Monday, October 12, 2015

Menuju PON 2016

Akhir pekan itu paling enak untuk leyeh-leyeh, guling-guling sambil peluk-pelukan sama Jav, hehehe.... Namun hari Sabtu tanggal 10 Oktober kemarin, sejak pagi kami sudah siap berangkat menuju Gedung Sate. Diajak oleh ibu saya. Ada acara seru di Gedung Sate, yaitu Hitung Mundur 333 Hari Jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX yang akan digelar tahun depan dengan Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumahnya.


Acara yang digelar oleh Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat tersebut dimulai dengan kirab. Sekitar 1.500 atlet Jawa Barat melakukan defile sejak pukul 7. Rutenya berawal dari Jalan Pajajajaran, Jalan Cihampelas, Jalan Wastukancana, Jalan Ir. H. Juanda, Jalan Sulanjana, dan terakhir Jalan Diponegoro.

Pagi kemarin, jalanan Kota Bandung relatif lancar. Jadi, setelah melalui perjalanan selama setengah jam, kami pun tiba di Gedung Sate sekitar pukul setengah sembilan. Alhamdulillah, tepat setengah jam sebelum rombongan pawai tiba di Jalan Diponegoro. Langsung deh, kami ikut bersiap-siap bersama relawan dan pengunjung lain untuk menyambut kedatangan peserta pawai. Berdiri rapi di pinggir jalan sambil memegang balon. Sementara itu, gantole bolak balik terbang di atas kami. Meriah.



Rombongan pawai dibuka oleh marching band dari Pusdikzi. Wuih, gagah-gagah. Kemudian barisan FKPPI, surili (primata asli Jawa Barat yang menjadi maskot PON XIX), para atlet, dan ditutup dengan barongsai. Sayang sekali, atletnya hanya mengenakan seragam olahraga dari KONI, bukan kostum atau properti olahraganya masing-masing. Jadi kurang seru :( Saya kan berharapnya atlet senam defilenya sambil senam. Atau atlet sepatu roda, defilenya sambil menggunakan sepatu roda, hihihi....



Lalu empat orang atlet terjun payung yang membawa spanduk bergambar surili dan bertuliskan "Jabar Kahiji Jabar Ngahiji" (Jabar Pertama Jabar Bersatu) mendarat di sebelah panggung utama. Selanjutnya Deddy Mizwar, Wakil Gubernur Jawa Barat melepaskan tembakan dan disusul dengan atlet panahan yang melepaskan anak panahnya, sebagai tanda diresmikannya acara ini. 1.500 balon pun diterbangkan ke langit.

Acara yang berlangsung selama dua hari ini, Sabtu-Minggu 10-11 Oktober 2015, dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan atraksi. Bintang tamunya menarik, ada Maliq & D'Essentials, Yovie & Nuno, juga Isa Raja. Ada acara Nonton Bareng pertandingan Persib juga loh.

Festival kuliner sih sudah pasti ada. Namun, yang lebih asyik lagi, ada sport exhibition juga. Terdiri dari 44 cabang olahraga dan 10 cabang olahraga ekshibisi. Selain memamerkan properti dan piala-piala, ada juga beberapa stand yang menyediakan atraksi dan permainan seru. Saya yang sebenarnya enggak pernah tergila-gila dengan olagraga, jadi ikut terbawa suasana.



Atlet dan ofisialnya pun ramah-ramah pula, jadi saya dan suami enggak sungkan untuk mengajukan berbagai pertanyaan. Katanya mereka (atlet-atlet) ini sudah mulai ikut bergabung dan berlatih sejak usianya masih seumur Jav. Membuat saya bertekad untuk secara intensif segera mengenalkan Jav pada berbagai macam kegiatan, termasuk olahraga). Supaya lebih cepat kelihatan minatnya ke mana.

Setelah capek keliling-keliling, baru deh dilanjutkan dengan wisata kuliner. Selain mencicipi beberapa camilan yang dijual di stand kuliner, enggak lupa kami mampir juga ke kantin Gedung Sate. Kangen sama gule kambingnya :D Sudah kenyang, kami pun langsung pulang. Sedihnya, enggak sempat foto bareng sama surili :(


Semoga PON XIX berlangsung dengan lancar. Semoga Jawa Barat bisa jadi juara. Dan yang paling penting, semoga atlet-atletnya terus didukung oleh pemerintah.

Salam olahraga! ;)

10 comments :

  1. Waw..., udah di-countdown aja.. :D Yeay.. pekan olahraga yang dinanti! ^^

    ReplyDelete
  2. Wah seru yaa, beberapa waktu lalu beberapa hotel di sekitar rumah saya penuh sama para atlit PON, kayaknya lagi mau babak kualifikasi atau gimana mungkin ya (katanya di BIKASOGA). Taun depan bakalan rame nih ^^

    ReplyDelete
  3. Lebih kurang setahun lagi ya mbak, mari kita sukseskan penyelengaraan PON XIX . Saya juga sudah gak sabar nungguin ini acara, pastinya nanti banyak atlit2 terbaik dari berbagai daerah yang akan ikut berkompetisi di ajang ini.

    ReplyDelete
  4. wah mba, rame ya, udah lama ga ke gedung sate. teakhir waktu kuliah puluhan taun lalu :D

    ReplyDelete