Saturday, November 4, 2017

Review Woven Wrap Nana Babycarrier


Awalnya saya enggak pernah memiliki keinginan untuk menggendong Rashya menggunakan woven wrap. Karena sepertinya rumit harus melilit-lilit kain yang sangat panjang. Sudah cukup memakai stretchy wrap aja deh yang harus dililit-lilit. Tapi saat ada pendaftaran peserta travelling woven wrap Nana Babycarrier di WAG Bandung Babywearers, saya jadi penasaran juga. Akhirnya coba daftar, dan... dapat. Yeay!

Saya baru sebulan bergabung dengan komunitas Bandung Babywerarers. Perkenalan dengan komunitas BBW bermula ketika saya mencari tutorial simpul jangkar untuk jarit. Tutorial tersebut menuntun saya pada komunitas Indonesia Babywearers dan Bandung Babywearers.

Niat awal saya bergabung dengan komunitas BBW selain untuk mendapatkan ilmu tentang babywearing, juga agar bisa mendapatkan akses untuk meminjam gendongan di library-nya. Setelah masuk, baru tahu ternyata ada travelling wrap juga. Sayangnya sudah beberapa kali saya enggak bisa ikut daftar karena entah kenapa jadwalnya selalu bentrok dengan jadwal Rashya ke dokter, hihihi... 

Hingga kemarin, akhirnya kesampaian juga bisa ikut travelling wrap. Semua prosesnya seru dan bikin deg-degan. Mulai dari pendaftaran yang waktunya super singkat. Kemudian berharap-harap cemas bisa terpilih atau enggak. Lalu senang setelah terpilih. Antusias saat gendongannya tiba di rumah. Tapi deg-degan takut tanpa sengaja mengotori atau merusak gendongannya. Dan lega setelah mengirim gendongannya ke peserta selanjutnya, hehehe....

Jadi, pengalaman pertama travelling wrap ini saya mencoba Woven Wrap Nana Babycarrier Big Stripe Orange milik Teh Tyas Landiastuti. Woven wrap adalah kain tenun panjang yang digunakan untuk menggendong bayi. Karena ditenun dan enggak melar, woven wrap termasuk gendongan dengan masa pakai yang panjang, yaitu dari bayi baru lahir sampai masa balita. 

Woven wrap dari Nana Babycarrier ini merupakan kain tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin) 100% katun. Cantik, begitu kesan awal saya ketika menerimanya. Mata Rashya juga ikut berbinar melihat warnanya yang cerah dan segar.


Setelah berkali-kali melihat tutorial teknik menggendong menggunakan woven wrap, akhirnya saya mencoba Front Wrap Cross Carry (FWCC). Ya iyalah, itu yang paling dasar dan paling gampang. Lumayan juga melilit kain size 6 sepanjang 4,7 m ini. Masih ada banyak sisanya. Sepertinya saya lebih cocok menggunakan size 5. Jadi, woven wrap memiliki ukuran yang berbeda-beda, disesuaikan dengan tinggi dan berat badan baik penggendong maupun yang digendong.

Ketika terpasang, rasanya enak banget. Berat beban Rashya (2 bulan / 6,2 kg) menyebar ke seluruh badan. Melekat dengan pas dan kokoh. Rashya pun langsung terlelap beberapa menit kemudian. Saya bisa menyapu dan mengangkat jemuran dengan nyaman. Jujur, saya langsung jatuh cinta. Apalagi, sama dengan ring sling-nya, woven wrap dari Nana Babycarrier ini cukup tipis dengan gramasi 125 g/m2. Enggak bikin gerah. 


Sayang banget, saya enggak bisa memamerkan mengenakan gendongan ini jalan-jalan ke luar. Soalnya pas kebagian menjadi host travelling wrap di hari kerja, hari Selasa sampai hari Jumat. Hari Sabtu sudah saya kirim ke host selanjutnya. Untungnya dalam waktu empat hari tersebut, saya masih bisa mencoba beberapa teknik lain. Diantaranya yaitu FWCC with Poppin Finish, tapi belum berhasil rapi dan membuat Rashya nyaman. Serta FWCC with a Pond Finish. Maaf enggak ada fotonya karena saya malas mengganti daster, hehehe....

Terima kasih ya Teh Tyas Landiastuti atas pinjaman woven wrap-nya, sehingga saya bisa ikut mencicipi dan mulai teracuni. Terima kasih juga untuk Bandung Babywearers yang telah memfasilitasi travelling wrap ini. 

44 comments :

  1. kayaknya nyaman banged yah si Rashya?

    Hangat dan lembutkah itu mbak bahannya?

    argh, jadi pengen beli buat si kecil di rumah :)

    salam kenal mbak....

    ReplyDelete
  2. Wah menarik sekali traveling wrap, warnanya cantik bgt ya, btw saya belum bisa pakai gendongan yg kain Teh hehe tfs ya

    ReplyDelete
  3. Rashya kelihatan nyaman banget tuh. :D Warna gendongannya juga nyenengin. :D

    ReplyDelete
  4. Ih lucu ya warnanya. Cocok memang untuk traveling :)

    ReplyDelete
  5. aihh jaman skrng gendongan banyak banget variannya ya. Jadi pengen punya anak lagi hehhe

    ReplyDelete
  6. Baby Rashya umur brpa bln Mbak? Anteng banget kayaknya digendongan yah. Pengen coba juga :)

    ReplyDelete
  7. lucu bangeet rasya, naplok begitu keliatan nyamaaaan

    ReplyDelete
  8. wrapnya lucu, tetap bikin match buat jalan-jalan

    ReplyDelete
  9. Sayaang anak2ku udh gede dan ga suka digendong gitu lg. Dulu pas masih bayi, jujurnya kita lbh srg bawa mereka pake stroller mba, drpd di gendong . Palingan yg gendong pake jarik itu babysitternya. Tp krn mereka tipe org tua, jdnya lbh suka pake jarik biasa huehehehe :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama, dulu jav ke mana2 seringnya pakai stroller... Sekarang strollernya masih nganggur :D

      Delete
  10. Dulu pernah baca artikel kan tentang cara gendong bayi. Dan ternyata ada beberapa gendongan bayi yang kurang baik untuk perkembangan si bayi, jadi mulai pilih-pilih untuk gendongan (padahal belum nikah dan belum punya anak :')). Ada semacam sertifikasi amannya gitu kan ya teh?

    ReplyDelete
  11. keren amat ya skrg ada komunitas ibu suka gendong anak. Jadi makin happy dan semangat ya mak ngurus anak2

    ReplyDelete
  12. Langsung suka liat gendongan ini pas liat di IG-nya Lia, lucu banget, kayaknya baby-nya nyaman juga

    ReplyDelete
  13. Liat gendongan lucu-lucu gini jadi inget zaman anak-anak masih bayik, sekarang udah gede-gede, nggak muat pake gendongan heuu

    ReplyDelete
  14. Duh dedek, pw banget ya itu gendongannya. Kece warnanya orange. Suka banget 😍

    ReplyDelete
  15. Lucu banget gendongannya. Bikin kabita punya bayi lagi #eh

    ReplyDelete
  16. Lucu ih warnanya. Sukaaa. Trus liat Rashya neplok gitu kayaknya nyaman banget,ya.

    ReplyDelete
  17. Saya baru denger komuntas babywearer ini setelah anak saya bisa jalan. Akibatnya nggak bisa gabung. Padahal sepertinya menarik.

    Nathalia cantik di foto ini, saya susah fokus antara gendongannya dengan muka Nathalia. Ini masih sempat pakai lipstik padahal lagi gendong bayi 2 bulan ya? Euleuh..lagi riweuh-riweuhnya itu.

    ReplyDelete
  18. Jadi pengin punya gendongannya dan ikutan komunitasnya 😃

    ReplyDelete