Saturday, September 30, 2017

Bingung Mencari Destinasi Wisata di Jogja? Berikut 5 Rekomendasi Tempat Terbaik Liburan di Jogja


Jogja merupakan kota yang amat menyenangkan. Tidak hanya dari segi masyarakatnya yang ramah dan sopan, Jojga juga terkenal dengan kulinernya yang enak dan murah. Tak hanya itu, Jogja pun memiliki destinasi wisata yang unik. Mulai dari museum, pantai, air terjun, hingga hutan magrove. Namun, tahukah teman-teman baru-baru ini ada spot wisata di Jogja yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Di manakah itu? Berikut penjelasannya.

1. Goa Ngeleng
Apabila teman-teman liburan ke Jogja, sempatkan untuk mengunjungi daerah Gunung Kidul. Di sana teman-teman akan menemukan banyak objek wisata. Salah satunya yang paling baru adalah Goa Ngeleng. Goa ini menyuguhkan pemandangan yang amat eksotis. Teman-teman akan menikmati pengalaman yang tidak akan didapatkan di objek wisata lainnya.


Untuk mencapai dasar goa, ada 2 jalur yang dapat teman-teman tempuh. Pertama, teman-teman dapat turun secara vertikal dengan mengguakan tali. Atau kedua, teman-teman dapat melalui jalan setapak yang berjarak kurang lebih 1 kilometer. Yang menarik dari goa ini adalah aliran sungai yang mengalir di dalamnya. Sungai mengalir deras ketika musim hujan, namun akan kering ketika musim kemarau. Apabila teman-teman mengunjungi tempat ini, disarankan membawa masker karena ada puluhan bahkan ratusan kelelawar di dalam goa, yang kotorannya berbau tak sedap. 

2. Air Terjun Gedad 
Puas dengan wisata goa, saatnya mengunjungi objek wisata air terjun yang juga berlokasi di Dusun Gedad, Banyusoco, Playen, Kabupaten Gunung Kidul. Daya tarik dari air terjun ini adalah aliran air yang deras dan jernih serta batuan kapur yang dilaluinya. Sehingga ketika dibiaskan dengan cahaya matahari, tampak aliran air tersebut berkilauan seperti permata.


Tak hanya itu, objek wisata ini juga menyuguhkan pemandangan pepohonan yang tinggi menjulang, jembatan kayu, dan perbukitan kapur sekitar air terjun yang memberikan suasana asri dan menyenangkan. Harga tiketnya pun hanya 5 ribu rupiah. Teman-teman pasti tidak akan menyesal jika liburan ke Jogja dan menyempatkan diri untuk berkunjung ke tempat wisata satu ini. 

3. Hutan Pinus Mangunan Dlingo 
Hutan Pinus Mangunan Dlingo memang sudah tidak asing lagi bagi sebagian orang. Hampir seluruh traveller mengenal objek wisata satu ini. Ya, sesuai namanya, objek wisata ini merupakan sebuah kawasan hutan pinus yang berada di desa Mangunan, Dlingo, Bantul.


Di tempat ini, teman-teman akan disuguhi dengan pohon pinus yang tinggi menjulang dan memberikan kesan eksotis. Teman-teman akan dibawa pada suasana seperti pada film Twilight. Tak heran jika selain menjadi spot selfie, Hutan Pinus Mangunan Dlingo juga sering sekali digunakan sebagai spot foto prawedding maupun video klip. 

4. Kebun Buah Mangunan Dlingo
Masih pada lokasi yang sama, teman-teman juga dapat mengunjungi objek wisata yang tak kalah cantiknya. Objek wisata tersebut adalah Kebun Buah Mangunan. Tempat ini akan memberikan teman-teman pengalaman sebuah negeri di atas awan. Apabila datang pagi-pagi, teman-teman akan melihat hamparan awan oranye yang membentang di atas bukit yang amat indah. Sekalian saja ketika liburan ke Jogja, setelah mengunjungi Hutan Pinus Mangunan, mampir ke Kebun Buah Mangunan. Harga tiket masuknya pun sangat murah, hanya 5 ribu rupiah. 


5. Hobbit House, Seribu Batu Songgo Langit, Dlinggo 
Setidaknya ada 3 objek wisata terkenal di kawasan Dlingo. Salah satu yang paling terkenal adalah Hobbit House yang berlokasi di jalan Hutan Pinus Nganjir, Mangunan, Dlingo, Bantul.


Di tempat ini, terdapat rumah hobbit yang sangat instagramable. Di tempat ini, ada beberapa spot foto keren yang menjadi favorit para traveller. Seperti jembatan kayu yang menghubungkan pohon ke pohon, rumah pohon, gardu pandang, dan tentu saja rumah The Hobbit. Apabila suka tantangan, teman-teman juga dapat mencoba wahana flying fox di lokasi tersebut. Harga tiketnya murah meriah hanya 2 ribu rupiah saja. Jadi, pasti menyesal deh jika liburan ke Jogja namun melewatkan tempat ini.  

16 comments :

  1. Rumah Hobbit nya keliatan lebih real dripada di Lembang poenya hehehhe duh Jogja emang ngangening, semoga bisa ajak liburan keluarga aamiin, tfs ya Teh

    ReplyDelete
  2. Aku mau ke hutan pinussss, belum pernah, udah lama gak ke jogja

    ReplyDelete
  3. Belum ada satupun yang saya datangi hehehe

    ReplyDelete
  4. Hutan pinusnya keren yah, sepertinya tenang kalau liburan disana

    ReplyDelete
  5. Semuanya blm aku datangin.. :O.. Padahal sering ke jogja tiap kali mudik ke solo.. Ntah kemana aja ku selama inii :o

    Paling menarik buatku yg goa ngeleng sih mba. Adrenalin naik tuh turun k bawah pake tali :D

    ReplyDelete
  6. Wah keren2 tempatnya... tapi kalo mba ada kesempatan mengunjungi pandeglang banten saya rekomendasikan untuk maen ke tanjung lesung, pulau umang, pulau panaitan (Ujung Kulon) dan curug Putri. pokoknya itu tempat keren2 banget.

    ReplyDelete