Sunday, March 19, 2017

Cara Me Time di Rumah Hanya dengan Smartphone


Tadi siang, saya membaca sebuah halaman website yang menyebutkan bahwa me time merupakan propaganda orang kafir. Bahwa istilah tersebut bisa jadi bagian dari upaya musuh Islam untuk meliberalkan manusia agar bisa beraktivitas bebas tanpa aturan. Jadi, me time seorang perempuan yang sudah berumah tangga dianggap menelantarkan keluarga, melalaikan tanggung jawab. Duh, seram amat ya. Padahal me time kan enggak begitu. Bagaimana pendapat teman-teman? 

Hidup itu harus seimbang. Sebagai seorang ibu rumah tangga, sebagian besar hari saya dihabiskan bersama anak. Tentu saja saya sangat menikmati kebersamaan tersebut. Namun peran saya di dunia ini kan bukan hanya sebagai ibu, tetapi juga sebagai hamba Allah, sebagai istri, sebagai anak, sebagai bagian dari anggota masyarakat, dan pastinya sebagai diri sendiri. Makanya, saya harus berusaha mengatur waktu agar semua peran tersebut bisa berjalan dengan baik sesuai prioritas. Termasuk waktu untuk diri sendiri alias me time.
Me time: Time spent relaxing on one's own as opposed to working or doing things for others, seen as an opportunity to reduce stress or restore energy.
(Oxford Dictionaries)
Me time versi saya bisa bermacam-macam. Mulai dari bersantai di salon hingga jalan-jalan ke luar kota menghadiri undangan sebagai blogger. Coba tanya pada suami dan anak saya, apakah mereka merasa terlantar ketika saya pergi? Hihihi.... Tapi saya sadar diri lah, enggak mungkin bisa sering-sering me time seperti itu. Jadi seringnya sih me time saya sesederhana makan mi instan, membaca novel, atau mencari tahu gosip artis terbaru Okezone celebrity.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini. Me time di rumah hanya bermodal smartphone pun sudah asyik banget. Banyak yang bisa dilakukan. Berikut me time menggunakan smartphone ala saya.

Menulis blog
Mengabadikan momen, mencurahkan isi hati dan unek-unek, serta berbagi pengalaman dan pengetahuan melalui blog merupakan cara yang menyenangkan. Alhamdulillah, hobi yang sudah saya mulai sejak tahun 2007 ini kini bisa menjadi salah satu sumber penghasilan juga. 

Blogwalking
Tujuan utama blogwalking adalah untuk menjalin silaturahmi dengan teman-teman blogger. Namun ternyata banyak sekali manfaat yang saya dapatkan dari blogwalking. Yaitu pengalaman, pengetahuan, dan inspirasi dari teman-teman blogger yang membuat wawasan saya bertambah kaya.

Membaca buku
Membaca buku juga bisa dilakukan melalui smartphone loh. Lebih praktis dan hemat. Bisa beli atau bisa juga pinjam di perpustakaan online. Buku favorit saya sekarang ini yaitu novel dan buku parenting. 

Mendengarkan musik
Mendengarkan musik dapat membuat perasaan menjadi lebih baik. Sayang suara saya fals, jadi cukup mendengarkan saja, enggak sambil nyanyi-nyanyi, hehe.... Kadang musik tersebut saya ganti dengan lantunan ayat suci Al-Quran. Supaya hati menjadi lebih adem. 

Belanja online
Perempuan mana sih yang enggak suka belanja. Tapi kalau saya lebih senang belanja buku dan makanan, daripada belanja pakaian. Melihat dan memilih barang belanjaan selalu merupakan proses yang seru. Nah, enaknya belanja online melalui smartphone, melihat dan memilih barang bisa dilakukan dengan santai sambil tiduran, hoho....

Bermain games
Kadang bermain games menjadi alternatif lain bagi saya dalam menikmati me time. Kalau sedang malas mikir, malas nulis, malas melakukan yang serius-serius, ya main games saja. 

Mencari tahu kelengkapan berita 
Kalau ada suatu kejadian heboh tentang artis atau selebriti, timeline media sosial saya pasti ramai membicarakan gosip tersebut. Namun biasanya cuma setengah-setengah. Kadang ada yang membuat saya enggak peduli, tapi ada juga yang membuat saya gereget. Nah daripada penasaran, supaya enggak ketinggalan berita terkini, biasanya saya mencari tahu melalui gosip artis terbaru Okezone celebrity. Untuk mengambil hikmah dari kejadian tersebut.


Kalau teman-teman, suka menikmati me time melalui smartphone juga enggak?

10 comments :

  1. Nulis blog pake hp saya belum pernah nyoba, dan kayaknya bakalan pegel wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihi... Saya mah selalu teh, malah pegel punggung klo nulis di laptop :D

      Delete
  2. waduh, banyak kali dah kalau selalu disangkutpautkan dengan kafir. Blog ini juga yang bikin orang kafir. Me timeku jalan2 ikut event hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya jg... Tp klo eventnya ada lomba live tweet atau live blogging malah jd cape saya mah :D

      Delete
  3. me time nya kalo positif sih, menurut saya gak apa2 ya... asal jgn sampe gak inget anak sama suami di rumah aja... :)

    ReplyDelete
  4. klo smartphone mungkin namanya bukan me time, tapi memang temen me time dikala kesepian wkwkwkw...paling chatingan sama istri kalau saya

    ReplyDelete
  5. Ah, terlalu deh pendapatnya, apa-apa yang tidak baik dikait2kan ke sana.
    Kalo me time kan bukan berarti negatif uga

    ReplyDelete
  6. Yaelah, me time aja dibilang macam orang kafir, haha... Dia nggak suka me time, ya udah, nggak usah ngatain orang ya :D

    ReplyDelete