Monday, December 12, 2016

Hati-Hati Meletus di Mie Merapi

mie merapi
Beberapa waktu yang lalu, ketika ramen sedang kekinian dan warungnya menjamur di mana-mana, hadir juga sebuah kedai yang sama-sama menyajikan mi, sama-sama menyediakan berbagai macam topping, dan sama-sama memiliki level kepedasan yang dapat dipilih sesuai favorit masing-masing. Yang menjadikan kedai ini spesial dan membuat saya jadi penasaran yaitu bahwa bumbunya asli terbuat dari rempah-rempah khas Indonesia.

Kedai pertamanya ada di Jalan Pahlawan. Jauh.... Jadinya enggak kesampaian terus mau mencoba. Untungnya baru-baru ini ada juga cabangnya di Jalan Buah Batu. Makanya kemarin-kemarin saya mengajak adik mencoba mampir ke sana. Jadi, selesai belanja buku di Togamas, cocok banget makan siangnya di sana. Tinggal jalan sedikit saja.

mie merapi
Suasana Mie Merapi Jalan Buah Batu
Tempatnya lumayan luas. Meskipun hari kerja, pengunjungnya cukup ramai juga. Pilihan menunya pun bervariasi. Terdapat tiga macam kuah yang dapat dipilih, yaitu kuah merapi, kuah kampung, dan kuah kare. Tingkat kepedasannya dimulai dari level 1 sampai 10 yang dibagi ke dalam kategori aman, waspada, siaga, awas, hingga, meletus. Seru! Topping-nya bermacam-macam. Ada bakso, ceker, ayam katsu, sosis, kikil, dan iga.

Waktu itu saya memesan Mie Juara se-Bandung dengan kuah merapi level 4 dan Belgian Choco Oreo. Adapun untuk Jav saya memesan Yamin Manis Bakso dan Milo. Enggak perlu menunggu lama, pesanan kami pun langsung muncul.

mie merapi
Milk Green Tea (Rp 12.000) - Belgian Choco Oreo (Rp 12.000) - Milo (Rp 7.000)
Belgian Choco Oreo-nya enak. Manis dan segarnya pas. Ujung-ujungnya Jav meminta kami bertukar minuman. Soalnya Milo punya dia ya standar kan hehehe....

mie merapi
Mie Juara se-Bandung (Rp 20.000)
Kalau Mie Juara se-Bandung, isinya yaitu mi, kangkung, wortel, telur, ceker, dan bakso. Minya lembut dan enak. Sayurannya juga segar. Baksonya pun oke. Cekernya empuk, hanya saja sayang digoreng dulu. Kuah merapinya mantap, perpaduan antara manis, asam, dan gurih. Plus pedas pula. Namun menurut saya, rasa asamnya terlalu dominan. Adik saya--yang menu minya sama dengan saya--sih doyan-doyan saja. Tapi buat saya terlalu asam, malah jadi mirip kuah tom yam.

mie merapi
Yamin Manis Bakso (Rp 16.000)
Yamin Manis Baksonya juga enggak kalah enak. Minya lembut dan manisnya pas. Di atasnya terdapat potongan ayam yang melimpah dan taburan wijen. Bakso dan kuahnya pun nikmat.

Oiya, saya juga membungkus Ceker Merapi untuk dibawa ke rumah. Tapi lupa enggak difoto. Rasanya lumayan enak, gurih dan pedas, enggak ada asam-asamnya. Namun terlalu kering sehingga mengurangi kenikmatan.

Secara keseluruhan, Mie Merapi ini recomended sih. Lain kali, kalau ada kesempatan mampir ke sana lagi, saya ingin mencoba kuah kampung dan iganya ah.... Dengan tingkat kepedasan level meletus. Berani enggak ya, hihihi....

~~~

Mie Merapi cabang 4
Jalan Buah Batu No. 172 Bandung

39 comments :

  1. Kreatif banget ya Mba owner-nya.. ngasih nama yang unik. Jadinya pasti banyak pelanggan yang penasaran ingin mencoba gimana sih citarasa dari Mie Merapi? Meletup2 kayak letusan Merapi ya Mba..saking uenaknya..

    ReplyDelete
  2. Hahaha... kirain gunung merapi yang meletus... eeh ternyata mie merapi yang meletus.

    ReplyDelete
  3. Menggiurkan :) Hebatnya org Indonesia itu, makanan pedas yg cenderung menyebabkan sakit perut, bisa laku keras hehe...

    ReplyDelete
  4. harus dicoba nih kalau mudik ke Bandung...wah kalau saya jauh yang di buah batu deket ke Pahlawan

    ReplyDelete
  5. itu yamin manis baso, baso yang rasanya manis yah bu?? baru tahu saya :D

    ReplyDelete
  6. Aaawww ada lagi mie yg enak di Bandung, waseeek kebetulan minggu ini pulkam, semoga bisa nyobain mie ini :D

    ReplyDelete
  7. Harganya lumayan terjangkau tuh. Wajib dicoba. :D

    ReplyDelete
  8. Bukan orang Indonesia sejati memang kalau nggak doyan pedas. Wkwkwkwkwk :v

    ReplyDelete
  9. Rasa mienya emang khas, bikin nagih :D ada juga di jl pahlawan

    ReplyDelete
  10. kalau yamin itu lebih mirip mie pangsit atau mie ayam ya? jadi pengen makan mie..hehehhe
    moga mereka buka cabang di malang

    ReplyDelete
  11. wih, mie juara sebandung ngeliatnya aja bikin nelen ludah aja, pinginnnnnn

    ReplyDelete
  12. beuuuuh, baru liat aja udah meletus letus nih. Pesen satu mbak di yamin tapi pake kuah yaaa haha

    ReplyDelete
  13. Menu mie dengan level gini laris melulu yaa.. hihi jadi mupeng ramen bogor niii

    ReplyDelete
  14. Judulnya bikin penasaran, pas buka makin penasaran. Mupeeeeng mau banget mie ini

    ReplyDelete