Friday, August 10, 2018

Yuk, Jadi Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat)

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Seminggu yang lalu, tepatnya Sabtu 4 Agustus 2018, PT Kalbe Blackmores Nutrition mengadakan Kampanye Blackmores Bunda PAS (Peduli Asupan Sehat) di Bandung. Kegiatan ini bukan yang pertama kali, karena sebelumnya sudah diadakan juga di Jakarta dan Surabaya. 

Beruntung sekali, saya mendapat kesempatan untuk menghadiri kampanye Bunda PAS edisi Bandung yang diselenggarakan di el Royal Hotel. Berhubung Rashya masih minum ASI, dan saya sudah lama enggak menyetok ASIP lagi, jadi hari itu saya menghadiri acara tersebut bersama si bayi remaja yang baru menginjak usia satu tahun.

Teman-teman mau tahu ada apa saja di acara tersebut? Simak cerita saya ya.

Waktu itu saya tiba di lokasi acara pada pukul delapan pagi. Rupanya meja registrasi sedang ramai. Di dalam pun, sudah banyak peserta berkaos Bunda PAS yang berseliweran. Yup, saat registrasi, setiap peserta mendapatkan goodie bag berisi kaos Bunda PAS. Makanya, setelah registrasi, saya pun langsung berganti pakaian, supaya kompak sama peserta lain.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Stan-Stan Keren di Acara Bunda PAS

Acara utama yang diperuntukkan bagi ibu hamil dan menyusui ini baru dimulai pukul sembilan. Saya dan teman-teman pun berkeliling terlebih dahulu di luar ballroom. Seru banget, banyak stan yang bisa dikunjungi. Di antaranya yaitu pemeriksaan kesehatan, Mamaklopedia, photo booth, dan tentu saja booth produk dari Blackmores.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Pemeriksaan kesehatannya gratis loh. Mamaklopedianya pun menarik dan sangat informatif. Berisi hal-hal yang boleh dan enggak boleh dilakukan sejak sebelum hamil, semasa hamil, dan setelah hamil. Yang paling asyik yaitu photo boothnya. Peserta bisa bergaya sebebas mungkin dengan latar dan dekorasi kamar bayi. Tiga foto terbaik yang diunggah ke media sosial akan mendapatkan voucher menginap di el Royal Hotel. Wuih, menggiurkan sekali ya.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Solusi Kesehatan Ibu Hamil dan Menyusui dari PT Kalbe Blackmores Nutrition

Setelah puas berkeliling, kami pun masuk ke dalam ballroom. Acara dibuka dengan sambutan dari Bapak Priyo Setyanto, Regional Sales Promotion Manager - Jawa Barat, Kalbe Blackmores Nutrition. Beliau menyampaikan bahwa faktor yang menjadi latar belakang diadakannya Kampanye Bunda PAS ini adalah kurangnya pemahaman dan pengetahuan akan kesehatan fisik dan psikologis ibu selama 1000 hari pertama kehidupan si kecil. 

Menurut data Survey Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2015, Angka Kematian Ibu (AKI) yaitu 305 per 100.000 kelahiran hidup. Masih terbilang tinggi walau telah mengalami penurunan jika dibandingkan dengan 2012, yaitu 359 per 100.000 kelahiran hidup. Sangat lambat dan enggak signifikan. Empat penyebab utama AKI adalah pendarahan, eklamsia, infeksi, dan komplikasi.
"Sejalan dengan visi misi Kalbe Blackmores Nutrition yaitu menyediakan solusi kesehatan yang terbaik untuk membantu mewujudkan kehidupan masyarakat Indonesia yang lebih baik, sekaligus memperingati pekan ASI dunia, kami mengadakan rangkaian edukasi yang menyeluruh melalui kegiatan Bunda PAS ini. Mulai dari metode hypnobirthing atau upaya alami menanamkan niat positif untuk memperlancar proses kehamilan dan persalinan, coaching clinic, cooking demo, hingga pemahaman mengenai asupan nutrisi yang penting bagi Bunda dan Si Kecil selama masa kehamilan dan menyusui." (Dickson Susanto, Country Manager Kalbe Blackmores Nutrition)

Hypnobirthing untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selanjutnya acara pun dimulai dengan sesi hypnobirthing yang dipandu oleh Ibu Lanny Kuswandi. Ketika hamil, saya sudah membaca buku dan mendengarkan CD-nya yang berjudul Melahirkan Tanpa Rasa Sakit, baik saat mengandung Jav maupun mengandung Rashya. Tapi ternyata membaca buku dan mendengarkan CD-nya enggak seasyik dipandu secara langsung loh.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Ibu Lanny menjelaskan bahwa kunci dari melahirkan yang nyaman adalah rajin berkomunikasi dengan bayi dan memberikan afirmasi positif. Serta yang enggak kalah penting yaitu tersenyum. Karena kalau mulut yang di atas senyum, mulut yang di bawah juga ikut senyum, hehehe....

Hypnobirthing dianjurkan dilakukan secara rutin. Di trimester awal kehamilan, latihan ini dapat mengurangi rasa mual dan pusing. Di trimester akhir kehamilan, latihan ini dapat membuat ibu lebih relaks saat proses persalinan. Lalu bagaimana dengan ibu menyusui? Latihan ini bermanfaat juga loh bagi ibu menyusui, karena dapat membuat proses menyusui menjadi lancar.

Supaya semakin afdal, peserta pun diajak untuk langsung mempraktikkan metode hypnobirthing. Dimulai dengan latihan sugesti. Yaitu dengan cara memerhatikan jari-jari tangan, memfokuskan pikiran agar jari-jari tangan kanan lebih panjang, dan tadaaa... kalau memang fokus, jari-jari tangan kanan jadi terlihat lebih panjang loh.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Selanjutnya yaitu latihan afirmasi positif. Peserta diminta untuk berdiri namun dengan posisi badan setengah jongkok dan tangan diangkat ke atas. Terbayang ya bagaimana pegalnya. Tapi dalam latihan ini, peserta diajak untuk mengucapkan afirmasi positif pada diri sendiri bahwa, "Posisi ini nyaman, enggak pegal, saya kuat, dan seterusnya."

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Kemudian terakhir, latihan relaksasi. Penerangan ruangan pun berubah temaram dan musik mengalun merdu dari pengeras suara. Secara bertahap, Ibu Lanny mengajak peserta untuk relaks, mengucapkan afirmasi positif, dan berkomunikasi dengan bayi. Duh, bagian berkomunikasi dengan bayi ini selalu membuat saya terharu.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Dulu waktu hamil Jav, saya lumayan rajin mempraktikkan hypnobirthing baik saat senam hamil di klinik maupun latihan sendiri di rumah. Tapi pas hamil Rashya malah malas-malasan. Memang butuh dukungan dari suami sih supaya latihannya bisa konsisten. Makanya, asyik banget peserta yang datang ke acara ini ditemani suaminya. Jadi bisa praktik latihan bersama di rumah, bahkan memandu dan mengingatkan istri saat sedang melahirkan. 

Mitos dan Fakta Seputar Asupan untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Setelah sesi hypnobirthing selesai, acara dilanjutkan dengan coaching clinic (talkshow) yang menghadirkan empat orang narasumber. Ada Donita, artis cantik asli Sunda yang langsingnya bikin saya kabita. Ada dr. Salli Fitriyanti, M. Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi. Ada dr. Bram Pradipta, Sp.OG, dokter spesialias kebidanan dan kandungan. Serta ada Ibu Alvina Christanti dari PT Kalbe Blackmores Nutrition.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Tema talkshow kali ini adalah fakta dan mitos seputar asupan untuk ibu hamil dan menyusui. Mantap banget ya. Sebagai seorang ibu, tentunya kita selalu ingin memberikan nutrisi terbaik untuk sang buah hati. Namun di Indonesia, hal tersebut sering terbentur dengan banyaknya mitos yang beredar.

Enggak boleh begini, enggak boleh begitu. Harus begini, harus begitu. Duh, pusing.... Hal itulah yang dirasakan oleh Donita. Artis cantik yang sudah memiliki dua orang anak ini selalu dihadapkan dengan berbagai mitos dari lingkungan di sekitar. 
  • Katanya kalau ngidam enggak dituruti, nanti pas sudah lahir anaknya mengiler terus? Itu sih mitos. Mau dituruti atau enggak, bayi biasanya mengiler kalau sedang tumbuh gigi.
  • Katanya ibu hamil enggak boleh makan durian? Itu juga mitos. Belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi durian dapat menyebabkan keguguran. Yang penting enggak berlebihan, karena bisa menyebabkan mual. 
  • Katanya ibu hamil enggak boleh tidur siang, karena bisa menghambat pertumbuhan janin? Sama, ini juga mitos. Justru ibu hamil harus istirahat dengan cukup, salah satunya yaitu dengan tidur siang apabila diperlukan.
  • Katanya porsi makan ibu hamil harus dobel, karena makannya berdua dengan bayi? Hihihi, ini juga mitos. Asupan yang diperlukan oleh ibu hamil tergantung pada kondisi awal tubuh ibu masing-masing. Apabila obesitas, kenaikan berat badannya jangan lebih dari 7 kg. Apabila normal, kenaikan berat badannya boleh sampai 18 kg. Sedangkan apabila hamil kembar, kenaikan berat badannya bisa 20 sampai 22 kg.
  • Katanya bentuk perut ibu hamil bisa menunjukkan jenis kelamin bayi? Mitos. Belum ada penelitiannya. Untuk mengetahui jenis kelamin, lebih baik melakukan USG saja.
  • Katanya ibu hamil enggak boleh minum susu kedelai? Ini juga mitos dan belum ada penelitiannya. Susu kedelai justru bisa menjadi alternatif sumber protein nabati untuk ibu hamil.
  • Katanya ibu menyusui enggak boleh makan makanan yang pedas dan minum minuman yang dingin? Mitos banget. Boleh kok, asal enggak berlebihan. Soalnya kalau berlebihan, berisiko diare, akibatnya bisa dehidrasi dan memengaruhi produksi ASI.

Dan masih banyak mitos-mitos lain yang apabila dijabarkan semua bisa jadi satu buku, hohoho...

Donita kemudian menceritakan kisah kedua kehamilannya. Meski jaraknya berdekatan, namun kondisinya sangat jauh berbeda. Hamil pertama enggak mual muntah, sedangkan hamil kedua selalu mual muntah. Ngidamnya jajan batagor, hihihi.... Sehat sih, karena bahannya terbuat dari tahu dan ikan. Tapi kan enggak bisa memenuhi Angka Kecukupan Gizi. Makanya, atas anjuran dokter, Donita mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.
"Masa kehamilan dan menyusui tentunya akan banyak menimbulkan perubahan secara fisik dan hormonal, oleh karena itu saya mengimbangi dengan mengonsumsi makanan bernutrisi. Meskipun saya sudah menjaga asupan nutrisi melalui makanan, saya juga mengonsumsi suplemen kesehatan untuk tetap menjaga nutrisi yang pas untuk kesehatan saya dan perkembangan buah hati. Dalam hal ini, saya mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold karena Blackmores memiliki odourless fish oil yang tidak berbau, serta dosis tertinggi untuk kandungan kalsium serta vitamin dan mineral lainnya yang dibutuhkan oleh saya selama masa kehamilan dan menyusui, namun masih sesuai dengan dosis harian yang harus dipenuhi." (Donita, figur publik dan konsumen Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold)
Paparan kemudian dilanjutkan oleh dr. Salli yang menekankan pentingnya 1000 hari pertama kehidupan si kecil. 1000 hari itu kapan sih? 270 hari saat berada di dalam kandungan, 365 hari tahun pertama, dan 365 hari tahun kedua. Masalahnya, biasanya seorang ibu baru mengetahui bahwa dirinya hamil setelah kandungan berusia lima minggu. Terlambat ya.

Makanya, sebaiknya calon ibu sudah mempersiapkan diri sejak masih remaja. Caranya dengan menjaga berat badan ideal melalui pola hidup sehat, yaitu mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang dan rutin berolahraga. Apabila sudah menikah dan ada rencana untuk hamil, calon ibu harus mengonsumsi asam folat sejak tiga bulan sebelum hamil.
"Pencegahan risiko Kekurangan Energi Kronis pada ibu hamil, bisa dilakukan sebelum kehamilan dengan status gizi yang baik. Pencapaian dan pengaturan berat badan yang ideal dan penerapan pola hidup yang sehat dan gizi seimbang sebelum, saat, dan setelah periode kehamilan, penting untuk memastikan kesehatan ibu dan janin optimal." (dr. Salli Fitriyanti, M. Gizi, Sp.GK, dokter spesialis gizi)
dr. Bram lalu menambahkan bahwa nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui harus pas. Enggak boleh lebih, apalagi kurang. Contohnya DHA, apabila kurang, maka anaknya akan lebih berisiko mengalami depresi dan IQ rendah di masa depan.
"Ada beberapa gangguan kesehatan yang mungkin terjadi akibat dari kurangnya asupan nutrisi saat hamil, seperti defisiensi zinc dan magnesium yang dapat menyebabkan preeklamsia dan kelahiran prematur, defisiensi zat besi dan vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, defisiensi vitamin K dapat menyebabkab perdarahan yang berlebihan saat melahirkan, asupan yodium yang tidak memadai selama kehamilan dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir mati, dan kekurangan vitamin A bisa menyebabkan rabun senja." (dr. Bram Pradipta, Sp.OG, dokter spesialis kebidanan dan kandungan)
Untuk menjawab masalah kurangnya asupan nutrisi penting ibu hamil dan menyusui, Blackmores memiliki produk unggulan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold.
"Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold merupakan rangkaian nutrisi esensial untuk kesehatan ibu dan tumbuh kembang buah hati, dengan kandungan yang tinggi DHA, tinggi kalsium, zat besi, vitamin dan mineral lainnya yang diperlukan selama masa kehamilan dan menyusui. Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold dapat menjadi salah satu opsi bagi para ibu hamil dan menyusui di Indonesia untuk dapat memenuhi asupan nutrisi yang penting dan sehat." (Dian, Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition)

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Cooking Demo

Acara kemudian dilanjutkan dengan demo masak yang ditampilkan oleh Chef Joshua. Menunya yaitu Salmon Seared Rattatouille with Balsamic Sprinkle dan Fruit Compote Salty Crunchy Nut with Greek Yoghurt. Enggak seperti namanya, bahan dan cara pembuatannya cukup sederhana dan mudah. Namun pastinya memiliki kandungan gizi yang lengkap. Cocok banget untuk ibu hamil dan menyusui. Nikmat dan sehat. Hmmm, saya memang belum mencobanya sih, hihihi.... Tapi dari mencium aromanya saja, harumnya sudah enak banget loh.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Penutupan

Acara terakhir, tapi sudah ditunggu-tunggu oleh peserta, yaitu pengumuman pemenang lomba photo booth. Wuih, selamat ya buat peserta yang menang. Asyik banget bisa babymoon di el Royal Hotel.  Saya juga mau dong, hehehe.... Setelah itu dilanjutkan dengan pengumuman pemenang doorprize. Hadiahnya banyak dan keren semua. Ada breast pump, steamer, baby bouncer, baby carrier, baby stroller, dan baby chair. Sayang kali ini saya belum beruntung.

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Dan sebagai pemungkas dari rangkaian kampanye Bunda PAS hari itu, kami semua berdiri sambil mengangkat produk Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Seluruh peserta yang jumlahnya sekitar 600 orang pun bersama-sama mengucapkan ikrar Bunda PAS, "Bunda PAS, pas asupannya, pas nutrisinya.... Yeay!" Karena Blackmores mendukung kesehatan bunda dan buah hati dengan memenuhi asupan nutrisi yang PAS (Peduli Asupan Sehat).

blackmores bunda pas peduli asupan sehat

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold

Bagus banget ya kampanye Bunda PAS ini. Bisa memberikan pengetahuan penting mengenai asupan nutrisi yang pas bagi ribuan ibu hamil dan menyusui di berbagai kota di Indonesia. Karena mungkin enggak semua ibu hamil dan menyusui mengerti akan hal ini. 

Contohnya saya sendiri. Sebenarnya saya paham sih bahwa 1000 hari pertama merupakan golden period bagi seorang bayi, makanya asupan nutrisinya harus sangat diperhatikan. Tapi berhubung pas hamil Rashya kemarin nafsu makannya menurun drastis, saya jadi enggak terlalu memedulikan asupan nutrisi. 

Yang penting ada makanan yang masuk, enggak muntah dan keluar lagi juga bersyukur banget. Begitu pikiran saya. Akhirnya saya mengonsumsi makanan yang saat itu terasa enak saja. Seringnya telur dadar dan sayur kacang. Enggak pernah makan ayam dan ikan karena bikin mual. Pokoknya enggak bervariasi. Enggak minum susu kehamilan, karena diare meski sudah mencoba berbagai macam merk. Selain itu, lebih parahnya lagi, enggak ditambah suplemen juga, huhuhu.... Sekarang baru deh menyesal, hiks.... Karena status gizi pada 1000 hari pertama kehidupan kan akan memengaruhi kualitas kesehatan, intelektual, dan produktivitas anak di masa yang akan datang.

Tapi seperti kata dr. Salli, enggak ada kata terlambat. Kini usia Rashya satu tahun, masih ada waktu 365 hari lagi. Makanya, meski sekarang nafsu makan saya sudah kembali normal dan rutin menyantap menu gizi seimbang, rasanya tetap perlu mengonsumsi suplemen juga.

blackmores pregnancy breast feeding gold

Mengikuti jejak Donita, pilihan saya jatuh pada Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold. Blackmores merupakan brand vitamin nomor satu dari Australia. Tapi untuk mendapatkannya enggak perlu jauh-jauh ke Australia atau susah-susah titip teman yang ada di Australia. Karena sekarang, Blackmores sudah hadir di Indonesia.

Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold mengandung 15 nutrisi penting untuk ibu hamil dan menyusui. Di antaranya yaitu:
  • Odourless fish oil, kaya akan DHA untuk perkembangan otak, mata, dan sistem saraf bayi.
  • 400 ng asam folat untuk mengurangi risiko neural tube defects pada janin.
  • Iodium untuk perkembangan otak, kemampuan motorik visual, pendengaran, dan IQ bayi 
  • Kalsium untuk kesehatan tulang bagi ibu dan bayi.
  • Zat besi untuk mencegah anemia tanpa menyebabkan konstipasi.

Berikut empat keunggulan Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold:
  1. Kandungan nutrisinya yang esensial dan sesuai dengan rekomendasi WHO untuk kehamilan sehat.
  2. Kandungan odourless fish oil dari sumber alami Omega 3 dari laut terdalam yang enggak berbau.
  3. Dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan dosis harian akan kalsium dan DHA/EPA.
  4. Dosis yang diformulasikan berdasarkan rekomendasi pemerintah.

blackmores pregnancy breast feeding gold

Saya mengonsumsi Blackmores Pregnancy & Breast-Feeding Gold sebanyak 2 kali sehari. Ternyata memang benar loh, produk ini enggak bau amis sehingga enggak bikin mual. Plus, meski bentuknya hitam dan besar, namun sangat mudah ditelan. Very recomended!

So, saya sudah menjadi Bunda PAS nih. Teman-teman juga, yuk?

9 comments :

  1. Kujuga mminum teh ga bau amis dan jadi ASI booster )

    ReplyDelete
  2. yaampun ini acaranya lengkap banget dari hypnobirthing ampe cooking class juga ada, tapi salfok sama muka bapak-bapak ketika belajar hypnobirthing hehehe gemes ya ternyata

    ReplyDelete
  3. Moga acara Bunda PAS ini hadir di kota-kota lain, soalnya bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  4. Lucky u Teh, pengen banget ketemu bu Lanny, tfs ya❤️

    ReplyDelete
  5. mesti dan harus jaga nutrisi biar tetap fit
    suplemennya item besar, biasanya berbau amis sebelum dan sesudah ditelan tetap amis

    ReplyDelete
  6. Seru banget Mba bisa ikutan acara yang ada Bu Lanny sebagai pembicaranya, aku belum pernah soalnya, cuma ngepoin IG nya :D

    ReplyDelete
  7. hypnobirthing, sangat menarik sekali. Tapi saya mencobanya kok biasa-biasa saja dan tidak memanjang, Mungkin karena kurang focus kah? hehehe
    Soal mitos-mitos yang teruraikan diatas, sanget menarik sekali. Menambah pengetahuan saya.

    ReplyDelete
  8. Acara-acara seperti sangat bermanfaat banget apalagi untuk ibu hamil :)

    ReplyDelete
  9. sesi hypnobirthing sangat dianjurkan untuk para ibu untuk melahirkan baby...

    satu kaedah yang baru untuk saya nie

    ReplyDelete