Wednesday, April 10, 2013

Jav dan Buku

Buku adalah teman baik saya. Sebelum melahirkan Jav, saya biasanya membaca buku dalam perjalanan rumah-kantor dan kantor-rumah yang lamanya bisa sampai berjam-jam. Setelah melahirkan Jav dan berhenti bekerja, saya bisa membaca buku kapan pun di setiap ada kesempatan. Membaca buku adalah hiburan yang paling mudah didapatkan bagi saya yang menghabiskan sebagian besar waktu di rumah.

Anak kecil memang peniru ulung. Kebiasaan saya membaca buku ini rupanya ditiru oleh Jav. Dia sangat menyukai buku pertama miliknya, yaitu sebuah buku bantal berisi gambar binatang.

Jav 5 bulan (dok. pribadi)
Jav tidak hanya suka membaca buku cerita, dia juga suka ikut-ikutan membaca majalah dan koran. Bacaan favorit Jav sepanjang masa adalah brosur mobil dan peralatan elektronik hihihi.

Jav 8 bulan (dok. pribadi)
Jav juga tidak hanya meniru saya membaca buku. Setiap selesai sholat Shubuh, suami saya rutin membacakan Al-Quran pada Jav (suami saya sudah rutin melakukannya sejak Jav masih berada di dalam kandungan). Setelah selesai, Jav pun mengambil alih Al-Quran ayahnya, dan dengan gaya yang meyakinkan membolak-balik halaman Al-Quran tersebut :D

Jav 12 bulan (dok. pribadi)
Setelah Jav berumur satu tahun, setiap bulan saya mulai rutin membelikan buku cerita bergambar untuknya. Sejak saat itu juga saya rutin membacakan buku untuknya. Katanya selain meningkatkan kemampuan berbahasa anak, membacakan buku untuk anak juga meningkatkan keakraban emosi antara orang tua dan anak. Kadang Jav berinisiatif meminta saya agar membacakan buku untuknya, tetapi kadang dia cuek saja membaca sendiri bukunya :)

Jav 19 bulan (dok. pribadi)
Jav 19 bulan (dok. pribadi)
Oh iya, buku juga merupakan cara yang cukup efektif untuk menyampaikan pesan atau ajaran tertentu loh, seperti dalam buku yang sedang dibaca oleh Jav ini, tentang toilet training.

Jav 21 bulan (dok. pribadi)
Nah, itu beberapa foto yang berhasil diambil saat Jav sedang membaca. Sebagai bonus, ada juga video Jav (22 bulan) yang sedang membaca Al-Quran.

video

Seperti membaca mantra yah? Ya iyalah, membaca huruf alfabet dan huruf hijaiyah saja belum lancar hihihi.

~~~~~

Tulisan ini diikutsertakan pada Rabu Seru-nya Tingkah Anak dengan tema membaca.

14 comments :

  1. wow,jav keren mbk.....memperkenalkan jav dunia membaca sedini mungkin,siapa tau jadi penulis ya aminnnn :D
    big hug bt jav mwah tlepoks >_<

    ReplyDelete
  2. jav ternyata menyukai buku sejak kecil ya mbak.

    semoga kebiasaan membaca jav berlanjut sampai dewasa kelak ya..:)

    ReplyDelete
  3. Wah Jav pinter (*¯︶¯*) semoga kesukaannya mrmbaca berlanjut hingga dewasa

    ReplyDelete
  4. Wow, Jav asyik nih! Semoga kebiasaan membacanya terus dipertahankan sampai besar nanti.

    ReplyDelete
  5. Gaya beneer Jav baca bukunya hehehe...

    ReplyDelete
  6. JAv keren sekali, seneng ya...bisa di rumah. Selama dua tahun aku mengawal Faiz dan setelah itu...aku kembali bekerja *sekarang kepingin bersma Faiz lagi. Jaz nikmatilah mamamu...hehee, keren-keren fotona

    Sukses kontesnya ya-Jav

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba, mudah2an bisa terus bareng jav tapi tetep eksis :D

      faiz juga keren..
      sukses juga buat mba :)

      Delete
  7. Makasih udah ikutan ya, Jav ^_^ Pemenangnya akan diumumkan sblm jam 12 hari ini. *Cinderella mode on* ;)

    ReplyDelete