil-Go! pun siap untuk dinikmati kapan saja.

Higienis
Selain karena kemasan Morinaga Chil-Go! yang memang higienis. Karena bentuknya sudah cair, kita enggak perlu menyeduh susu sendiri. Hal ini tentu meminimalkan masuknya bakteri ke dalam susu.

Ergonomis
Morinaga Chil-Go! dikemas dalam botol yang desainnya nyaman digenggam. Ukurannya pas untuk tangan kecil Jav.

Kemasan ramah lingkungan
Kemasan Morinaga Chil-Go dibuat dari bahan dasar yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. 

Porsi yang pas
Morinaga Chil-Go! tersedia dalam kemasan 140 ml. Sesuai untuk perut balita seperti Jav.

Rasa yang bervariasi
Morinaga Chil-Go! terdiri dari 3 macam varian rasa yang menggoda, yaitu vanila, cokelat, dan strawberry. 

Cara mengonsumsi yang beragam
Morinaga Chil-Go! dapat diminum secara langsung dan dapat juga diolah kembali menjadi berbagai macam resep camilan sehat.


 Cara Asyik Menikmati Morinaga Chil-Go! 
Berikut beberapa cara asyik Jav menikmati Morinaga Chil-Go!.

Langsung diminum
Diminum langsung atau diminum dingin, Morinaga Chil-Go! ini enak banget. Jav memang paling doyan sama rasa cokelat, tapi rasa vanila dan strawberry pun dia suka. Saking sukanya, kalau enggak diingatkan dan dibatasi, entah bisa habis berapa botol. "Enak! Aku suka... Aku suka..." begitu komentarnya setiap menikmati sebotol Morinaga Chil-Go!.


Selain enak, Morinaga Chil-Go! juga praktis. Makanya selalu menjadi bekal yang asyik untuk pergi, maupun untuk bekal ke sekolah. Setiap pergi, Jav sudah saya biasakan menyiapkan sendiri kebutuhannya, seperti mainan serta makanan dan minumannya. Nah, dua benda yang enggak mungkin dia lupakan untuk dibawa yaitu die cast Tomica dan tentu saja beberapa botol Morinaga Chil-Go! berbagai macam rasa.


Begitu pun setiap pergi ke sekolah. Selain makanan ringan dan air putih, enggak boleh ketinggalan juga Morinaga Chil-Go!-nya. Waktu sekolahnya kan mulai pukul 8 pagi sampai 11 siang, kegiatan outdoor-nya pun lumayan banyak. Tapi saya enggak khawatir Jav akan kelaparan ataupun kelelahan karena sudah membekalinya dengan makanan dan minuman sehat yang cukup.


Dibekukan
Bagaimana kalau Morinaga Chil-Go!-nya dibekukan? Bukan hanya enak dan sehat, tapi juga segar. Agar mudah untuk dikonsumsi, saya menuangkan Morinaga Chil-Go! ke dalam plastik. Hasilnya, es mambo Morinaga Chil-Go yang menggoda.


Pssst, biasanya saya menggunakan es mambo Morinaga Chil-Go! ini untuk memancing Jav dan teman-temannya agar beristirahat di rumah saya setelah lelah bermain sepeda sore. Walaupun saya membebaskan Jav untuk bermain dengan siapa saja, namun saya tetap harus mengawasi kegiatan apa saja yang dilakukan Jav bersama teman-temannya.

Pernah loh saya mendapati Jav dan salah satu temannya pipis sembarangan. Membuat saya sangat shock. Memang meskipun tinggal di komplek, namun banyak pendatang yang tentu saja memiliki perbedaan latar belakang dan kebiasaan. Akhirnya saya beritahu teman Jav tersebut bahwa, "Selama ada toilet, pipis harus di toilet. Kecuali kalau sedang camping di hutan."

Kalau ada es mambo Morinaga Chil-Go! berbagai macam rasa, teman-teman Jav bisa betah bermain di rumah kami. Sehingga apabila ada perkataan dan perbuatan yang enggak sesuai dengan nilai-nilai yang kami ajarkan, bisa langsung diintervensi.

Diolah kembali
Banyak sekali loh resep camilan sehat yang bisa dibuat dengan memanfaatkan Morinaga Chil-Go! Mau yang dingin atau yang hangat, semuanya cocok. Seperti pancake, muffin, puding roti, smoothie, es krim, puding, dan lain-lain. Berikut saya beri sontekan beberapa resepnya ya.
  • Cookies and Cream Popsicle

Kalau es mambo, Morinaga Chil-Go!nya kan enggak perlu ditambah apa-apa lagi. Nah kalau yang ini, karena bentuknya popsicle, supaya esnya lebih lembut dan enggak terlalu cepat mencair ketika sedang disantap, maka saya menambahkan larutan tepung maizena. Cookies and Cream Popsicle ini paling cocok dinikmati ketika Jav baru pulang dari sekolah. Merupakan pelepas dahaga yang manis dan segar.

Catatan: Agar nutrisi yang terkandung di dalam Morinaga Chil-Go! enggak rusak, saya memasaknya pelan-pelan dengan menggunakan api kecil ;)
  • Muffin Cokelat Keju

Kadang, saya menerima pesanan kue-kue. Nah, salah satu bestseller-nya yaitu muffin ini. Khusus untuk Jav, saya mengganti susu cairnya dengan Morinaga Chil-Go! Eh, taunya vanilanya tertinggal, enggak ikut dimasukkan. Tapi hasilnya tetap harum kok. Wangi susu dan cokelatnya kentara sekali. Hmmm....


  • Puding Pot Strawberry

Tau es krim pot kan? Camilan yang sedang ngehits banget sekarang ini. Saya coba mengganti es krimnya dengan puding strawberry. Sebenarnya, ini puding susu strawberry biasa sih. Tapi karena menggunakan Morinaga Chil-Go! dan disajikan dengan cara yang menarik, membuat puding ini terasa lebih istimewa.

Catatan: Untuk keamanan, selalu gunakan wadah food grade. Karena potnya enggak food grade, maka saya mencetak pudingnya di dalam wadah food grade, baru dimasukkan ke dalam pot ;)
Dinikmati bersama
Menyantap makanan dan minuman seenak apapun, enggak akan terlalu nikmat kalau sendiri. Begitu juga dengan Jav. Walaupun sangat menyukai Morinaga Chil-Go!, tapi dia selalu membagikan Morina Chil-Go! miliknya kepada saudara-saudara dan teman-temannya. Terharu deh, Jav sudah terbiasa untuk berbagi :)

Emak pelit irit: "Enggak sayang, Morinaga Chil-Go!nya dibagi-bagi?"
Jav: "Kan enak, biar temen-temen Jav ikut ngerasain juga."


 Terima Kasih Morinaga Chil-Go! 
Makanya, tenang deh kalau di rumah ada stok Morinaga Chil-Go!. Bisa langsung diminum atau dibuat camilan lain. Serta lengkap pula nutrisinya ;)

26 comments :

  1. Hmm...penting banget memperhatikan asupan gizi bagi si kecil ya Mbak.. Biar si kecilnya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas...

    ReplyDelete
  2. Keren banget reportasenya, datanya lengkaaappphh

    ReplyDelete
  3. Wuaaahhh kalo ini mah lengkap abisss. Pasti menang deh. :D

    ReplyDelete
  4. waaaaahhh... keren mbak Lia.. :D bisa jadi macam-macam begini yaaa... keren!!

    ReplyDelete
  5. mbaa resep cireng wortelnya dong hihiiiiii
    wah boleh juga tuh ide ice popslicenyaaa, Kynan udah mulai tidak suka yang vanila nih maunya yang rasa-rasa teruss

    ReplyDelete
  6. aih kreatif puding potnya mbak, ada uletnya juga :)

    ReplyDelete
  7. Pengen nyobain bikin popsicle. Tepung maizena ditambah air berapa banyak?

    ReplyDelete
  8. Gegara banyak postingan chilgo jadi banyak nambah resep2 baru buat dicoba nih. Aseekk...
    Goodluck mak

    ReplyDelete
  9. mau di coba akh resep muffin ya...btw, anak2 juag di rumah suka chil-go!

    ReplyDelete
  10. Muffin! Keren bingit bisa bikin muffin yang jadinya bagus gitu. Pasti enak deh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi... Muffin mah panggilan kesayangan si dia yah ;)

      Delete