Tuesday, October 24, 2017

Pilih Mana, Belajar Online atau Konvensional?

Ruangguru

Alhamdulillah ya, mempunyai bayi yang baru lahir itu bikin rumah jadi enggak sepi lagi. Biasanya adem ayem, sekarang jadi banyak yang datang ke rumah untuk menengok Rashya. Biasanya hanya bertemu di media sosial dan cuma mengobrol lewat aplikasi messenger, sekarang bisa langsung bertatap muka. Sampai kini usianya menjelang tiga bulan, masih ada satu-dua teman dan saudara yang berkunjung menjenguk Rashya.

Kalau sudah ketemu begitu, ada saja yang dibicarakan. Berhubung sudah jadi emak-emak, bahasannya tentu enggak jauh dari cerita soal kehebohan sehari-hari sebagai seorang istri dan ibu. Salah satu yang dialami teman saya yaitu repotnya bolak-balik mengantar jemput kedua anaknya. Bukan hanya ke sekolah, tetapi juga ke tempat kursus dan les. Dengan jadwal yang berbeda-beda pula. Padahal dia juga mempunyai seorang bayi.

Saya jadi mengingat masa lalu. Ketika kelas tiga SMA, saya pernah ikut les di Jalan Sumur Bandung. Awalnya ibu saya enggak setuju, karena terlalu jauh, padahal yang dekat dengan sekolah di sekitar Jalan Solontongan juga ada. Alasan saya, "Biar nanti kalau kuliah di ITB udah biasa." Hihihi, untung kesampaian. 

Tapi itu kan dulu, lima belas tahun yang lalu. Ya ampun, saya sudah tua ya, heuheu.... Sekarang kalau bisa sih sekolah dan tempat les jangan jauh-jauh dari rumah, soalnya Bandung macet terus. Kasihan anaknya capai di jalan. Apalagi kalau anaknya masih SD seperti teman saya, kasihan juga orang tuanya karena harus mengantar jemput.

Nah, beberapa waktu yang lalu, saya pernah membaca tulisan teman blogger tentang Ruangguru. Ruangguru merupakan aplikasi belajar yang dapat diunduh secara gratis. Kita bandingkan yuk, Ruangguru dengan tempat les konvensional. Berhubung anak teman saya les di Primagama, saya akan langsung membandingkan Ruangguru dan Primagama

Ruangguru
  • Konten di Ruangguru tersedia untuk siswa dan siswi sekolah mulai dari SD kelas 1 sampai dengan tingkat menengah atas IPA dan IPS.
  • Konten di Ruangguru (video, latihan soal, tryout online, dan lain-lain) sesuai dengan kurikulum nasional.
  • Ruangguru memiliki Master Teacher, pengajar-pengajar berpengalaman dan terbaik lulusan universitas-universitas top Indonesia dan luar negeri.
Ruangguru
  • Ruangguru menawarkan berbagai layanan untuk mendukung pendidikan, antara lain:
- RuangBelajar: Sebuah layanan video belajar dan soal latihan berlangganan terpadu.
- RuangLes: market-place guru privat.
- RuangLesOnline: Layanan bimbingan belajar online on-demand.
- Ruangguru Digital Bootcamp: solusi pendidikan untuk pembelajaran jarak jauh berbasis group chat.
Ruangguru
  • Metoda belajar Embedded E-Learning. Karena melalui aplikasi, maka metode ini memberikan upaya agar terjadi semacam just in time training. Maksudnya, dirancang untuk memberikan bantuan segera atau saat itu juga. 
  • Ruangguru telah menerima berbagai penghargaan dari lembaga ternama.
  • Ruangguru telah dipercaya oleh pemerintah daerah di seluruh Indonesia yaitu 326 pemerintah kabupaten/kota di 33 pemerintah provinsi.
  • Aplikasi bisa digunakan di mana saja dan kapan saja. 

Primagama
  • Program bimbingan belajar di Primagama ditujukan untuk siswa dan siswi sekolah mulai dari SD kelas 3 sampai dengan tingkat menengah atas IPA dan IPS.
  • Primagama memiliki Smart Book yang disusun sesuai kurikulum pemerintah dengan sajian yang mudah dipahami oleh siswa.
  • Primagama mempunyai instruktur Smart yang handal, menguasai materi pelajaran, dan mampu menyampaikan materi dengan gaya yang menyenangkan.
  • Layanan di Primagama menggunakan konsep REC, yaitu:
- Remedial: pengulangan atau perbaikan
- Enrichment: pengayaan
- Consultation: konsultasi
  • Metoda belajar di Primagama yaitu Smart Solution: Simple, Mind, Aplicable, Rational, dan Trick.
  • Primagama telah mendapatkan 23 penghargaan penting.
  • Belajar bisa dilakukan di lebih dari 500 cabang di seluruh provinsi di Indonesia. Waktunya sesuai dengan jadwal yang sudah ditentukan.

Teman-teman pilih yang mana? Kalau saya sih kayanya pilih Ruangguru saja. Soalnya aplikasinya bisa dimanfaatkan oleh Jav yang masih duduk di kelas 1 SD. Selain itu bisa digunakan di mana saja dan kapan saja, sehingga bukan hanya hemat energi, waktu, dan biaya, saya pun bisa ikut mendampingi Jav ketika sedang belajar online di rumah.

8 comments :

  1. Sejalan sama pemikirannya mbak Nathalia nih saya, mungkin ruang guru memang lebih fokus ke belajar online kali ya daripada primagama yang udah punya cabang di kota-kota besar Indonesia.

    ReplyDelete
  2. Sekarang lebih asik belajar online daripada konvesional sih menurut saya

    ReplyDelete
  3. Lebih praktis online sih. Soalnya bisa disambi ngerjain kerjaan rumah tangga menurutku. Hehehe :D

    ReplyDelete
  4. Kayaknya aku telat deh mbak buat merasakan enaknya belajar online di Ruangguru. Anakku aja deh nanti yang aku daftarin :D

    ReplyDelete