Saturday, March 18, 2017

Tips Awet Muda di Usia 50-an


Menjadi awet muda mungkin merupakan impian sebagian besar orang. Termasuk saya. Apalagi sekarang, setelah kerut di sekitar mata dan bintik hitam mulai menghiasi wajah. Padahal usia masih awal tiga puluhan. Jadinya suka sedih deh kalau bercermin. 

Berbeda dengan ibu saya yang tampak lebih awet muda. Wajahnya cukup terawat di usianya yang sudah menginjak akhir lima puluhan. Wajar apabila akhirnya orang-orang yang enggak mengenal kami, mengira bahwa saya dan ibu sebagai kakak beradik, heuheu....

Kalau saya perhatikan, tips beliau agar bisa tampil awet muda sebenarnya sederhana saja sih. Yang membuatnya berhasil yaitu karena ibu saya secara konsisten mempraktikkannya secara rutin. Teman-teman mau tahu tipsnya? Berikut hasil observasi mengenai hal-hal yang biasa ibu saya lakukan sehingga bisa tampil awet muda.

Cukup istirahat
Tidur yang cukup memang bukan hanya berpengaruh bukan hanya pada kesehatan dan produktivitas. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur selama tujuh hingga delapan jam sehari juga dapat memberikan dampak positif bagi kesehatan kulit. Di antaranya yaitu mengurangi kerutan dan kantung mata. Ibu saya biasa tidur mulai pukul delapan malam dan bangun pada pukul tiga pagi. 

Membersihkan wajah sebelum tidur
Membersihkan wajah sebelum tidur wajib dilakukan untuk membersihkan sisa kosmetik dan debu. Sebagai wanita karir, setelah seharian mengenakan kosmetik, ibu saya tidak pernah melewatkan ritual membersihkan wajah bagaimanapun lelah dan capeknya beliau. Sedangkan saya soh berbeda banget, merasa cukup hanya dengan berwudhu kalau sedang capek. Bawaannya kepingin langsung menempel di kasur, hihihi.... 

Menghindari sinar matahari
Sinar matahari bisa mempercepat timbulnya kerutan dan flek hitam. Makanya selain mengoleskan sunscreen, ibu saya selalu berusaha mengenakan payung apabila pergi ke luar ruangan di siang hari, walaupun hanya beberapa meter. Beliau memang apik sekali menjaga kulit wajahnya dari paparan sinar matahari. 

Minum air putih
Air putih mempunyai khasiat yang sangat baik bagi tubuh manusia. Kandungan mineral dalam air putih dapat membuat tubuh sehat dan bekerja secara maksimal. Ibu saya selalu rajin meminum air putih. Bukan hanya ketika setelah selesai makan, tetapi juga saat tidur, bangun tidur, bekerja, maupun di perjalanan. Beliau selalu bekal stok air putih ke mana-mana sehingga mudah di jangkau.

Mengonsumsi buah
Buah mengandung antioksidan yang memiliki manfaat bukan hanya untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan imunitas tubuh, tetapi juga dapat mencegah penuaan dini. Setiap hari, ibu saya memulai pagi dengan mengonsumsi jus yang terdiri dari kombinasi dua atau tiga jenis buah. Awalnya hanya untuk mengimbangi asupan kolesterol (gorengan, jeroan, dan lain-lain heuheu...). Namun karena dilakukan secara rutin, hasilnya terlihat juga di wajah. 

Mengonsumsi suplemen
Untuk menjaga kesehatan, ibu saya juga biasa mengonsumsi suplemen seperti madu, vitamin C, dan lain-lain. Khusus untuk perawatan kulit, ibu saya juga mengonsumsi vitamin E. 

Begitu lah hasil pengamatan saya. Jadi lengkap ya. Bukan hanya perawatan dari luar saja, tetapi juga dari dalam. Namun ada satu hal mendasar yang menurut saya merupakan kunci dari semuanya. Kita enggak bisa mempraktikkan tips tersebut secara mendadak, kemudian tiba-tiba menjadi awet muda. Jadi, ibu saya memang rajin melakukan hal-hal di atas sejak usianya masih muda. Mungkin sekitar umur tiga puluhan. 

Layaknya seorang ibu yang selalu mengharapkan yang terbaik pada putrinya, beliau juga sering mengingatkan saya dan adik saya agar lebih telaten merawat diri, termasuk merawat kulit wajah agar bisa awet muda. Beberapa sudah saya praktikkan, beberapa lagi belum. Harus lebih semangat nih untuk membersihkan wajah sebelum tidur dan enggak cuek lagi jalan-jalan di bawah sinar matahari. Saya juga mau mulai rajin mengonsumsi Natur E Orange ah.
Natur E Orange dapat memberikan perawatan kulit dari dalam dengan vitamin E alami 300 IU. Produk ini efektif dan aman untuk melembabkan kulit tanpa memberikan efek samping. Cocok untuk kulit saya yang sangat kering.

6 comments :