Monday, September 8, 2014

Button Snake

Hari Senin minggu yang lalu, saya (sepaket sama Jav tentunya) ketemuan sama teman SMA yang kini tinggal di Prabumulih dan sedang ikut suaminya tugas ke Bandung. Udah lupa kapan terakhir kali ketemu. Yang pasti, sebelumnya saya siapin mainan baru supaya Jav mau duduk tenang dan enggak mengganggu acara ngobrol-ngobrol. Apalagi enggak ada ayahnya Jav yang bisa diandelin untuk ngejar Jav kalau dia lari-lari :D

Pengalaman selama ini, kalau pergi-pergi, walaupun saya bawain mainan favoritnya, enggak pernah tuh dilirik sama Jav.  Makanya, kali ini selain bawa mobil-mobilan favoritnya Jav, saya juga bawa mainan baru untuk Jav. Button snake.

Button Snake (Dok. Pribadi)
Bahan:
  • Kain flanel (Ceritanya memanfaatkan kain flanel yang nganggur. Belinya tiga tahun yang lalu. Waktu itu rencananya mau bikin kaos personalized untuk Jav. Tapi ya gitu deh, males hehehe…)
  • Pita (Kebetulan nemu pita enggak tau bekas apa di kotak mainannya Jav)
  • Kancing (Nemu di tempat alat jahit)
  • Gunting
  • Jarum dan benang
Potongan kain flanel (Dok. Pribadi)
Cara Membuat:
  • Gunting kain flanel dengan beberapa macam bentuk.
  • Buat lubang di tengah potongan kain dengan melipat kain lalu mengguntingnya sedikit di bagian tengah.
  • Jahit kancing di salah satu ujung pita.
  • Ikat salah satu potongan kain di ujung pita lainnya.
  • Button snake siap digunakan :)
Lalu bagaimana? Apa siang itu Jav mau duduk manis sambil memainkan button snake-nya? Enggak…. Dia cuma memasukkan satu kain, lalu setelahnya lebih tertarik untuk lari-lari mengeksplor setiap jengkal restoran tempat kami makan siang T_T

Manfaat:
  • Membuat Jav mau duduk manis saat sedang berada di luar rumah. 
  • Mengenal warna. 
  • Mengenal bentuk. 
  • Melatih keterampilan motorik halus. 
  • Melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan. 
  • Melatih kesabaran dan ketelitian. 
  • Melatih kemandirian (memasang dan melepas kancing baju sendiri).
Serius... (Dok. Pribadi)
Makin lama makin mahir (Dok. Pribadi)
Tapi enggak sia-sia kok saya bikin ini. Di rumah, kalau sedang bosan bermain dengan mobil-mobilannya, Jav pun beralih memainkan button snake. Satu hari entah bisa sampai berapa rit (emangnya sopir angkot :p). Dia betah memasukkan semua kainnya, setelah itu dikeluarin lagi. Enggak sampai lima menit udah selesai. Kurang banyak nih potongan kainnya :D

Referensi:
http://happyhooligans.ca/button-snake

37 comments :

  1. waaah bisa di coba nih, banyak kain flanel nganggur di rumah :)

    ReplyDelete
  2. Jav pinter..emak kreatif..mantab deh ...

    ReplyDelete
  3. tapi mending sih mba kalo Jav mau mengeksplor tempat2 baru drpd yg pemalu dan diem aja hihi

    ReplyDelete
  4. kreatif nih mak... anak2 jadi lebih kalem ya... :)

    ReplyDelete
  5. kreatif banget sih emaknya....jd pingin gabung juga,kangen ngajar anak PG :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini dalam rangka ga mau kalah asyik sama2 guru2nya jav di pg :D

      Delete
  6. sederhana tapi luar biasa manfaatnya .... :)

    Salam Sukses dari brebes...

    ReplyDelete
  7. kreatif bangetm nanti aku cobain ke Alvin ya

    ReplyDelete
  8. buat kesibukan anak dengan ilmu dan pengetahuan anak menjadi kereatif dan pintar hehehe

    ReplyDelete
  9. Wahhh idenya kreatif mbak, jadi ujung pitanya semua dikasih kancing ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuma salah satu ujungnya mba... klo ujung yg lain ditaliin ke salah satu kainnya... tp klo mau dua2nya jg bisa... kebetulan aja saya cmn nemu satu kancing di rumah hihihi...

      Delete
  10. Yg penting udah berusaha biar dia bisa anteng, Mba. :D
    Jav telaten juga ya. Persis ibunya. . .

    ReplyDelete
  11. Idenya kreatif banget, barang yang nggak terpakai jadi sarana mengasah motorik Jav ya mbak ^^

    ReplyDelete
  12. juga berguna melatih kesabaran anak ya
    jadi lebih fokus dan konsentrasi
    kreatif!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mba... tp krn kainnya sedikit, jd kurang lama :D

      Delete
  13. Wah mamapinter si Jav jadi 'anteng duduk mainin 'permainan baru ... Nice :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir ya ... tentang komenmu yg jadi ide postingan ini ... :)

      http://omman.blogdetik.com/2014/09/16/kebon-sawit-usia-3tahun-7bulan/

      Delete
  14. bagus dan kreatif.. cocok untuk yg punya anak, biar anaknya belajar kreatif

    ReplyDelete