Wednesday, September 27, 2017

Paduan Suara yang Mengharumkan Nama Indonesia


Perguruan tinggi bukan hanya tempat untuk menuntut ilmu, tetapi juga merupakan salah satu tempat bagi generasi penerus bangsa ini untuk berkarya. Salah satunya melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada di perguruan tinggi tersebut. Saya sih waktu itu ikut UKM kesenian Bali, namanya Maha Gotra Ganesha ITB. Kalau teman-teman? Apakah ikut UKM olahraga, seperti sepakbola dan renang? Apakah UKM media, seperti radio dan majalah? Apakah UKM pecinta alam? Atau UKM seni dan budaya, seperti marching band dan paduan suara?

Yup, salah satu UKM yang umumnya ada di berbagai perguruan tinggi adalah paduan suara. Paduan suara memang kerap menjadi pilihan bagi mahasiswa yang memiliki bakat di bidang musik atau tarik suara. Ternyata, banyak UKM paduan suara yang berhasil membanggakan Indonesia loh. Di antaranya sebagai berikut.

1. Paduan Suara Mahasiswa UAJY (PSM UAJY) 
Dari kota gudeg, ada Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) yang merupakan universitas swasta dengan pendidikan berkualitas di negeri ini. PSM-nya pun berprestasi. Pada tahun 2013, mereka pernah mendapatkan Silver Medal pada kategori Mixed Choir Difficulty Level 1, Sing ‘N’ Joy Manila 2013 Philippines International Choir Competition di Manila, Philippines. Pada ajang dan tahun yang sama mereka juga berhasil meraih Gold Medal pada kategori Folklore dan Pop Show, Special Prize People Choice Award for Foreign Choir, An Outstanding Colorful Program for Folklore Choir, dan masih banyak lagi. 

2. Paragita Choir (PSM UI)
Universitas Indonesia terkenal sebagai salah satu perguruan tinggi negeri dengan pendidikan berkualitas. Ternyata mahasiswanya juga berprestasi dalam paduan suara loh. Salah satu prestasi yang membanggakan bagi Paragita Choir yaitu saat mendapakan juara dua di kategori paduan suara campur dan juara ketiga untuk kategori paduan suara kecil. Prestasi ini mereka dapatkan saat berkompetisi dalam ajang 62nd Guido d’Arezzo International Poliphonic Competition di Arezzo, Toscana, Italia.

3. Unpad Choir ( PSM UNPAD)
PSM Universitas Padjajaran (UNPAD) juga merupakan salah satu PSM yang berprestasi di negeri ini. Pada tahun 2013, mereka berhasil meraih juara 1 kategori Polifonia Costa Blanca – Alicante Provincial Choir dalam kompetisi International Contest of Habanera and Polyphony of Torrevieja di Provence Torrevieja, Spanyol. Mereka juga pernah bekerja sama dengan kedutaan RI untuk Hungaria saat menyelenggarakan konser di kota Miskolc dan Eger. Pendidikan berkualitas di UNPAD jelas tidak hanya di bidang akademik saja ya.

4. Paduan Suara Mahasiswa ITB (PSM ITB)
PSM ITB pun baru saja kembali mengharumkan nama Indonesia dalam ajang internasional. Pada kompetisi paduan suara internasional, 5th Florence International Choir Festival (FICF), yang diadakan tahun 2016 di Florence, Italia, PSM-ITB berhasil mendapatkan lima penghargaan. Yaitu dua medali emas pada kategori Mixed Youth Choir dan Folklore. Serta Best Italian Composer Performance, Best Contemporary Arrangement, dan Best Costume. Tentu saja mereka banyak membawakan lagu-lagu daerah seperti Janger dan Yamko Rambe Yamko hasil aransemen Agustinus Bambang Jusana. Hmmm, jadi ingat, dulu saya dan teman-teman di MGG ITB pernah mementaskan tari Janger diiringi oleh PSM ITB.

6 comments :

  1. Aku juga suka banget sama paduan suara. Wah, keren ya mereka bisa mengharumkan nama Indonesia. :D

    ReplyDelete
  2. Dija kadang kadang suka nonton di youtube
    perform nya pasuan suara Indonesia di Luarg Negri
    keren keren semuaaaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tante suka merinding kalau nonton paduan suara, saking kerennya :)

      Delete