Friday, September 5, 2014

Muffin Pisang Cokelat

Setiap adik saya pulang ke Bandung, dia pasti bawa oleh-oleh pisang dari kebun. Lumayan, hihi…. Jadi enggak usah beli. Tapi kadang kalau sering pergi ke luar rumah, pisang-pisang itu suka terlupakan. Tau-tau kulitnya udah menghitam.

Daripada busuk, mending langsung diolah. Agak bingung sih mau diolah jadi apa. Saya sendiri enggak terlalu suka pisang yang diolah-olah. Cake pisang? Muffin pisang? Pancake pisang? Hmmm… *mikir*

Tapi kayanya boleh juga tuh dicoba muffin pisang-nya Mbak Diah Didi. Simpel…. Saya tambahin cokelat bubuk supaya rasanya enggak terlalu pisang :p Kebetulan belum ada ide juga buat bekal sekolah Jav. Jadi sekalian aja.

Dok. Pribadi
Bahan:
  • 3 buah pisang ambon, haluskan
  • 190 gr tepung terigu protein sedang
  • 100 gr gula pasir
  • 1 butir telur
  • 75 gr minyak goreng
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt baking soda (saya enggak pakai)
  • 1/3 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 30 gr cokelat bubuk (inisiatif saya)

Cara Membuat:
  • Haluskan pisang.
  • Campur dengan telur, gula, garam, vanili, dan minyak, kocok. Sisihkan.
  • Ayak dan campur tepung terigu, baking powder, dan cokelat.
  • Buat lubang di tengahnya, lalu tuang adonan basah.
  • Aduk sampai tercampur asal lembab saja.
  • Tuang ke dalam cup.
  • Panggang hingga matang.

Aromanya… enak. Harum pisang bercampur cokelat dan vanili. Rasanya legit, tapi enggak terlalu manis :)

30 comments :

  1. Sepertinya enak. Tapi harus sabar menunggu rumah siap untuk bongkar oven. Skrg masih nebeng mertua heheeee

    ReplyDelete
  2. enak nih sepertinya muffin pisang apalagi dikasih coklat juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. lumayan... pdhl biasanya saya ga terlalu suka cake pisang :D

      Delete
  3. enak nih mbk,pisang kl dibuat kue emang harum banget

    ReplyDelete
  4. aku belum bisa masak kue dulu nih sementara renov :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga nyaman yah klo rmh lg drenov, smoga lancar & cpt selesai :)

      Delete
  5. Cukup simpel ternyata ya, Mba. Di sini lumayan banyak pisang ambon. :)

    ReplyDelete
  6. Wahh - pasti enak tuh ... apalagi 'pisang kesukaanku :P

    mbak sebelum baca post 'Bumi Lancang Kuning, harusnya baca post ini : http://omman.blogdetik.com/2014/09/01/ke-pekan-baru-di-riau/

    ReplyDelete
  7. kreatif nih, pisang dijadiin makanan yang oke untuk dimakan...

    ReplyDelete
  8. Cocok buat aku nih kayanya. Soalnya aku cuma mau makan olahan pisang yang gak terlalu pisang. Ahahaha, apa sih Indi? :p :D

    ReplyDelete
  9. Saya juga mau neh dibuatin kuliner ala SWEETDONATH hehe...

    Salam dari Pulau Dollar

    ReplyDelete
  10. wah kayaknya enak tuh ... jadi laper.. oya kunjungan perdana .. salam kenal

    ReplyDelete
  11. Pisang yang udah kedalon emang enaknya dibikin kue mbak. Dibikin muffin simpel ya mbak.

    ReplyDelete
  12. mantap untuk cemilan di siang hari dengan teh hangat :D

    ReplyDelete