Monday, June 1, 2015

Chocolate Popsicles

Siapa yang suka memberi makanan dan camilan pada anak orang lain tanpa bertanya terlebih dahulu pada orang tuanya? Jangan diulangi lagi ya :p

Saya memang agak ketat dalam mengatur makanan dan camilan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh Jav. Bukannya apa-apa, selama anak belum dewasa dan belum paham benar makanan mana yang dapat menyehatkan atau merugikan tubuhnya, maka tugas saya sebagai orang tua untuk selalu menyediakan makanan sehat bagi Jav.

Beberapa waktu yang lalu, saya merasa sangat gemas ketika mendapati Jav sedang makan es krim secara diam-diam di 'belakang' saya. Padahal saat itu dia sedang batuk dan hujan sedang turun. Jav memang suka sekali makan es krim, ya namanya juga anak-anak. Orang dewasa yang ketika itu sedang bersama Jav tentu tidak akan begitu saja membelikan es krim untuk Jav, apabila Jav tidak memintanya. Tapi menjadi kewajiban orang dewasa dong untuk memutuskan menuruti atau menolak permintaan anak. Harus mempertimbangkan kondisi anaknya dulu.

Apabila kondisi badan Jav sedang fit dan cuacanya juga sedang mendukung, saya tidak pernah melarang Jav makan es krim. Malah, saya sendiri yang membuat es krimnya untuk Jav. Mulai dari es krim pisang dan es jeli yang sangat simpel, es yoghurt, juga es krim cokelat resepnya Mbak Ricke. Favorit Jav ya yang terakhir itu. Berikut resepnya.


Bahan:
  • 750 ml susu cair
  • 150 gr gula pasir
  • 25 gr cokelat bubuk
  • 75 gr dark chocolate, cincang kecil-kecil
  • 20 gr maizena
  • 1 sdt vanilla

Cara Membuat:
  • Lelehkan dark chocolate.
  • Larutkan maizena dengan 50 ml susu cair (diambil dari 750 ml susu cair dalam resep).
  • Campur susu cair, gula pasir, dan cokelat bubuk. Aduk rata. Panaskan di atas api kecil sambil diaduk-aduk sampai gula dan coklat bubuk larut. Angkat dan saring.
  • Masukkan dark chocolate leleh ke dalam larutan susu cokelat. Aduk rata. Panaskan kembali di atas api kecil, masukkan larutan maizena. Masak sambil
  • diaduk-aduk hingga mengental dan mendidih.
  • Masukkan vanilla, aduk rata. Angkat dan biarkan sejenak.
  • Siapkan cetakan popsicles, isi dengan adonan es krim dan pasang stiknya.
  • Bekukan selama minimal 5-6 jam.
  • Untuk mengeluarkan es krim dari cetakan, rendam cetakan dalam wadah/baskom berisi air hangat. Biarkan beberapa saat, kemudian cabut es krim dengan menarik stiknya.

Teksturnya pas, dan rasanya nyokelat sekali. Jav doyan banget! Apalagi kalau makannya habis pulang sekolah. Segar….

17 comments :

  1. setiap membelikan jajanan keponakan, saya selalu tanya ke ibunya, karena belum tentu untuk anak2 saya boleh sedangkan untuk keponakan juga boleh, takut salah aja

    ReplyDelete
  2. Iya, ya. Yg dikonsumsi anak sndiri blm tntu boleh dikonsumsi org lain. :D

    Cokelatnyaaa iih. . .terasa bgtt.

    ReplyDelete
  3. iyah sih bener juga, orang dewasa itu yg harus menentukan arahnya.

    untuk resepnya boleh juga. cuma bahannya gk ada nih :v

    ReplyDelete
  4. Aku juga suka ngintip blog Ricke heheee... Etapi kalau bikin es ginian kok susah nyopotnya ya? Pengin beli cetakan lainnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. simpan dulu beberapa menit di suhu kamar mak... atau kalau cepet, masukin ke wadah isi air anget

      Delete
  5. sepupu aku juga sering di kasih es krim yang coklat mba hehehe dia sangat doyan sekali sama coklat ...

    ReplyDelete
  6. Coklatnya pastinya lumer banget di dalam mulut. :D

    ReplyDelete
  7. Mantep tuh kayaknya coklatnya. :D
    Sepertinya memang rasanya enak yah?

    ReplyDelete