Saturday, July 29, 2017

Pengalaman Jav Sekolah di Al-Hikmah Preschool


Kali ini saya mau menulis review tentang Al-Hikmah Preschool. Iya, jadi sebelum masuk sekolah dasar, Jav melalui 2 tahun masa TK-nya (TK A dan TK B) di sini. Alhamdulillah cocok banget. Dulu saya enggak bisa bebas bercerita soal sekolah ini. Kan enggak aman ya menyebut-nyebut nama sekolah anak di blog dan media sosial. Makanya saya biasanya hanya menulis #sekolahJav. Nah, sekarang setelah lulus, akan saya jabarkan beberapa keunggulan sekolah ini. 

Observasi
Sebelum sekolah dimulai, anak-anak menjalani observasi terlebih dahulu. Baik dalam hal emosi, kognitif, motorik kasar, motorik halus, dan lain-lain. Setiap anak kan unik. Jadi guru bisa mengetahui apa kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selanjutnya orang tua juga bisa berdiskusi dengan psikolog mengenai bagaimana caranya agar perkembangan anak bisa sesuai dengan usianya. 

Hari Pertama
Menurut saya, hari pertama sekolah di Al-Hikmah Preschool cukup mengesankan. Anak-anak diajak berkeliling komplek naik delman. Bahkan mereka juga menerima hadiah dari teman-teman lama. Anti mainstream. Ada enggak sekolah lain yang seperti ini? 

Bekal Sehat
Sebelum masuk Al-Hikmah Preschool, Jav sempat masuk PG di RA dekat rumah. Di sana enggak ada aturan untuk bekal. Rasanya nyeseuk banget waktu tahu macaroni schotel buatan saya yang full gizi dimakan teman-temannya, sedangkan Jav makan ciki full MSG bekal temannya. Di Al-Hikmah Preschool ada aturannya, bahkan ditentukan juga temanya setiap minggu. Contohnya Senin membawa sayur kukus, Selasa bebas karena jadwal berbagi, Rabu membawa olahan singkong, Kamis membawa nasi beserta olahan sayur dan olahan ikan, kemudian Jumat membawa buah. Yeay, aman dari ciki-cikian.

Kegiatan Luar Kelas
Selain di kelas, anak-anak banyak juga bermain dan belajar di luar kelas. Halamannya memang luas. Guru-gurunya juga sering mengajak anak-anak keliling komplek atau jalan-jalan ke sawah. Kegiatannya macam-macam, tergantung tema bulan tersebut. Contohnya memungut sampah atau berburu bahan untuk bermain masak-masakan.

Memanfaatkan Barang Bekas
Barang bekas (kertas bekas, dus bekas, dan lain-lain) merupakan harta berharga bagi kepala sekolah dan guru-guru di Al-Hikmah Preschool. Makanya anak-anak terbiasa mengumpulkan barang bekas dan membuat karya menggunakan bahan tersebut. Repotnya, Jav jadi suka mengoleksi barang bekas juga di rumah, heuheu....

Menjaga Fitrah Anak
Pernah mengenal orang yang sangat pintar tapi enggak asyik untuk diajak bekerjasama? Nah, supaya hal tersebut enggak terjadi pada anak-anak kita, kita harus menjaga fitrah mereka. Fitrahnya anak-anak usia TK dan SD itu bekerjasama bukan berkompetisi. Baru setelah SMP (atau SMA ya, lupa) mereka mulai butuh pengakuan atas kemampuan yang dimilikinya. Makanya di Al-Hikmah Preschool yang ditekankan yaitu kolaborasi dan kerjasama tim. Perlombaan misalnya seperti lomba 17 Agustusan sih ada, tapi semuanya menang mengalahkan diri sendiri. Sekolah ini juga enggak pernah mengikutkan siswanya dalam lomba mewarnai, menari, dan lain-lain. 

Baca deh tulisan Pak Bukik Setiawan tentang lomba dan kompetisi ;) 

Assembly
Assembly cuma diadakan satu tahun sekali? Di Al-Hikmah Preschool, assembly diadakan tiga kali. Jadi bergantian. Ketika siswa PG tampil, bukan hanya disaksikan oleh orang tua, tetapi juga dinikmati dan diapresiasi oleh kakak-kakak TK A dan TK B. 

Educational Field Trip vs Family Gathering
Kalau anak-anak ada acara di luar sekolah, pasti deh ibu-ibunya yang heboh. Untungnya di Al-Hikmah Preschool, saat Educational Field Trip, orang tua enggak boleh ikut. Pertama, supaya anak terbiasa mandiri. Kedua, supaya bundanya bisa menikmati me time, hore, hohoho.... Untuk acara bersama orang tua, ada juga dong beda lagi, judulnya Family Gathering. 

No Libur
Libur memang selalu menyenangkan. Saya bisa santai-santai enggak perlu terburu-buru menyiapkan sarapan dan menyuruh Jav mandi. Tapi kalau sedikit-sedikit libur, ya rugi kan udah bayar SPP. Alhamdulillah, di Al-Hikmah Preschool, enggak pernah tuh ada libur di luar tanggal merah karena gurunya rapat, sakit, atau ikut pelatihan. Apalagi libur karena orang tua mengadakan playdate, heuheu....

No Calistung
Anak TK sudah harus bisa calistung (membaca, menulis, dan berhitung)? Duh, anak di bawah 7 tahun itu tugasnya cuma bermain. Dengan bermain, secara enggak langsung otot-ototnya terlatih sehingga siap untuk belajar calistung saat SD nanti. Kalau memang sudah siap, cuma butuh 3 bulan aja kok untuk anak bisa belajar calistung. Di Al-Hikmah Preschool, enggak ada pelajaran bahkan PR calistung. Yang ada yaitu kelas literasi (whole language) untuk siswa TK B di semester 2. 

Saya lumayan kaget pas tahu Jav masuk level paling tinggi di kelas literasi. Hanya dengan stimulasi, tanpa ada yang mengajarkan, ternyata Jav sudah bisa membaca sendiri pas usianya 6 tahun bulan Januari kemarin. Senang tapi sedih juga. Saya merasa kecolongan nih, enggak sempat mengajarkan Jav membaca, hihihi.... 

Pelibatan Ayah
Tugas ayah hanya untuk mencari nafkah? So yesterday ya.... Justru peran ayah sangat penting dalam pengembangan karakter anak. Di Al-Hikmah Preschool, terdapat beberapa kegiatan yang melibatkan ayah. Contohnya yaitu membuat layang-layang dan bersama anak menerbangkannya di lapangan dekat sekolah.

Kajian Pola Asuh
Bukan hanya Jav yang mendapat manfaat sekolah di Al-Hikmah Preschool, tapi ayah-bundanya juga. Setiap semester, diadakan kegiatan untuk menambah pengetahuan orang tua mengenai pola asuh anak. Supaya banyak yang hadir, biasanya acara tersebut diadakan pada hari libur. Anak-anak boleh dibawa ke sekolah, karena ada aktivitas juga bersama guru-gurunya. Jadi orang tua (khususnya saya dan suami) bisa fokus menuntut ilmu tanpa perlu pusing memikirkan menitipkan anak ke siapa.

Pengajian Rutin
Untuk ibu-ibunya, setiap bulan diadakan pengajian rutin bersama owner Al-Hikmah Preschool, Teh Sasa Esa. Alhamdulillah, dapat siraman rohani dengan suasana santai. Kadang pulangnya dilanjut botram. Ibu-ibu banget ya, hohoho....

Hmmm, apa lagi ya. Sementara sih itu saja yang terpikir. Misalkan ada tambahan lagi, menyusul ya ;)

Oiya, di Al-Hikmah Preschool ini saya sempat bergabung dalam kepengurusan POM 2016-2017. Menjadi sekretaris yang tugasnya menyusun buletin untuk diterbitkan setiap awal bulan. Sedangkan ayahnya Jav, pernah diminta menjadi moderator dalam salah satu acara kajian pola asuh. Senang deh, bisa ikut berkontribusi dalam program-program yang diadakan sekolah. 

~~~

Al-Hikmah Preschool
Jl. Margamakmur No. 34 Bandung
Telepon 0227511999

7 comments :

  1. Di TK anakku juga gitu mba. Nggak bileh bawa bekal yang mengandung micin, seperti ciki2an.

    ReplyDelete
  2. wah, keren banget ngelibatin ayah juga ya.. jarang2, biasanya yang kumpul2 ibu2 aja teh :)

    ReplyDelete
  3. Seneng ya teeeh. Aku juga io masuk PG tahun ini.
    Seneng sama tempatnya kalau banyak kegiatan di luar kelas, jadi anak ga bosen juga ya

    ReplyDelete
  4. Aku suka ama program yg ga ada kompetisi itu. Bagus, dan kyknya aku baru tau sekolah ini aja yg ngelakuin. Dipikir2 bener juga ya, anak seumur ini jgn diajarin utk bersaing dulu ya mba.. Harusnya memang dilatih utk kerjasama supaya gedenya rasa kebersamaan, rasa mau menolong, udh tertanam kuat dulu.. Bgs nih sekolahnya

    ReplyDelete
  5. Keren, ya. Ada jadwal bekal sehat, diajari berbagi pula. Kerjasama tim itu yang perlu ditekankan karena pada masa-masa itu anak harus belajar bersosialisasi. Kalau dari kecil jarang sosialisasi nantinya setelah dewasa jadi introvert kayak saya hahaha.

    ReplyDelete
  6. Bagus program preschoolnya, ya. Sekarang Jav udah SD?

    ReplyDelete
  7. wah lengkap sekali kurikulumnya. ini yang sangat dibutuhkan bagi anak pada saat golden age nya. belajar yang menyenangkan dan tidak menegangkan.

    salam kenal

    ReplyDelete