Thursday, March 3, 2016

Ulang Tahun Jav: Berbagi Bersama Morinaga Chil-Go! [1]

Morinaga Chil-Go

 Ulang Tahun Jav 
Awal tahun 2016 ini, Jav genap berusia lima tahun. Tidak terasa, sudah semakin besar saja. Biasanya, kami tidak pernah merayakan hari ulang tahun Jav. Cukup mengadakan pengajian sederhana bersama bapak-bapak dan ibu-ibu tetangga di sekitar rumah. Berkumpul bersama sambil berdoa dan bersyukur untuk usia dan kesehatan Jav serta keluarga. Toh anaknya juga masih kecil, belum mengerti kalau dibuatkan pesta.

Nah, seiring dengan berjalannya waktu, tahun ini rupanya Jav sudah mengerti bahwa dalam satu tahun, terdapat satu hari yang disebut hari ulang tahun. Karena tetangga seumurannya membuat pesta ulang tahun, Jav pun menagih saya untuk dibuatkan pesta ulang tahun.

Kebetulan, hari ulang tahun Jav jatuh pada awal tahun. Tetangga mudik, sekolah juga libur. Sebagian besar kerabat sibuk bersama keluarga masing-masing, menikmati liburan pergantian tahun. Siapa yang akan datang kalau saya membuat acara ulang tahun Jav. Akhirnya diputuskan bahwa acara ulang tahunnya diundur saja sampai Jav sudah masuk sekolah. Itupun konsepnya berbagi, bukan pesta perayaan.

 Camilan Homemade untuk Berbagi 
Untuk acara tersebut, saya mempersiapkan camilan homemade buatan saya sendiri. Di sekolah Jav, orang tua harus membekali anak makanan sehat yang bergizi. Namun ketika ada yang berulang tahun, biasanya bingkisannya berisi camilan yang kurang sehat. Makanya saya ingin membuat sesuatu yang berbeda. Meskipun untuk acara ulang tahun, bingkisannya bisa kok diisi dengan kue-kue yang sehat dan bergizi.

Memang sih cukup ribet. Saya harus menyisihkan waktu dan energi untuk belanja bahan makanan untuk kemudian mengolahnya di dapur. Tetapi rasanya sangat puas, karena dengan memasak sendiri, selain terjamin kebersihan dan kesehatannya, seru juga mempersiapkan semuanya bersama dengan Jav.

Alhamdulillah Jav semangat sekali membantu saya. Mulai dari mempersiapkan kemasan untuk bingkisan seperti memilih foto yang akan digunakan, menggunting hasil cetakannya, dan menempelkannya di wadah mika, hingga ikut mempersiapkan isinya, membantu saya memasak.

 Manfaat Memasak Bagi Balita 
Yup! Walaupun Jav ini anak laki-laki, tapi dia sudah biasa membantu saya di dapur. Kegiatan memasak itu memberikan banyak manfaat loh untuk balita. Di antaranya:

Pertama, meningkatkan kemampuan practical life skill. Katanya anak laki-laki tidak boleh bermain masak-masakan, khawatir dapat menyebabkan disorientasi gender. Tapi kalau memasak betulan justru bagus loh, karena kegiatan tersebut merupakan salah satu keterampilan hidup yang sebaiknya harus dikuasai oleh setiap orang. Selain akan membuat anak menjadi lebih mandiri sehingga nanti dia tidak akan kerepotan apabila harus tinggal jauh dari orang tua, harapannya anak juga bisa lebih menghargai perempuan. Lagipula laki-laki yang bisa memasak itu keren banget kan. Lihat saja Chef Juna ;)

Kedua, melatih kemampuan motorik halus. Memecahkan telur, menuangkan adonan, atau memarut keju merupakan beberapa contoh cara untuk melatih kemampuan motorik halus pada anak. Kemampuan tersebut sangat penting sebagai stimulasi bagi kegiatan belajar menulisnya di masa yang akan datang.

Ketiga, meningkatkan kemampuan kognitif. Ketika memasak, anak juga belajar untuk melatih konsentrasinya serta melatih koordinasi antara mata dan tangan ketika sedang mengaduk adonan. Bahkan anak juga bisa belajar untuk melatih kemampuan berhitungnya ketika sedang menghitung jumlah telur atau menakar tepung dan gula.

Keempat, membentuk karakter. Kegiatan memasak bukanlah proses yang instan, membutuhkan kesabaran dan ketelitian. Hal ini baik untuk pembentukan karakter anak. Selain itu, anak akan merasa bangga apabila dia telah berhasil membantu menyelesaikan kegiatan memasak. Tentu saja kepercayaan diri anak pun akan meningkat.

Terakhir dan yang paling penting, meningkatkan bonding antara ibu dan anak. Bekerjasama di dapur merupakan salah satu bentuk menikmati quality time bersama anak. Apalagi apabila disertai dengan komunikasi yang baik dan menyenangkan, tentu saja dapat meningkatkan kedekatan batin antara ibu dan anak.


 Memasak Bersama Jav 
Menu yang kami buat yaitu puding cokelat dengan vla vanila, muffin cokelat keju, dan macaroni schotel. Berhubung sumberdayanya terbatas, maka proses pembuatannya dicicil sejak sehari sebelumnya. Jadi sehari sebelumnya, kami membuat puding cokelat. Sore harinya kemudian membuat muffin cokelat keju. Dan baru pada keesokan paginya membuat macaroni schotel.

Ternyata memasak untuk keluarga sendiri dengan porsi yang sedikit dan memasak untuk orang lain dengan porsi yang banyak itu jauh berbeda ya. Apalagi oven yang saya miliki di rumah yaitu oven mini, jadi kapasitasnya pun mini sehingga membutuhkan waktu lebih banyak karena tidak dapat memanggang satu kali, harus berkali-kali.

Tetapi karena dibantu Jav, rasanya menjadi tidak terlalu melelahkan. Bayangkan, Jav rela ikut begadang membuat muffin cokelat keju, serta ikut bangun pagi untuk membuat macaroni schotel. Dia bersemangat sekali karena hasil masakan tersebut akan dibagikan kepada teman-teman sekolahnya.

Morinaga Chil-Go

Morinaga Chil-Go

Morinaga Chil-Go

Morinaga Chil-Go

Morinaga Chil-Go

 Tentang Morinaga Chil-Go! 
Kue-kue tersebut belum lengkap dong tanpa sebotol minuman. Minumannya tentu saja Morinaga Chil-Go!susu cair pertumbuhan untuk anak usia 1-12 tahun kesukaan Jav. Morinaga Chil-Go! dipersembahkan oleh Kalbe Nutritionals. Kalbe Nutritionals (PT Sanghiang Perkasa) merupakan bagian dari PT Kalbe Farma, Tbk. Kegiatannya fokus pada pengembangan produk nutrisi, dalam rangka mempertajam komitmennya di bidang bisnis makanan dan minuman kesehatan. Kalbe Nutritionals memastikan bahwa dalam setiap pertumbuhan dan perkembangan manusia, produk Kalbe Nutritionals dapat hadir menemani konsumennya agar bisa menikmati hidup melalui produk-produk nutrisi yang berkualitas.

Rangkaian produknya di antaranya seperti Prenagen dan Lovamil untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dan menyusui. Milna, Morinaga dan Zee untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal buah hati. Entrasol, Nutrive Benecol dan Fitbar untuk meningkatkan kualitas hidup kaum dewasa dan kaum senior, serta Diabetasol untuk kenyamanan hidup kaum Diabetisi.


Lalu kenapa sih saya memilih Morinaga Chil-Go! untuk acara berbagi ini? Berikut alasannya.

Pertama, lengkapNutrisi yang terkandung di dalam Morinaga Chil-Go lengkap dan sesuai untuk memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak-anak. Morinaga Chil-Go! mengandung nutrisi yang mendukung perkembangan otak anak terutama fungsi kogitifnya, seperti:
  • Kolin dan Inositol yang berperan dalam penyimpanan memori, berpikir, berbicara, dan gerakan sadar.
  • Vitamin B KompleksZat Besi, dan Yodium yang merupakan vitamin dan mineral yang berperan penting dalam sistem saraf dan konsentrasi anak.
Dan dilengkapi dengan nutrisi penunjang daya tahan tubuh seperti:
  • Prebiotik Inulin 1000 mg yang merupakan prebiotik (makanan bagi bakteri baik) dan serat pangan untuk membantu kesehatan saluran cerna anak.
  • Zink yang membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh.
  • Kalsium yang tinggi untuk pembentukan tulang dan gigi.
  • Vitamin AC, dan E yang melindungi sel tubuh agar dapat berfungsi dengan baik.

Morinaga Chil-Go

Kedua, praktisMorinaga Chil-Go! mudah dibawa ke mana saja, serta mudah juga untuk diminum. Tinggal tusukkan sedotannya, maka sebotol Morinaga Chil-Go! pun siap untuk dinikmati kapan saja. Cocok untuk dijadikan sebagai salah satu isi bingkisan.

Ketiga, higienis. Selain karena kemasan Morinaga Chil-Go! yang memang higienis, juga karena bentuknya sudah cair, kita enggak perlu menyeduh susu sendiri. Hal ini tentu meminimalkan masuknya bakteri ke dalam susu.

Keempat, ergonomis. Morinaga Chil-Go! dikemas dalam botol yang desainnya nyaman digenggam. Ukurannya pas untuk tangan kecil Jav dan teman-teman sekolahnya.

Kelima, kemasan ramah lingkungan. Kemasan Morinaga Chil-Go dibuat dari bahan dasar yang ramah lingkungan karena dapat didaur ulang. 

Keenam, porsi yang pas. Morinaga Chil-Go! tersedia dalam kemasan 140 ml. Sesuai untuk perut balita seperti Jav dan teman-teman sekolahnya yang kegiatan sehari-harinya sangat aktif. 

Ketujuh, rasa yang bervariasi. Morinaga Chil-Go! terdiri dari 3 macam varian rasa yang menggoda, yaitu vanila, cokelat, dan strawberry. Teman-teman Jav bisa memilih rasa Morinaga Chil-Go! sesuai dengan kesukaannya masing-masing.

Serta terakhir, cara mengonsumsi yang beragam. Morinaga Chil-Go! dapat diminum secara langsung dan dapat juga diolah kembali menjadi berbagai macam resep camilan sehat yang beberapa resepnya pernah saya tuliskan di artikel sebelumnya.

Morinaga Chil-Go

Begitulah sepenggal kisah persiapan kami untuk acara berbagi di sekolah Jav. Kue-kue sudah siap, susunya pun Morinaga Chil-Go! Lalu bagaimana kemeriahan acara berbagi tersebut? Tunggu cerita selanjutnya ya ;)

Selanjutnya, Ulang Tahun Jav: Berbagi Bersama Morinaga Chil-Go! [2]

18 comments :

  1. Morinaga Chil-Go banyak manfaat untuk anak
    seruu neh jav masak bareng dan ikut menyiapkan,
    selamat ulang tahun

    ReplyDelete
  2. Selamat ulang tahun Jav, sehat selalu yah.

    ReplyDelete
  3. Jav pinter bantuin bikin puding ya Happy belated bday yaa

    ReplyDelete
  4. anaknya berbakat jadi koki tuh mbak yu :)

    ReplyDelete
  5. Waah.. keren nih Jav, kecil-kecil bantu bunda masak. Makin rajin makin cerdas deh 😉

    ReplyDelete
  6. Selamat ulang tahun, Jav. Duh pinter banget bantuin bundanya nyiapin buat ultah. ^^ Tante mau dong dilempar morinagonya :D

    ReplyDelete
  7. Aiihh Jav ko tante nchie ga kbagian kuenya siih :(
    hheeee..

    Btw selamat ultah yaa, makin pinter, sehat dan jadi anak sholeh yaa

    ReplyDelete
  8. Morinaga emang susu terbaik buat anak.. Tapi lumayan mahal :D

    ReplyDelete