Thursday, September 21, 2017

Nyamannya Kehangatan Transpulmin dan Sentuhan Ibu

Transpulmin
"A mother's arm are more comforting than anyone else's"
- Princess Diana -

Karena itulah ketika seorang bayi baru lahir, dia langsung disimpan di dada ibunya dan dipeluk oleh ibunya. Ketika bayi demam, disarankan melakukan skin to skin contact dengan ibunya agar suhu badannya bisa turun. Bahkan ketika dulu Jav mengalami nursing strike, saya mendekapnya serta melakukan skin to skin contact supaya terjadi Let Down Reflex dan Jav mau menyusu lagi. 

Ah... betapa ajaibnya sentuhan dan dekapan seorang ibu. Begitu pun ketika Jav sakit influenza, saya memijat dan menghangatkan badannya dengan sentuhan tangan saya, tentunya sambil mengoleskan Transpulmin BB.

Saya memang baru mengenal Transpulmin BB setelah mempunyai Jav. Saat itu Jav sakit influenza. Seperti yang sudah diketahui bersama, sakit influenza biasanya disebabkan oleh virus. Jadi termasuk ke dalam kelompok self-disease. Tidak perlu diobati, karena bisa sembuh sendiri. Namun gejalanya bisa membuat bayi menjadi rewel.

Beruntung saya bergabung dalam salah satu komunitas para ibu. Dari sana, saya mengetahui bagaimana caranya melakukan home treatment untuk anak yang sakit influenza. Salah satunya yaitu menggunakan Transpulmin BB. 

Berikut home treatment yang saya lakukan untuk membuat Jav tetap merasa nyaman ketika dulu sakit influenza:
  • Terus memberikan ASI untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Berjemur selama 15 menit di bawah sinar matahari pagi.
  • Terapi uap menggunakan minyak esensial yang diteteskan ke wadah berisi air panas.
  • Mengoleskan Transpulmin BB di dada, punggung, dan leher.

Jadi, Transpulmin BB merupakan balsam khusus untuk bayi. Tidak terlalu panas, tapi cukup untuk menghangatkan badan bayi dan melegakan pernapasannya. Alhamdulillah, setiap sakit influenza, Jav tidak pernah rewel.

Kini Jav sudah besar, usianya telah menginjak 6,5 tahun. Tentunya sudah tidak menggunakan Transpulmin BB lagi. Tapi sekarang Jav juga sudah mempunyai adik bayi. Namanya Rashya, usianya 1 bulan. Maka saya pun menyediakan lagi Transpulmin BB di rumah. 

Ternyata, Transpulmin itu ada dua macam loh, Transpulmin Baby Balsam dan Transpulmin Family Balsam. Saya baru tahu nih, hehehe.... Akhirnya, saya pun menyetok keduanya. 

Transpulmin Baby Balsam untuk Rashya
Transpulmin Baby Balsam (Transpulmin BB) merupakan balsam dengan bentuk tube yang dikemas dalam kotak dus. Warna kemasannya dominan putih dengan aksen hijau dan kuning. Terdiri dari dua ukuran yaitu 10 gram dan 20 gram. Yang saya miliki ini ukuran 10 gram, imut-imut ya. 

Terdapat keterangan mengenai balsam ini baik di tube maupun di kotak dusnya. Namun untuk informasi lebih lengkap, bisa dibaca di brosur yang menyertainya. Mulai dari komposisi, kegunaan, dosis dan cara pemberian, peringatan dan perhatian, efek samping, kontra indikasi, hingga cara penyimpanan, tersedia dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Transpulmin BB diformulasikan khusus untuk bayi berusia 0-2 tahun. Mengandung eucalyptus oil yang memberikan efek relaksasi dan anti-inflamasi serta ekstrak bunga chamomile yang dapat melegakan gangguan pernapasan dan menghangatkan badan. Balsam ini tidak mengandung champor dan menthol, sehingga sesuai untuk kulit bayi dan tidak menyebabkan alergi.

Transpulmin

Cara menggunakannya sangat mudah. Cukup putar tutupnya dan pencet tubenya. Lebih higienis ya karena tidak perlu dicolek-colek. Jenis balsamnya berupa krim berwarna putih. Tidak perlu khawatir luber, karena krim yang keluar sesuai dengan tekanan yang diberikan. Saya sempat mencoba mengaplikasikannya ke kulit saya. Cepat meresap dan tidak lengket. Aromanya sangat lembut, rasanya sedikit hangat, tanpa ada sensasi dingin seperti balsam lain. Memang cocok untuk bayi.

Saya selalu mengoleskan Transpulmin BB ke dada, punggung, dan leher Rashya setiap pagi dan sore hari setelah mandi. Di luar waktu tersebut, saya juga biasa mengoleskannya saat Rashya mulai rewel. Seringnya sih di malam hari. Ada beberapa hal yang dapat membuat Rashya rewel.

Transpulmin

Pertama, karena kembung. Saat mengganti posisi menyusui dan setelah selesai menyusui, saya selalu menyendawakan Rashya. Namun usaha tersebut kadang berhasil, kadang tidak. Malah lebih sering tidak berhasilnya, heuheu... Akhirnya di malam hari, Rashya rewel karena kembung. Cirinya yaitu perutnya terasa keras. Untuk mengatasinya, saya oleskan Transpulmin BB di dada, perut, dan punggungnya. Lalu saya lakukan pijat ILU dan gowes sepeda. Tidak lama kemudian, Rashya pun buang angin, hohoho.... Setelah itu, dia bisa tidur pulas.

Kedua, karena pegal. Posisi menggendong dan menyusui yang kurang tepat, bisa membuat badan bayi terasa sakit dan pegal. Jadi bukan badan bundanya saja yang pegal karena bolak-balik menyusui, bayi seusia Rashya pun bisa merasa pegal. Makanya, ketika popoknya sudah diganti, sudah kenyang diberi ASI, dan perutnya tidak kembung, tapi Rashya tetap rewel, saya mencoba mengoleskan Transpulmin BB serta memijat badannya. Bukan pijat betulan sih, usianya kan masih di bawah 2 bulan. Jadi hanya diusap-usap lembut dengan sedikit tekanan, menggunakan teknik memijat yang saya pelajari dari video produk perawatan bayi. Hangatnya Transpulmin BB dan pijatan di badannya bisa membuat Rashya nyaman kembali.

Transpulmin Family Balsam untuk Jav dan Saya
Nah, kalau Transpulmin Family Balsam (Transpulmin) merupakan balsam yang bisa digunakan oleh anak usia 2 tahun ke atas. Bentuk kemasan, ukuran, brosur, tekstur, semuanya sama seperti Transpulmin BB. Hanya saja warna kemasannya berbeda, yaitu kuning dengan aksen bunga chamomile. Lebih cantik ya.

Transpulmin

Kandungannya pun berbeda. Transpulmin bukan hanya mengandung eucalyptus oil dan ekstrak bunga chamomile. Tetapi juga menthol untuk melegakan pernapasan, champor untuk menghangatkan badan, dan sage oil untuk memberikan efek relaksasi.

Beberapa waktu yang lalu, Jav mengalami sakit influenza. Seharusnya saya tidak perlu cemas ya. Tapi karena sakitnya menjelang imunisasi MR di sekolahnya, saya pun menjadi khawatir. Jangan sampai deh ketika saatnya tiba, Jav masih sakit. Repot lagi kan kalau harus ditunda dan mengikuti jadwal susulan.

Akhirnya saya mencoba untuk tidak panik dan melakukan home treatment seperti biasa. Karena sudah besar, tentu home treatment-nya agak berbeda dengan ketika Jav masih bayi. Yaitu:
  • Meningkatkan asupan cairan baik dari air putih, susu, jus, dan sup.
  • Meningkatkan konsumsi sayur dan buah.
  • Meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengkonsumsi madu dan sari kurma sebagai suplemen alami.
  • Berjemur di bawah sinar matahari pagi. Kalau Jav sih sambil bermain sepeda, aktivitas kesukaannya.
  • Mengoleskan Transpulmin BB di dada, punggung, dan leher.

Dengan treatment tersebut, meskipun sakit, Jav bisa tidur dengan nyenyak di malam hari, serta tetap aktif dan ceria di siang hari. Plus yang paling penting, beberapa hari kemudian sakitnya sembuh sehingga bisa mengikuti imunisasi MR di sekolah.

Transpulmin

Saya sendiri juga rutin loh menggunakan Transpulmin. Jadi saya ini kan memiliki alergi dingin. Makanya, setiap bangun tengah malam untuk menyusui Rashya, alergi saya langsung kambuh. Hidung sakit dan meler. Rasanya sangat tidak nyaman. Ya mengantuk, ya alergi kambuh, harus menyusui pula. 

Namanya alergi kan memang tidak bisa disembuhkan. Kalau tidak mau kambuh, berarti harus menghindari pemicunya. Berhubung saat ini tidak bisa menghindar dari bangun di malam hari karena menyusui Rashya, biasanya saya berusaha meringankan gejalanya dengan menghirup inhaler. Saya tidak suka menggunakan balsam atau minyak angin karena terasa berminyak dan lengket di kulit. Saya juga malas bangun pagi dengan aroma seperti orang sakit, hihihi.... 

Untung sekarang sudah tahu Transpulmin, tidak repot lagi menyusui sambil memegang inhaler. Setiap alergi kambuh, saya mengoleskan Transpulmin ke leher dan pundak. Enak.... Krimnya cepat meresap dan tidak lengket di kulit. Rasanya hangat. Aromanya segar dan lembut, melegakan pernapasan, serta membuat rileks. Saya pun bisa menyusui Rashya dengan nyaman. Dan keesokan paginya, tidak tersisa bau apapun. 

Memang andalan banget deh Transpulmin BB dan Transpulmin ini. Berikut beberapa keunggulan yang saya rasakan berdasarkan pengalaman menggunakan kedua produk tersebut.
  • Aman. Sudah terdaftar di BPOM dengan nomor registrasi QD151713831 untuk Transpulmin BB dan QD151713901 untuk Transpulmin.
  • Alami. Memiliki kandungan bahan alami yang disesuaikan dengan usia penggunanya. Transpulmin BB untuk bayi berusia 0-2 tahun hanya mengandung eucalyptus oil dan ekstrak bunga chamomile. Adapun Transpulmin untuk anak berusia di atas 2 tahun mengandung eucalyptus oil, ekstrak bunga chamomile, menthol, champor, dan sage oil. 
  • Praktis. Ukuran kemasannya mungil, dengan pilihan 10 gram dan 20 gram, sehingga enak dibawa bepergian.
  • Higienis dan mudah digunakan. Kemasannya berbentuk tube dengan tutup yang dapat diputar.
  • Nyaman. Balsam berupa krim yang cepat meresap serta tidak lengket di kulit.
  • Mudah didapatkan. Bisa dibeli di Kimia Farma, Century, Guardian, Watsons, Boston, serta apotek dan toko obat terdekat.
  • Terjangkau. Di apotek dekat rumah saya, harga Transpulmin BB dan Transpulmin ukuran 10 gram masing-masing sekitar Rp 50.000.
  • Kaya manfaat. Terbukti dapat meringankan gejala influenza, melegakan pernapasan, menghangatkan badan, meredakan nyeri punggung (badan) dan sakit perut (kembung), serta membuat rileks.
Transpulmin

Kesimpulannya, very recomended. Hati menjadi lebih tenang apabila di rumah selalu tersedia Transpulmin BB dan Transpulmin. Karena kehangatannya senyaman sentuhan ibu.

~~~


34 comments :

  1. Asyik ya kalau sedia transpulmin di rumah. Jadi ga langsung panik kalau anak tidak enak badan

    ReplyDelete
  2. Saya selalu sedia kemana-mana juga, Mak... Khawatir tetiba ada gejala flu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup... Harus punya 2 nih, 1 buat di rumah, 1 buat pergi2...

      Delete
  3. Transpulmin pas hangat cocok untuk anak2

    ReplyDelete
  4. Aku mau coba pakai ah. Sepertinya bagus buat anak. Akram kalo pilek so mampet hidungnya.

    ReplyDelete
  5. oh ternyata 2 macem ini ada bedanya tohh..

    ReplyDelete
  6. baru tau setelah membaca artikel ini...terikasih atas ulasannya mbak...

    ReplyDelete
  7. Aku selalu sedia juga Transpulmin teh. Wanginya jga enak ya, nyegerin

    ReplyDelete
  8. Ini nih andalan baru keluarga saya buat ngobatin flu. Gak perlu minum obat, sesak napas, batuk, dan gejala flu lain bisa cepet reda. Tidur pun jadi nyenyak.

    ReplyDelete
  9. ini juga andalan saya kalau anak - anak pilek batuk

    ReplyDelete
  10. Aku dirumah punya transpulmin juga untuk dipakai sekeluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Manfaatnya bs dirasakan seluruh anggota keluarga ya :)

      Delete
  11. punyaaa jugaaa.. recommended, apalagi pas anak2 batpil

    ReplyDelete
  12. cocok banget nih buat anak-anak yang susah minum obat saat flu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau flunya karena virus, enggak usah minum obat ;)

      Delete
  13. Cocok banget nih buat anak-anak saat flu

    ReplyDelete
  14. Pakai Transpulmin bikin hangat di badan mbak, enak dipakai terutama saat flu

    ReplyDelete