Friday, December 29, 2017

Review Batik Wrap Foglia


Kali ini saya akan membahas gendongan lagi. Semoga enggak bosan ya, hihihi.... Gendongan yang akan saya ulas ini merupakan gendongan ibu-ibu sepanjang masa. Apakah itu? Yup, tentu saja kain batik panjang alias jarit. Bahasa kerennya sih batik wrap. Gendongan klasik yang terdiri atas berbagai macam motif cantik dari berbagai daerah di Indonesia. Bisa digunakan sejak bayi baru lahir hingga balita.

Beberapa waktu yang lalu, saya mendapat kesempatan untuk mencicipi batik wrap dari Foglia, merk gendongan lokal asal Surakarta. Foglia memiliki dua jenis batik wrap, yaitu shortie wrap dengan panjang 3 m dan long wrap dengan panjang 5 m.

Batik wrap yang saya coba ini adalah long wrap yang memiliki panjang 5 m dan lebar 0,8 m. Ujung kainnya mengerucut sehingga memudahkan penggendong ketika mengikat kainnya. Dengan kain sepanjang itu, teman-teman bisa berkreasi menggunakan macam-macam teknik menggendong. Berhubung masih pemula dan jam terbang yang masih pendek, saya hanya menggunakan teknik Front Wrap Cross Carry (FWCC). 

Kebetulan akhir-akhir ini Rashya (4 bulan, 7,8 kg) sedang enggak mau diam. Jadi, saya harus mengeluarkan energi ekstra ketika memasang kainnya. Dengan gramasi hanya sebesar 110 g/m2, membuat Rashya tetap mudah bergerak ke sana ke mari di dalam gendongan. Namun setelah kain di samping kanan kiri dilebarkan ke tengah, Rashya pun akhirnya nemplok dengan nyaman. 

Ada dua hal yang saya suka dari batik wrap Foglia ini. Pertama, materialnya yang terbuat dari katun dan gramasinya yang ringan. Cocok banget untuk daerah tropis seperti Indonesia. Apalagi cuaca Bandung beberapa hari terakhir ini terasa lebih hot dari biasanya. Rasanya adem namun tetap kokoh menahan beban. Saya menggendong Rashya sebanyak dua kali dengan waktu masing-masing sekitar satu jam, alhamdulillah enggak pegal. 


Kedua, motifnya yang menarik dan cantik. Terutama motif Anggur ini. Warnanya kalem dan membuat penggunanya terlihat lebih anggun. Setuju enggak? Hohoho.... Middle marker-nya pun unik, berupa bordiran berbentuk daun warna kuning ciri khas Foglia.

So, memakai batik wrap ini asyik banget.
  • Membangun bonding dengan anak √
  • Bebas melakukan berbagai aktivitas √
  • Fashionable √
  • Turut melestarikan warisan budaya bangsa Indonesia √

Terima kasih ya Teh Khairani Siregar atas pinjaman batik wrap Foglianya. Suka deh. Terima kasih juga untuk Bandung Babywearers yang telah memfasilitasi travelling wrap ini. Salam gendong :)

17 comments :

  1. Aku suka motifnya, keren dan terlihat elegan gitu.
    Terlebih jika dibuat gendongan gitu, jadi kan terlihat juga sama orang..Kren..

    ReplyDelete
  2. Gendongannya cantik ya, Mbak, cocok banget buat para ibu muda yang banyak aktivitas.

    ReplyDelete
  3. Jaman sekarang motifnya udah modern ya. Dulu aku juga suka digendong pakai kain kayak gini. Hehehe.

    ReplyDelete
  4. Ini sih namanya batik fashionable xD Pingin beli, eh XD

    ReplyDelete
  5. Gendongannya kekinian banget :D Apalagi motif batikny cantik ^^

    ReplyDelete
  6. Baru tahu merek bati Frogila ^^ Cantik dan anggun ya :)

    ReplyDelete
  7. cakep banget sih motif batiknya mbak lia..

    ReplyDelete
  8. Bagus euy motif batiknya.. sayang saya mah sepertinya sudah tuntas masa gendong menggendong :))

    ReplyDelete
  9. Saya dulu juga sering memakai jarit. Tapi modelnya gitu-gitu aja. Nggak bisa macem-macem kayak ibu-ibu zaman now.

    ReplyDelete