Saturday, November 26, 2016

Mencetak Mug dengan Desain Suka-Suka


Saya sedang mencari toko yang bisa menyediakan mug custom nih.... Insya Allah tanggal 18 Desember nanti merupakan ulang tahun pernikahan orang tua saya. Meskipun bukan pasangan yang sempurna--ya namanya juga manusia pasti memiliki kelebihan dan kekurangan--tetapi bagi saya mereka adalah pasangan yang ideal. Ayah saya selalu memperlakukan ibu saya sebagai partner--bahkan ratu. Ibu saya, meskipun seorang wanita karir, selalu berusaha melayani semua kebutuhan ayah saya.

Di ulang tahun pernikahan mereka yang ketiga puluh tiga nanti, saya ingin memberikan hadiah. Kepinginnya sih bisa mentraktir paket liburan ke Turki. Namun apa daya, saya sendiri saja saja belum kesampaian jalan-jalan ke luar negeri. Justru malah mereka yang sudah lumayan sering main ke luar negeri, hihihi....

Makanya rencana saya, hadiahnya yang murah meriah saja, tetapi tetap berkesan. Nah, salah satu yang sempat terlintas di pikiran saya yaitu mug pasangan. Tapi supaya spesial, saya ingin desainnya berbeda, enggak pasaran seperti yang sudah jadi dan dijual di toko-toko.

Hmmm, cari ke mana ya? Ada enggak, toko yang bisa menyediakan mug custom dalam jumlah satuan?

Ternyata ada loh, di ciptaloka.com. Ciptaloka adalah sebuah toko online yang menyediakan layanan Print on Demand untuk mencetak gambar secara custom di berbagai macam media, termasuk mug.

Sambil memikirkan desain seperti apa yang cocok untuk hadiah ulang tahun pernikahan orang tua, saya coba tes dulu ah dengan membuat mug custom yang desainnya sesuai dengan header blog ini. Ingin tahu terlebih dahulu bagaimana prosedurnya, cara membuat desainnya, respon customer service-nya menanggapi pertanyaan saya, lama prosesnya, packing-nya, serta tentu saja kualitas hasilnya.


Berikut pengalaman saya setelah mencoba memesan mug custom di ciptaloka.com:
  1. Prosedurnya simpel. Dari mulai membuat akun, memilih media, membuat desain, dan lain-lain hingga konfirmasi pembayaran, semuanya enggak ribet. 
  2. Membuat desainnya mudah. Ada dua cara yang bisa digunakan. Cara pertama yaitu desain mug memakai online editor. Kita bisa memilih warna, menambahkan teks dan clipart, bahkan meng-upload gambar atau foto milik sendiri, kemudian mengaturnya sesuka hati. Agar lebih yakin, kita dapat melihat preview hasil jadinya juga. Adapun cara kedua yaitu memanfaatkan jasa desain gratis. Memakai online editor ini sebenarnya sudah gampang banget, tapi kalau khawatir enggak bisa membuat desain sendiri, minta bantuan jasa desain gratis saja. 
  3. Customer service-nya lumayan responsif dan informatif. 
  4. Prosesnya cepat. Saya memesan dan membayar pada hari Jumat. Katanya sih diproses dalam jangka waktu 2-3 hari. Tapi ternyata barang sudah dikirim pada hari Sabtu, dan sampai di rumah saya pada hari Senin (terpotong Hari Minggu). Setiap tahapannya diinformasikan dengan notifikasi melalui email.
  5. Packing-nya rapi. Mug pesanan saya--yang rentan pecah itu--selamat sampai di rumah karena dibungkus plastik bubble, dimasukkan ke dalam dus, dibungkus plastik bubble lagi, dan dimasukkan lagi ke dalam dus yang lebih besar. Pengamanannya berkali-kali lipat.
  6. Kualitasnya oke. Saya memilih mug gagang berwarna pink, yaitu mug berbahan porselain keramik berkualitas import premium yang tahan terhadap panas tinggi dan enggak mudah retak. Tingginya 9,5 cm dan tingginya 8 cm. Adapun volumenya yaitu 350 ml. Cetak mug dilakukan menggunakan thermal printing dengan tinta premium, sehingga hasilnya awet dan tahan lama.

Ini dia hasilnya, mulus dan rapi ya. Suka banget deh.... Kesimpulannya, cukup memuaskan. 


Selain mug, kita juga bisa mencetak gambar custom pada media lain seperti kaos, casing handphone, canvas, sarung bantal, dan lain-lain. Sekarang, enggak perlu bingung lagi kalau mau memberi hadiah, suvenir, atau kenang-kenangan dengan desain yang unik, langsung ke ciptaloka.com saja  ;)

26 comments :

  1. Wah cantik-cantik ya Mbak Cangkirnya, apalagi bisa di tambah Desain-nan sendiri yang bisa kita buat, sangat cocok untuk sovenir Ulangtahun ....

    ReplyDelete
  2. langsung pengen ikut nyobain...mkasih ya mba

    ReplyDelete
  3. Nyobak dulu ahhgg, kelihatannya okae simpel, ngak ribet,,,

    ReplyDelete
  4. wah mauuu, buat hadiah giveaway boleh juga ya

    ReplyDelete
  5. Ciptaloka ini sebetulnya menarik karena bisa desain mug sesuka hati.
    Sayangnya harga yang mereka tawarkan masih kurang kompetitif.
    Dengan banderolan Rp 45.000/mug, agak sulit kalau mereka mau menjual mug sebagai souvenir untuk kuantitas banyak.
    Sedangkan perusahaan-perusahaan sejenisnya sudah berani menjual mug seharga Rp 9.000-30.000/mug, apalagi dengan feature-feature tambahan seperti gagangnya model bentuk hati, bagian dalam mug bisa berubah warna jika diisi air, dan macam-macam lagi.
    Mudah-mudahan mug Ciptaloka bisa bersaing lebih baik.

    ReplyDelete
  6. asik, ya. Apalagi kalau bentuk mugnya banyak pilihan kayaknya bakal makin menarik :)

    ReplyDelete
  7. Semakin banyak pilihan lagi dalam melampiaskan ide dan kreativitas.... Tinggal harga yang menjadi penentu dan pilihan terakhir. ..

    ReplyDelete
  8. Biasanya pas ada acara pernikahan banyak diburu :D

    ReplyDelete
  9. wah, cantik mbahk,aku suka yang ada gambarnya,lebih seru !

    ReplyDelete
  10. Wow cangkirnya cakep banget, header blog 😀

    ReplyDelete