Monday, May 12, 2014

Misoa Goreng Ayam

Sebagai penggemar gorengan sejati, saya juga suka banget sama cemilan yang satu ini. Saya enggak tau namanya sampai saya melihat resepnya di blognya Mba Diah Didi. Oh... Ternyata bahan utamanya misoa. Jujur, saya enggak pernah mengolah misoa. Eh, pernah sih bikin misoa schotel waktu Jav sedang masa MPASI hihihi... Selain itu enggak pernah bikin.

Nah, setelah tau resepnya, saya pun penasaran ingin coba bikin sendiri. Resepnya plek-plek nyontek dari punyanya Mba Diah Didi :D

Dok. Pribadi
Bahan:

  • 1 bungkus misoa
  • 100 gr daging ayam cincang
  • 1 buah wortel, serut
  • 1 buah daun bawang, cincang
  • 1 siung bawang putih
  • 2 siung bawang merah
  • Garam, sesuai selera
  • Merica, sesuai selera
  • Gula, sesuai selera
  • 600 ml air
  • Telur ayam, secukupnya

Cara membuat:

  • Tumis bawang merah dan bawang putih.
  • Tambahkan ayam cincang, masak hingga matang.
  • Masukkan wortel dan daun bawang.
  • Tambahkan garam, merica, dam gula  aduk hingga rata.
  • Tambahkan air dan misoa, masak hingga air menyusut.
  • Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles mentega.
  • Setelah dingin, potong-potong sesuai selera.
  • Celupkan ke dalam kocokan telur.
  • Goreng hingga matang.

Dok. Pribadi
Bahan dan cara membuatnya cukup simple. Yang agak ribet itu pas bagian motong-motongnya. Setelah tiga kali bikin, baru sekarang yang hasilnya lumayan rapi. Intinya sih, harus agak lama didingininnya. Kalau saya, dimasukkin ke kulkas aja supaya cepat keras :D

22 comments :

  1. q juga pingin nyoba pas habis lihat postingannya mbk diah tp g sempat2 juga beli misoa hehehe..mauuuuuuuuuu

    ReplyDelete
  2. kalo saya mah jangankan bikin mak, liat misoa aja blom pernah :D

    ReplyDelete
  3. Wah... enak dan praktis nih kayaknya. Tar dicoba ah. TFS, Mak. ^^

    ReplyDelete
  4. Pernah mau coba buat misoa, tapi pas ke market lagi kosyooong. :D
    Mudah cara buatnya ya, Mba. Simpel. ..

    ReplyDelete
  5. Belum pernah makan misoa (atau nggak nyadar itu namanya misoa). Mesti dicoba nih :D

    ReplyDelete
  6. Bukan hanya cemilan,,, untuk nasi juga enak Nih,,, wah itu cape sama misoa nya bikin ngiler saja :D

    ReplyDelete
  7. Pengen coba tapi suka males sama minyaknya.

    ReplyDelete
  8. saya da dikasih mas ortu murid sang saya ajar, saya pikir dari bihun...

    ReplyDelete
  9. aku suka bikin...masih ada juga stock misoa...tp mlsnya sekarang iniiih...nyicip punya Jav y

    ReplyDelete